IDENTIFIKASI POTENSI GEO-SITES DI KECAMATAN SEKOTONG MENUJU PENGEMBANGAN EDU-GEO TOURISM

Diah Rahmawati, Joni Safaat Adiansyah, Alpiana Alpiana, Bedy Fara Aga Matrani

Abstract


Kecamatan Sekotong adalah salah satu lokasi yang marak dengan kegiatan pertambangan rakyat. Saat ini pendapatan masyarakat dari pertambangan rakyat sudah mulai menurun seiring dengan semakin dalamnya letak deposit mineral sehingga perlu dipikirkan upaya diversifikasi kegiatan agar dapat menambah penghasilan masyarakat penambang. Salah satunya adalah dengan mempromosikan wisata geologi untuk pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan identifikasi terhadap potensi geo sites di Kecamatan Sekotong yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi edu-geo tourism. Metode penelitian quantitatif akan dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantifikasi geowisata. Berdasarkan pendekatan geosite dan geomorphosite menggunakan penilaian menurut Kubalikova (2013) dapat disimpulkan bahwa lokasi geosite yang berada di wilayah pantai memiliki nilai kelayakan lebih tinggi dibandingkan dengan yang berada di wilayah non pantai dengan nilai kelayakan antara 44,59% – 75,68% untuk dapat dijadikan edu-geo tourism.


Keywords


Geo-sites; Edu-geo tourism; Sekotong

Full Text:

PDF

References


Adiansyah, J.S, 2018, Kajian Dampak Sosial Ekonomi Kegiatan Pertambangan Rakyat di Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat, Bappeda Kabupaten Lombok Barat.

Agung, M.W., Sugiyanto, Pramudyo, T., Sarwondo, 2014, Resume Hasil Kegiatan Pemetaan Geologi Teknik Pulau Lombok Skala 1:250.000, Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral.

Anonim, tanpa tahun, Kajian Karakteristik Geologi dan Pengembangan Potensi Geodiversity di Kawasan Geopark Rinjani.

Katili, John A. & Marks, P. (1963). Geologi. Jakarta: Departemen Urusan Research Nasional

Kubalikova, L., 2013, Geomorphosite assesment for geotourism purposes, Czech Journal of Tourism 02/2013, hal. 80-103.

Pettijohn, F.J, 1975, Sedimentary Rock, Orient Longmans Private Ltd, India.

Ragan, D. M., 1973. Structural Geology; An Introduction to Geometrical Techniques, end edition. London: Jhon Willey and Sons.




DOI: https://doi.org/10.31764/jua.v23i2.1731

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ulul Albab

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.