KAJIAN GEOTEKNIK UNTUK OPTIMASI LERENG DISPOSAL DI PT. BOSS (BORNEO OLAH SARANA SUKSES) DI DESA DASAQ KUTAI BARAT KALIMANTAN TIMUR

Edi Setiadi, Alpiana Alpiana, Bedy Fara Aga Matrani

Abstract


Suatu kegiatan pertambangan umumnya memindahkan tanah penutup untuk mengambil bahan galian yang berada di dalam bumi. Oleh karena itu, diperlukan area tertentu untuk membuang material tanah penutup tersebut sehingga tidak menutupi area yang masih mengandung bahan galian yang ekonomis. Area ini disebut sebagai disposal atau dumping area. Sebelum melakukan penambangan, perlu dilakukan kajian geoteknik untuk mendukung rancangan desain yang sudah ada. Kajian geoteknik dilakukan untuk memperkirakan model yang akan diterapkan agar lereng yang terbentuk nantinya aman dan tidak menimbulkan bahaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan rekomendasi desain geometri lereng tunggal untuk disposal area dan mengetahui parameter yang berpengaruh dalam rancangan lereng disposal area. Metode ini menggunkan metode Bishop dengan menggunkan aplikasi software slide 6.0 untuk mencari nilai faktor keamananya. Lereng tunggal dengan tinggi jenjang 15 m dengan sudut 60˚, 65˚, 70˚, dan 75˚ pada kondisi kering dan setengah jenuh semua lereng berada dalam kondisi aman. Dengan rekomendasi lereng terdapat pada material CLAY faktor keamanan 1.408, material SAND faktor keamanan 1.838 dan material Mixing Undistrub 1.829. Lereng tunggal dengan tinggi 20 m dengan sudut 60˚, 65˚, 70˚, dan 75˚ pada kondisi kering dan setengah jenuh berada dalam kondisi aman dan sebagian berada pada kondisi tidak aman. Dengan rekomendasi lereng terdapat pada material CLAY faktor keamanan 1,247, material SAND faktor keamanan 1.566 dan material Mixing Undistrub 1.591 dan faktor keamanan <1.200 terdapat pada material CLAY dengan faktor keamanan 1.155.

Abstract

A mining activity generally move overburden to take minerals that are in the earth. Therefore, certain areas are needed to dispose of the overburden material so that it does not cover areas that still contain economical minerals. This area is called the disposal or dumping area. Before mining, a geotechnical study needs to be carried out to support the existing design. A geotechnical study is carried out to estimate the model that will be applied so that the slope formed will be safe and not cause danger. The purpose of this study is to provide a single slope geometry design recommendation for the disposal area and determine the parameters that influence the design of the disposal area slope. This method uses the Bishop method by using the slide 6.0 software application to find the value of the safety factor. the results of a single slope analysis with a height of 15 m with an angle of 60˚, 65˚, 70˚, and 75˚ in dry and half-saturated conditions all slopes are in a safe condition. With the slope recommendations found in the CLAY material the safety factor is 1,408, the SAND material is the safety factor 1,838 and the Mixing Undistrub material is 1,829.  The results of a single slope analysis with a height of 20 m with an angle of 60˚, 65˚, 70˚, and 75˚ in dry and half-saturated conditions are in safe conditions and some are in unsafe conditions. With the recommended slope found in CLAY material 1,247 safety factor, SAND material 1.566 safety factor and Undistrub Mixing 1.591 material and <1,200 safety factor found in CLAY material 1,155 safety factor.


Keywords


Disposal; Kajian Geoteknik; Lereng Tunggal; Faktor Keamanan

Full Text:

PDF

References


Arif, Irwandi., Geoteknik Tambang. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2016.

Arif, Irwandi., Geoteknik Tambang. Bandung: ITB, 2015.

Prasetyo, S. I., Hariyanto, & Cahyadi, T. A. Studi Kasus Analisa Kestabilan Lereng Disposal di Daerah Karuh, Kecamatan Kintap, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. In Seminar Nasional ke 6 tahun 2011: Rekayasa Teknologi Industri dan Informasi (pp. 381-387). Yogyakarta: UPN Veteran Yogyakarta. 2011.

Rajagukguk, O. C. P., Turangan, A. E., dan Monintja, S., Analisis Kestabilan Lereng Dengan Metode Bishop, Jurnal Sipil Statik Fakultas Teknik Sipil Sam Ratulangai, Vol.2 No.3. 2014.




DOI: https://doi.org/10.31764/jua.v24i1.2232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ulul Albab

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.