Identifikasi Kesiapan Infrastruktur Permukiman Kampung Atas Air Manggar dalam Mengurangi Potensi Bencana Permukiman

Mega Ulimaz, Nadia Almira Jordan

Abstract


Strategi pengembangan kota yang berbasis infrastruktur harus diintegrasikan dengan   Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan tercermin dalam struktur dan pola ruang di mana permukiman atas air Manggar telah ditetapkan sebagai permukiman tradisional yang dilindungi. kota Balikpapan memiliki perkampungan tradisional yaitu kampung atas air sungai Manggar yang berada tepat di maura Sungai Manggar. Kampung atas air Manggar ini   berfungsi sebagai permukiman bagi masyarakat nelayan. Karakter permukiman yang berada di sempadan sungai memiliki resiko terhadap bencana banjir permukiman. Kegiatan domestik dan non domestik (khususnya kegiatan perikanan) berkaitan langsung dengan beberapa aspek dalam infrastruktur permukiman yang menjadi bentuk mitigasi bencana banjir. Pelestarian lingkungan bukanlah ruang- ruang sisa di antara ruang-ruang terbangun, melainkan seharusnya unsur utama dalam tata ruang kota. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis kesiapan infrastruktur hijau permukiman atas air Sungai Manggar yang berdampak langsung pada pencegahan bencana banjir permukiman. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan metode skoring. Hasil kajian menunjukan bahwa terdapat 2 kelas kesiapan infrastruktur yaitu tingkat kesiapan rendah dan tingkat kesiapan sedang. Terdapat 3 blok yang masuk kategori rendah yang berada di RT 04. Lokasi permukiman tersebut menjadi lokasi penjemuran ikan dan penjangkaran kapal. Selanjutnya diperlukan identifikasi lanjutan tentang kejadian bencana permukiman yang dapat dihubungkan dengan kesiapan infrastruktur hijau.


Keywords


Kampung Atas Air; Infrastruktur Hijau; Potensi Bencana; Sungai Manggar; Permukiman

Full Text:

PDF

References


Bell, A. Graham, “Performance Tuning”, in Theory and Practise – Four Stroke, First Edition, United of Kingdom : Haynes Publishing, 1981.

Utari, Setiya and Sarah, Lia Laela, “Pengembangan Problem Based Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa” in Seminar Nasional Pendidikan IPA, FPMIPA UPI – JICA Bandung, 2010. pp. 56-70.

R. E. Kalman, “New results in linear filtering and prediction theory,” J. Basic Eng., ser. D, vol. 83, pp.95-108, Mar. 1961.

W. Rafferty, Ground antennas in NASA’s deep space telecommunications,” Proc. IEEE vol. 82, pp. 636-640, May 1994.

Koza, John.(2001, Nov.8) Operators of Genetic Algorithm [online].Available : http://www.cs.felk.cvut.cz/~xobitko/ga/operators.html.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.