Model Penanganan Bencana Banjir Pada Kawasan Perumahan Griya Idolah Kabupaten Sumbawa

Didin Najimuddin, Ady Purnama, Israjuna Israjuna

Abstract


Banyaknya pembangunan konstruksi pendukung pertokoan serta meningkatnya jumlah bangunan tinggal  yang mengubah fungsi  lahan perkebunan menjadi lahan terbangun mengakibatkan volume air limpasan permukaan meningkat sedangkan volume  pengeluaran air tanah semakin tinggi akibat wilayah tersebut merupakan wilayah padat huni. Pembuatan  sumur resapan merupakan solusi yang tepat untuk pencegahan banjir  di daerah  yang resapan air sedikit khususnya di Perumahan Griya Idola karena pemulihan lahan kritis memerlukan waktu yang relatif lama untuk daerah tangkapan air. Akan tetapi partisipasi masyarakat terhadap pembuatan sumur resapan dirumah sendiri belum antusias walaupun manfaat dari sumur resapan efektif untuk pencegahan  banjir dan membantu ketersediaan  air pada musim kemarau. Sehingga aplikasinya terhadap pemukiman di Sumbawa Besar masih sangat diperlukan. Hal ini menjadi menarik bagi penulis untuk melakukan penelitian mengenai Perencanaan  Sumur Resapan  pada Perumahan Griya Idola dengan kegiatan ini masyarakat dapat merasakan secara langsung manfaat dari sumur resapan dan menjadikan sumur resapan sebagai budaya keluarga Indonesia terhadap sistem hidrologi sebagai upaya pelestarian  sumber  daya  air.  Hasil Penelitian dengan menghitung besar Besar debit rancangan sebesar 26,425 m3/dtk sehingga debit yang terjadi sudah tidak bisa menahan laju air yang mengalir  dan Jumlah sumur resapan yang dibutuhkan di perumahan griya idolah sebanyak 428 buah dengan jarak sumur resapan 6 meter.

Keywords


Bencana; Banjir; Penanganan; Model; Limpasan

Full Text:

PDF

References


Koosdaryani, “Penggunaan Modifikasi Desain SUmur Resapan Sebagai Pengisian Kembali Air Tanah dan Pengendalian Banjir di Kelurahan Sewu Surakarta,” Media Teknik Sipil, vol. IX, no. 2, pp. 136-139, 2009.

S. Nisumanti, “Analisis Kebutuhan Sumur Resapan Sebagai Pencegahan Limpasan Air Hujan Pada Perumahan PUSRI Sembawa Banyuasin,” Jurnla Tekno Global, vol. 6, no. 2, pp. 33-38, 2017.

Karmawan, “Sistem Genangan Sumur Resapan,” http:/www.Sumur resapan.go.html, Jakarta, 2007.

KemenPUPR, Modul Hidrologi dan Hidrolika Sungai Pelatihan Pengendalian Banjir, Bandung: Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya AIr dan Konstruksi, 2017.

F. Prawaka, A. Zakaria and S. Tugiono, “Analisis Data Curah Hujan Yang Hilang Dengan Menggunakan Metode Normal Ratio, Inversed Square Distance, dan Rata-rata Aljabar (Studi Kasus Curah Hujan Beberapa Stasiun Hujan Daerah Bandar Lampung),” Jurnal Rekayasa Sipil dan Desain, vol. IV, no. 3, pp. 397-406, 2016.

A. B. Tokan, D. N. Khaerudin and A. K. Arifianto, “Studi Perencanaan Jaringan Drainase Permukiman Di Perumahan Pegawai Negeri Sipil Kepanjen Kabupaten Malang,” Jurnal Penelitian Mahasiswa Teknik Sipil dan Teknik Kimia, vol. III, no. 1, pp. 39-49, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.