Peran Kolaborasi Orang Tua dan Sekolah dalam Pengembangan Pendidikan Moral Anak
Abstract
Abstract: This study aims to examine the role of collaboration between parents and schools in the development of children's moral education and the challenges faced in the process. Using a qualitative approach through library research, this study analyzes recent literature on parent-school collaboration in moral education. The findings indicate that effective partnerships among parents, teachers, and the community are crucial in creating an environment that supports children's moral development. This collaboration involves open communication and active participation, with parents serving as primary role models at home and teachers reinforcing these values at school. However, challenges such as communication barriers, differing expectations, and parents' time constraints may hinder effective collaboration. Proposed solutions include utilizing technology to enhance communication, providing ongoing training for parents and teachers, and implementing community engagement programs.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran kolaborasi antara orang tua dan sekolah dalam pengembangan pendidikan moral anak serta tantangan yang dihadapinya. Menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode kajian pustaka, penelitian ini menganalisis literatur terkini mengenai kerjasama orang tua-sekolah dalam pendidikan moral. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemitraan yang efektif antara orang tua, guru, dan masyarakat berperan penting dalam menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan moral anak. Kolaborasi ini mencakup komunikasi terbuka dan partisipasi aktif, dengan orang tua sebagai teladan utama di rumah dan guru memperkuat nilai-nilai tersebut di sekolah. Namun, tantangan seperti hambatan komunikasi, perbedaan ekspektasi, dan keterbatasan waktu orang tua dapat mengganggu efektivitas kolaborasi. Solusi yang diusulkan antara lain pemanfaatan teknologi untuk komunikasi, pelatihan berkelanjutan, dan program keterlibatan komunitas.
Full Text:
PDFReferences
Aini, F. Q., Yuli, R., Hasibuan, A., & Gusmaneli, G. (2024). Pendidikan Karakter Sebagai Landasan Pembentukan Generasi Muda. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(4).
Anisa Amalia Maisaroh, & Sri Untari. (2024). Transformasi Pendidikan Karakter Melalui KebijakanPemerintah Di Indonesia Menuju Generasi Emas 2045. Jurnal Kebijakan Pemerintahan, 7(47), 18–30.
Arrifah Putri Nadila, & Abdal Malik Fajar Alam. (2024). Menelaah Keberhasilan Pendidikan Karakter Di Jepang Untuk Menunjang Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Di Indonesia. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 3(2), 242–258. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v3i2.1555
Azwar, W. (2023). Pembentukan Karakter Moral Peserta Didik melalui Pendekatan Habituasi. Seminar Nasional Paedagoria, Vol. 3, 50–58.
Baitiyah, Nafilah, A. K., & Mabnunah. (2024). Strategi Pengembangan Pendidikan Madrasah di Bangkalan (Sinergi Tradisi dan Modernitas). Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1).
Hairani, E. (2022). Relevansi Konsep Pemikirain Al-Ghozali Dalam Pendidikan Moral Anak di Era Digital. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.4263
JASMINE, K. (2023). Analisis Peran Orang Tua Dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08.
JASMINE, K. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai- Nilai Karakter Peserta Didik Di Smk Al Hadiid Cileungsi Bogor Wakib. Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 4(2), 96–108.
Keguruan, J. I., & Vol, I. P. (2024). Pengaruh Kompetensi Guru Pai, Perhatian Orang Tua, Dan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di Ma Unggulan Nur Al-Jadid Waru Sidoarjo. Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(3), 203–214.
Khumairo, M. (2025). Pengaruh Strategi Pengembangan Sekolah Terhadap Kepuasan Orang Tua Siswa di SMP Darul Muta ’ allimin Sidoarjo. Management of Education: Manajemen Pendidikan Islam, 11(1).
Lailatul Mufidah, K. T. (2021). Analisis Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 7(3), 6.
Latifah, L., & Ritonga, I. (2020). Systematic Literature Review (SLR): Kompetensi Sumber Daya Insani Bagi Perkembangan Perbankan Syariah Di Indonesia. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 63. https://doi.org/10.31000/almaal.v2i1.2763
Li, X., & Tan, Y. (2024). Moral Education and Heaven–Human Relationship in Jesuit Translations of Chinese Poetry (17th–18th Centuries). Religions, 15(7). https://doi.org/10.3390/rel15070798
Mamadalieva, D., & Kalygulova, S. (2024). the Educators’ Versus Parents’ Roles in Promoting the Moral Values of Children. Bulletin of Osh State University, 2, 437–446. https://doi.org/10.52754/16948610_2024_2_43
Mi’rotul, R. (2023). Pendidikan Peran BagiHolistik Karakter Pengembangan Usia Anak. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 154–165.
Muliawan, P. (2024). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pengajaran Bahasa Indonesia : Tinjauan Literatur Terhadap Isu Dan Tantangan Terkini Analysis of the Implementation of the Independent Curriculum in Indonesian Language Teaching : Literature Review of Current Issu. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, November, 7932–7942.
Murtadho, W., Halimah, S., & Salminawati, S. (2024). Pembinaan Akhlak Remaja Berbasis Kolaborasi Guru dan Orang Tua: Kajian Systematic Literature Review. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 758–761. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.963
Nasution, S. P., Rismayanti, R., & Hajatina, H. (2024). Peran Orang Tua Dalam Membentuk Karakteristik Anak Remaja Di Kelurahan Sei Sikambing Cii Medan. Jurnal Syiar-Syiar, 4(1), 70–82. https://doi.org/10.36490/syiar.v4i1.1158
Nurdiana, A. (2023). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Pendidikan Agama Islam Anak-anak Mereka. Kaipi: Kumpulan Artikel Ilmiah Pendidikan Islam, 1(2), 52–59. https://doi.org/10.62070/kaipi.v1i2.36
Ovianti, F. D., Yuliana, I., & Bengkalis, S. (2024). Tumbuhkan Kepribadian Unggul: Strategi Pendidikan Karakter Di Era Digital. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(5), 182–189. https://ojs.co.id/1/index.php/jip/article/view/1271
Pattiran, M., Songbes, A. M. H., Arrang, R., Herman, Vanchapo, A. R., & Muhammadong. (2024). Strategi Pendidikan Karakter: Membentuk Etika dan Nilai pada Generasi Muda. Journal on Education, 6(2), 11369–11376. http://jonedu.org/index.php/joe
Penebangan, A., Secara, H., Di, L., Distrik, W., & Kabupaten, S. (2024). DAMPAK NEGATIF KURANGNYA INTERAKSI DENGAN ORANG TUA. Jurnal Lingkar Pembelajaran Inovatif, 5(November), 105–117.
Rahayu, F., Wahyudi, H., Islam, U., Sultan, N., & Kasim, S. (2024). Mewujudkan Lingkungan Belajar Islami : Kolaborasi Antara Orang Tua , Masjid , Dan Sekolah Berdasarkan. Tamilis Synex: Multidimensional Collaboration, 2(1), 482–493.
Rizkia Nurul Wafa, & Ibnu Muthi. (2024). Pengaruh Partisipasi Orang Tua dalam Proses Pembelajaran terhadap Prestasi Akademik Siswa Sekolah Dasar. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(3), 244–250. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i3.3998
Sagala, K., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2024). Tantangan Pendidikan karakter di era digital. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 6(01), 1–8. https://doi.org/10.53863/kst.v6i01.1006
Sunaryati, T., Safitri, I., Lestari, N. A., & Putri, J. (2023). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan dalam Menanamkan Moral Terhadap Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 2834–2840. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5983
Teknologi, J., Dan, P., Jtpp, P., No, V., Oktober, E., Hal, D., Iqbal, M., & Hamid, Z. (2024). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah untuk Pembentukan Kepribadian Siswa Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran ( JTPP ). Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 02(02), 629–634.
Yusuf, R. N., & Qomariah, D. N. (2023). Kontekstualisasi Keterlibatan Orang Tua melalui Sharing Session pada Pendidikan Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10584–10596. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3274
Refbacks
- There are currently no refbacks.