TINJAUAN SIFAT MEKANIK MATERIAL BAN UNTUK PERKUATAN TANAH LEMPUNG: KAJIAN AWAL LEMBARAN KARET BAN SEBAGAI ALTERNATIF PERKUATAN FONDASI PADA TANAH LEMPUNG

Heni Pujiastuti, Abdul Radjak

Abstract


Salah satu dampak dari laju meningkatnya jumlah kendaraan adalah permasalahan sampah  ban bekas. Salah satu alternatif penanganan limbah ban ini adalah dengan cara dibuat lembaran untuk perkuatan fondasi pada tanah lempung. Untuk mendapatkan sifat mekanis ban dan komposit tanah-ban dilakukan uji eksperimen di laboratorium. Uji Tarik spesimen ban dilakukan di laboratorium polimer Pusat Penelitian Fisika LIPI dan uji geser langsung dan uji tekan bebas komposit tanah-ban dilakukan di Laboratorium Mekanika Tanah UNDIP. Sebagai pembanding terhadap parameter hasil pengujian geser langsung dan UCS komposit tanah-ban dilakukan uji yang sama terhadap komposit tanah-geotekstil type BW 150 (woven). Hasil penelitian menunjukkan tebal sambungan efektif untuk Lembaran ban adalah 4 cm. Hasil uji geser langsung komposit-tanah menyatakan terjadi perubahan pada parameter geser komposit-tanah, yaitu terjadi reduksi kohesi dan peningkataan sudut gesek dalam secara signifikan. Hasil uji UCS komposit tanah menyatakan tegangan aksial mengalami penurunan namun regangan aksial meningkat secara significant dengan demikiam material komposit tanah-ban lebih daktail dibandingkan komposit tanah-geotekstil.

Keywords


Perkuatan tanah; Tanah lempung; Ban bekas; geotekstil

Full Text:

PDF

References


Mercer, F.B., Andrawes, K.Z., McGown, A. Dan Hytiris,N., A New Method of Soil Stabilisation, Proc. Sym. Polymer Grid Reinforcement, Thomas Telford Ltd., London, 1984

Utomo, P., “Daya Dukung Ultimit Fondasi Dangkal Di Atas Tanah Pasir Yang Diperkuat Dengan Geogrid”, Dimensi Teknik Sipil, Vol 6 No.1 hal 15-20, 2004.

Adanur, S., Gowayed Y., Elton D., Design and Characterization of Geotextiles for High Performance Applications, National Textile Centre Annual Report, 1996,

Holtz, R.D., Geosynthetics for Soil Reinforcement, University of Washington, http: //www.google.com. 2001.

Lutenegger, A.J., Bearing Capacity and Settlement of Shallow Foundations on Reinforced Soil, Geo-Institute Shallow Foundations Committee, 2004

Omar, M.T., “Ultimite Bearing Capacity of Eccentrically Loaded Strip Foundation on Geogrid-Reinforced Sand”, University of Sharjah Journal of Pure & Applied Science, 2006

Demiroz, A., and Tan O., “An Experimental Study For Settlement of Strip Foundation on Geogrid-reinforced Sand”, Academic Journals, Scientific Research and Essays, Vol.5(21) pp.3306-3312, 4 November 2010.

Long,N.T., Utilization of Tyres in Civil Engineering-The Pneusol Tyresol, Environmental Geotechnics, Balkema, Rotterdam, 1996

RMC Environmental Fund and The Office of Deputy Prime Minister, Aggregates Information Service, http: www.viridis.co.uk/ais, 2002

Warith, M.A. dan Rao S.M., Predicting The Compressibility Behaviour of Tire Shred Samples for Landfill Applications, Elsevier, http:www.elsevier.com, 2006

Ghani, A.N., Shredded Scrap Tire Based Lightweight Geomaterial For Civil Enguneering Works, Civil Engineering,University Sains Malaysia, 2009

Ghazavi, M., Shear Strength Characteristics of Sand-Mixed With Granular Rubber, Geotechnical and Geological Engineering, Kluwer Academi, Netherlands, 2004

Zornberg, J.G., Cabral, A.R dan Viratjandr, C., “Behaviour of Tire-Sand Mixtures”, Canada Geotechnical Jurnal, http:www.cgj.nrc.ca, 2004

Attom, M.F., “The Use of Shredded Waste Tiresdapat di to Improve The Geotechnical Engineering Properties of Sands”, Environmental Geology Journal, http:www.google.com, 2006

Benson, C.H., Using Shredded Scrap Tires in Civil and Environmental Construction, http:www.google.com, 2009

Kikuchi, Y., Sato, T., Nagatome, T., Mitarai, Y. dan Morikawa, Y., Change of Failure Mechanism of Cement Treated Clay By Adding Tire Chips, proceedings of the 4th Asian regional conference of geosynthetics, June 17-20 2008, Shanghai China.

Oktora, M.T. dan Indri, R.E, , Studi Pengaruh Tyresoil dan Material Granuler terhadap Penurunan Tanah Lempung pada Fondasi Dangkal akibat Pembebanan Statis dan Dinamis(dengan Alat Uji Model), Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, 2013.




DOI: https://doi.org/10.31764/jua.v24i2.2760

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ulul Albab

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.