Strategi Penanggulangan Kerusakan Rumah Tinggal Pasca Bencana Gempa Bumi Di Kawasan Permukiman

Ima Rahmawati Sushanti, Rasyid Ridha, Ardi Yuniarman, Arya Ibnu Hamdi

Abstract


Kerusakan permukiman akibat gempa bumi disebabkan karena pengaruh getaran gempa yang dahsyat di permukiman penduduk. Secara struktur, efek dari kekuatan gempa menyebabkan bangunan menjadi lemah pada struktur gesernya dan menyebabkan struktur bangunan tidak stabil sehingga bisa runtuh secara tiba-tiba apabila ada gaya luar terhadap bangunan. Tujuan penelitian adalah merumuskan strategi penanggulangan kerusakan rumah tinggal pasca bencana gempa bumi pada kawasan permukiman. Metode penelitian adalah metode kombinasi dengan dua bentuk pendekatan, yaitu deskriptif kualitatif dan studi kasus dengan analisis aspek fisik, yaitu overlay peta sebaran rumah rusak berat dan yang telah tertangani berdasarkan tipologi kawasan serta analisis aspek non fisik, yaitu capaian fasilitator dan kelompok masyarakat  terhadap progress pembangunan rumah rusak berat dan analisis Strength Weakness Opportunity dan Threat. Studi kasus adalah lokasi terbanyak rumah tinggal yang rusak berat, yaitu kawasan permukiman di Kabupaten Lombok Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi penanggulangan kerusakan rumah tinggal pasca bencana gempa bumi pada kawasan permukiman adalah : 1) penguatan kapasitas warga dan kelompok masyarakatsebagai penanggulangan bencana dari tahap pra bencana, bencana dan pasca bencana, 2)  dibentuknya kelembagaan masyarakat tanggap bencana sebagai wadah bagi masyarakat dan kelompok msyarakat untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan pihak eksternal, baik pemerintah maupun non pemerintah terkait informasi kebencanaan dan pengelolaannya, 3) kerjasama dengan pihak terkait yang kompeten untuk mengidentifikasi dan menganalisis tingkat kesesuaian lahan, 4) teknologi rumah tahan gempa berdasarkan  tingkat kesesuaian lahan dan 5) pengelolaan bencana terpadu dan berkelanjutan secara informasi, teknis dan administrasi dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian pada masa pra bencana, bencana dan pasca bencana.


Keywords


Permukiman; Penanggulangan; Kerusakan; Pasca Bencana; Strategi

Full Text:

PDF

References


Petunjuk Teknis Perbaikan Rumah Rusak Korban Bencana Gempa Bumi di Nusa Tenggara Barat. BPBD Provinsi Nusa Tenggara Barat, 2008.

Juhana, Arsitektur dalam Kehidupan Masyarakat. Semarang: Bendera, 2000.

Frick, Heinz dan Mulyani. T.H., Seri Eko-Arsitektur 2 : Arsitektur Ekologis, Cetakan 6. Yogyakarta : Kanisius, 2006.

Doxiadis, C.A., Ekistos An Introduction To The Science Of Human Settlement. London, 1968.

Tjuk, K dan Salim, Perumahan dan Permukiman yang Berwawasan Lingkungan. Jakarta. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1997.

Mumford, Lewis. The Culture Of Cities. Harcourt, Brace, 1938.

Wesnawa, Geografi Permukiman. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2015.

Hadi, Purnomo dan Sugiantoro, Roni., Manajemen Bencana : Respond an Tindakan Terhadap Bencana. Jakarta: Media Persindo, 2009.

Christanto, Joko. Gempa Bumi, Kerusakan Lingkungan, Kebijakan dan Strategi Pengelolaan. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta, 2011.

Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana No. 11 Tahun 2008, 2008.

Pedoman Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Kesehatan Dalam Penanggulangan Bencana. Departemen Kesehatan Republik Indonesia, 2016

Setyowati, Dewi Liesnoor. Kajian Evaluasi Kesesuaian Lahan Permukiman Dengan Teknik Sistem Informasi Geografis (Sig). Jurnal Geografi (online). Volume 4. No. 1. (http://journal.unnes.ac.id/index.php/JG/article/view/111, diakses tanggal 4 Februari 2012), 2012.

Ritohardoyo. Penggunaan dan Tata Guna Lahan. Yogyakarta : Fakultas Geografi UGM, 2002.

Sitorus, Santun., Evaluasi Sumber Daya Lahan. Bandung: Tarsito, 1985.

Dackombe, R.V. dan Gardiner, V., Geomorphological Field Manual, London, 1983.

Hardjowigeno, Sarwono. IlmuTanah. Jakarta: Akademika Pressindo, 2003.

Undang-Undang No 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman, 2011.

Setyaningrum, Hesti Dwi, Pengaruh Pengembangan Kota terhadap Daya Dukung Lahan di Kawasan Universitas Negeri Semarang Kecamatan Gunung Pati Semarang. Thesis Tidak Diterbitkan. Semarang. Fakultas Ilmu Lingkungan Universitas Negeri Semarang, 2003.

Chapin, Jr, F. Stuart, Urban Land Use and Planning. Chocago : Third Edition. University of Illinois Press, 1997.

Sugiyono. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D, Bandung: Afabeta, 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.