Analisis Efektivitas Metode Problem Based Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP

Mutiara Dwi Insani, Ahmad Nasrullah, Samsul Bahri

Abstract


Abstrak: Penelitian ini merupakan tinjauan sistematis atas literatur dari berbagai sumber, termasuk pengindek scopus, DOAJ, dan Google Scholar, dengan rentang tahun terbitan antara 2013 hingga 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika pada siswa sekolah menengah. Namun, implementasi PBL memerlukan persiapan matang dari pendidik dan dukungan yang memadai dari sekolah. Meskipun PBL berdampak positif pada motivasi dan minat belajar siswa, diperlukan pendidikan yang disesuaikan, terutama untuk siswa dengan kebutuhan khusus. Hal ini menyoroti pentingnya memperhatikan kebutuhan individual siswa dalam menerapkan pendekatan pembelajaran. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami faktor-faktor yang membuat PBL efektif dan bagaimana menerapkannya secara optimal dalam berbagai konteks pendidikan, termasuk kajian tentang interaksi antara faktor-faktor yang berbeda dalam penggunaan PBL dalam pembelajaran matematika untuk siswa kelas VII SMP.

Abstract: This research represents a systematic review of literature from various sources, including Scopus, DOAJ, and Google Scholar, spanning from 2013 to 2023. The findings indicate that the Problem-Based Learning (PBL) approach is effective in enhancing the understanding of mathematical concepts among middle school students. However, implementing PBL requires thorough preparation by educators and adequate support from schools. Although PBL positively impacts students' motivation and learning interest, tailored education is necessary, especially for students with special needs. This highlights the importance of addressing individual students' needs in implementing the learning approach. Further research is needed to understand the factors that make PBL effective and how to optimally apply it in various educational contexts, including studies on the interaction among different factors in using PBL in teaching mathematics to seventh-grade junior high school students.


Keywords


Improvement; Learning Achievement; Maths; Problem Based.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Aledya, V. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa.

Amalia, L., & El Hakim, L. (2022). Pengalaman Kemampuan Konsep Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual. https://doi.org/10.36418/jii.v1i8.354

Astyaningrum, S., & Yp, S. (2018). Efektivitas Model Problem Based Learning Terhadap Penilaian Kognitif Subtema Keseimbangan Ekosistem Kelas V SD.

Dwi Arjanggi, F. (2021). Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP. 3(4), 291–295.

Faizah, U. (2015). Penerapan Pendekatan Saintifik Melalui Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri Seworan, Wonosegoro. Scholaria, Vol. 5, No. 1.

Hartina, A. K., Permata, E., & Fatkhurrokhman, M. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry terhadap Hasil Belajar Instalasi Tenaga Listrik. In Lectura: Jurnal Pendidikan (Vol. 11, Issue 1).

Haryanti, Y., & Febrianto, B. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Cakrawala Pendas, Vol. 3 No. 2.

Heck, T., Keller, C., & Rittberger, M. (2023). Coverage and similarity of bibliographic databases to find most relevant literature for systematic reviews in education. International Journal on Digital Libraries. https://doi.org/10.1007/s00799-023-00364-3

Irshid, M. M. B., Khasawneh, A. A., & Al-Barakat, A. A. (2023). The effect of conceptual understanding principles-based training program on enhancement of pedagogical knowledge of mathematics teachers. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 19(6). https://doi.org/10.29333/ejmste/13215

Islam, M. S., & Uddin, M. K. (2023). Correlated Storage Assignment Approach in Warehouses: A Systematic Literature Review. Journal of Industrial Engineering and Management, 16(2), 294–318. https://doi.org/10.3926/jiem.4850

Jayanti, Destiniar, & Yuliani. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP.

Jivani Dasusmi, K., Destami, L., & Diniyati Shobah, M. (2023). Griya Journal of Mathematics Education and Application Studi literatur: Model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3, 325. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/index

Kannelonning, K., & Katsikas, S. K. (2023). A systematic literature review of how cybersecurity-related behavior has been assessed. In Information and Computer Security (Vol. 31, Issue 4, pp. 463–477). Emerald Publishing. https://doi.org/10.1108/ICS-08-2022-0139

Lestari, S., & Dantes, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Di Gugus I Kecamatan Buleleng. 2(1).

Lusiana, V. (2023). Penerapan Project Based Learning Berbantuan Aplikasi Geogebra Untuk Meningkatkan Berfikir Kreatif Matematis Mahasiswa.

Masitoh, I., & Prabawanto, S. (n.d.). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Eksploratif.

Mujianto, G., Anggraini, S., Yudiantoro, K., & dkk. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Volume 08 Nomor 01.

Naution, Z. (2018). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Motivasi Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Matematika Realistik. Jurnal Matematics Paedagogic, Vol III. No. 1.

Nurhidayah, D., Mulyasari, E., & Riyanti, E. (2023). Penerapan Problem-Based Learning Berbasis Permainan “Ular Tangga” Dalam Meningkatkan Pemahaman Matematis Peserta Didik Sekolah Dasar Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, Volume 09 Nomor 02.

O Sihombing, A. S., Sidabutar, R., Manurung, S., HKBP Nommensen Pematangsiantar, U., Sangnawaluh No, J., Suhu, S., Siantar Tim, K., Pematang Siantar, K., & Utara, S. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel di Kelas X. Journal on Education, 05(04), 14454–14469.

Pramudita, M. D., Ambarwati, L., Hidajat, F. A., Timur, J., & Dki, J. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X SMA Kristen Kasih Kemuliaan pada Materi SPLTV. Journal on Education, 05(04), 13783–13788.

Pratiwi, M., & Oemara Syarief, A. (2023). Pemahaman Konseptual Matematika dengan Model Discovery Learning terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa. Journal on Education, 06(01), 6629–6641.

Rahyu, E., & Fahmi, S. (2018). Efektivitas Penggunaan Model Problem based Learning (PBL) dan Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP N 1 Kasihan Kabupaten Bantul Semester Genap Tahun Ajaran. In Juring: Journal for Research in Mathematics Learning p-ISSN (Vol. 1, Issue 2).

Sapoetra, B. P., & Hardini, A. T. A. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1044–1051. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.503

Sembiring, D. M. (2023). Efforts to Improve Student Learning Outcomes in Grade VIII Middle School on Flat Sided Building Materials Through The Power of Two Learning Strategy. Asian Journal of Applied Education (AJAE), 2(2), 225–240. https://doi.org/10.55927/ajae.v2i2.3766

Setyawati, S., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD. In Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan: Vol. VI (Issue 2).

Smith, G., Putri Liowardani, A., Permadi, H., & Anita, Y. (2023). Application of Problem-based Learning in Efforts to Build Mathematical Literacy Skills. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v8i10.13435

Widyastuti, R. T., & Airlanda, G. S. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1120–1129. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.896

Wisnu, D. A. (2023). Problem Based Learning: Membuka Peluang Kolaborasi Dan Pengembangan Skill Siswa Oleh (Vol. 4).

Zai, S., Mendrofa, R. N., & Zega, Y. (2023). Aurelia: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Indonesia Application of the Problem Based Learning Learning Model to Improve the Mathematical Problem Solving Ability of State Junior High School Students 4 Hilissekai for the 2021/2022 Academic Year. Universitas Nias, 2(2).




DOI: https://doi.org/10.31764/jua.v28i2.23327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ulul Albab: Majalah Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ulul Albab: Majalah Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 878-6400-3847

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ulul Albab: Majalah Universitas Muhammadiyah Mataram already indexed: