Perkembangan Klaster Perguruan Tinggi di Distrik Abepura Kota Jayapura

Hermanus Kocu, Muhammad Sani Roychansyah, Deva Fosterharoldas Swasto

Abstract


Salah satu faktor utama dalam perkembangan wilayah di Kota Jayapura adalah dengan adanya fungsi wilayah sebagai kawasan atau zona pendidikan. Kawasan pendidikan tinggi di Kota Jayapura berkembang cukup pesat tiap periode tahun tertentu, namun perkembangan yang paling pesat terjadi di wilayah bagian selatan Kota Jayapura yaitu Distrik Abepura yang memiliki beberapa perguruan  tinggi  yang  terbagi  atas  2  (dua)  klaster.  Tujuan  dari  penelitian  ini  mengidentifikasi seberapa besar perkembangan dan perubahan ruang yang terjadi pada klaster yang ada (Klaster I dan II). Penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan ekplanatori skuensial. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui; penulusuran dokumen, observasi,serta wawancara. Temuan dalam penelitian ini antara lain: 1) Adanya perbedaan karakter perkembangan perguruan tinggi, yaitu:   Klaster 1 relatife mengikuti sebaran arah perkembangan wilayah tersebut yang merupakan kawasan permukiman, perdagangan, dan sosial serta hampir tidak memberi pengaruh namun mengikuti aktifitas alami yang sudah ada. Sedangkan pada wilayah yang merupakan perluasan Wilayah Abepura di Klaster II lebih memberi dampak yang cukup besar dengan pemanfaatan lahan sebagai penunjang aktifitas perguruan tinggi. 2) Wilayah Klaster II yang lebih kecil dibandingkan Klaster I memberikan dampak yang lebih nyata terhadap perkembangan wilayah dengan munculnya kegiatan-kegiatan komersil, dan terbangunnya asrama sebagai tempat tinggal mahasiswa. 3) Terjadi alih fungsi lahan yang cukup besar pada periode 5-10 tahun terakhir pada wilayah Klaster I maupun Klaster II akibat aktivitas Perguruan Tinggi.

Keywords


Perguruan Tinggi; Klasterisasi; Perubahan Lahan; Abepura

Full Text:

PDF

References


C. A. Erwanasari, Analisis Kondisi Fisik Wilayah Terhadap Pola Keruangan Lokasi Perumahan Kawasan Aglomerasi Perkotaan Yogyakarta di Kabupaten Sleman, Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015.

R. B. Prihatin, “Alih Fungsi Lahan di Perkotaan (Studi Kasus di Kota Bandun dan Yogyakarta),” Jurnal Aspirasi, vol. VI, no. 2, pp. 105-118, 2015.

BPS, Jayapura Dalam Angka 2019, Jayapura: Badan Pusat Statistik, 2019.

D. Heryani, “Kajian Karakteristik Berlokasi Pedagang Kaki Lima di Kawasan Pendidikan Tembalang Kota Semarang,” Universitas Diponegoro, Semarang, 2006.

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alphabeta, 2011.

A. Hartanto, Strategi Clustering Dalam Industrialisasi Indonesia, Yogyakarta: Andi, 2004.

A. Baharudin, Jayapura - Abepura : Koeksistensi Dua Pusat Ruang Perkotaan, Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada, 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.