Studi Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Udayana Kota Mataram

Ernawati Ernawati, Harry Irawan Johari, Alfian Pujian Hadi

Abstract


Keberadaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dipandang sebagai pelengkap ruang kosong. Pandangan inilah yang menyebabkan RTH menjadi kurang optimal dalam suatu lingkungan. Manfaat dari keberadaan RTH yang paling dapat dirasakan adalah manfaat ekologis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penataan RTH khususnya RTH Udayana di Kota Mataram, pemanfataan RTH Udayana Kota Mataram, serta upaya pemerintah dan masyarakat dalam pengelolaan RTH Udayana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam menjawab permasalahan yang diangkat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan redukasi yaitu merangkum atau meringkas data, menyajikan data yang telah dirangkum yang berupa tabel dan terakhir adalah penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa proses penataan RTH Udayana Kota Mataram yang diresmikan pada tahun 1988 melalui proses perencanaan, pelaksanaan dan pengontrolan. Untuk perencanaan kedepannya RTH Udayana akan dilengkapi dengan sarana jogging track sekitar 2-3 km keliling taman, musholla, beberapa alat olahraga kebugaran juga dipasang tempat latihan skate board dan juga lapangan basket, serta tempat parkir yang luas. Dalam pelaksanaannya RTH Udaya telah dilengkapi dengan fasilitas pendukung dan sarana perdagangan. Saat ini untuk proses pengontrolan RTH Udayana melalui Dinas Pertamanan Kota Mataram. Untuk pemanfaatan RTH Udayana saat ini dilihat sudah dapat dirasakan dari segi ekonomi, kesehatan dan tujuan wisata. Upaya pemerintah dan masyarakat dalam mengelola RTH Udayana antara lain :  memperbaiki fasilitas RTH, reboisasi, menata dan menjaga kebersihan RTH, mendukung program hari minggu bebas polusi.

Keywords


Ekologis; Kota Mataram; RTH; Taman udayana; Penataan

Full Text:

PDF

References


W. A. Rahmy, B. Faisal and A. R. Soeriaatmadja, "Kebutuhan Ruang Terbuka Hijau Kota Pada Kawasan Padat, Studi Kasus di Wilayah Tegallega, Bandung," Jurnal Lingkungan Binaan Indonesia, vol. I, no. 1, pp. 27-38, 2012.

Kementerian Pekerjaan Umum, 2008, Permen PU No. 05/PRT/M/2008 tentang Pedoman Penyediaan dan Pemanfaata Ruang Terbuka Hijau di Kawasan Perkotaan, Jakarta: Direktorat Jenderal Tata Ruang.

Republik Indonesia, 2007, UU No 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang, Jakarta: Sekretariat Negara.

A. D. Yunianto, S. R. Sitorus and K. Munibah, "Analisis dan Arahan Pengembagan Ruang Terbuka Hijau Dalam Mendukung Green City Kota Ungaran Kabupaten Semarang," Jurnal Kawistara, vol. VI, no. 1, pp. 1-11, 2016.

B. H. Widayanti and N. Imansyah, "Strategi Mempertahankan Eksistensi Pertanian Perkotaan : Studi Kasus Kota Mataram," in Prosiding Seminar Nasional Compact City Mewujudkan Kota Inklusif Sebagai Upaya Mendukung Sustainable Development, Balikpapan, 2018.

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dan RAD, Bandung: Alfabeta, 2016.

Sugiyono, Metode Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.