ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT MEMBACA PERMULAAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR

Mohammad Ilyas, Luh Budiarti, Iksam Iksam, La Djangka

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakmampuan siswa dalam membaca permulaan.
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan dan menganalisis kesulitan-kesulitan siswa dalam
membaca permulaan pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IB SD Negeri 007 Samarinda
Ulu Tahun Pembelajaran 2020/2021; 2) Mendeskripsikan dan menganalisis faktor-faktor
penghambat membaca permulaan pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IB SD Negeri
007 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2020/2021; dan 3) Mendeskripsikan dan menganalisis
mengenai solusi untuk mengatasi kesulitan membaca permulaan pada pembelajaran bahasa
Indonesia siswa kelas IB SD Negeri 007 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2020/2021. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kualitatif, penelitian ini Tempat penelitian di SDN 007 Samarinda
Ulu pada semester genap tahun pembelajaran 2020/2021. Subjek dalam penelitian ini adalah
seorang guru, enam orang siswa, dan orang tua siswa kelas IB. Sumber data utama dari hasil
observasi, tes dan wawancara, sedangkan sumber sekunder dari dokumentasi nilai ulangan siswa
dan buku penunjang belajar membaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami
kesulitan membaca permulaan tertinggi pada aspek kelancaran membaca nyaring dan
pemahaman bacaan sebesar 41,66%, aspek menyebutkan nama gambar sesuai teks sebesar
45,83%, aspek membaca kata 54,16%, dan aspek mengenal huruf 70,83%. Hasil wawancara
menunjukkan faktor-faktor penghambat dalam membaca permulaan disebabkan karena
kurangnya minat belajar membaca siswa, siswa tidak menempuh TK, serta kurangnya dukungan
orang tua. Solusi dalam mengatasi masalah tersebut antara lain guru memberikan jam tambahan
dan memberikan perhatian khusus bagi siswa yang mengalami kesulitan membaca permulaan,
menjadikan huruf sebagai bahan nyanyian, dan menggunakan media pembelajaran yang dapat
memunculkan minat belajar membaca misalnya menggunakan Media Pembelajaran Kartu Kata.


Keywords


Faktor Penghambat, Mambaca Permulaan, Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Rineka Cipta, Jakarta, 2009.

Astia, Meri, “Analisis Faktor Penghambat Pembelajaran Membaca Permulaan di Kelas I SD Negeri 93 Palembang”, Scholastica Journal: Jurnal pendidikan Sekolah Dasar dan pendidikan Dasar, Vol.3, No.1, hal.7-12, Maret 2020.

http://dx.doi.org/10.31851/sj.v3i1.7553

Fatmasari, Ria Kristia, dan Husniyatul Fitriyah, Keterampilan Membaca, STKIP PGRI Bangkalan, Bangkalan, 2010.

Fujiaturrahman, Sukron, Haifaturrahmah, "Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Pembelajaran Kartu Kata untuk Siswa Kelas I SD, Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, Vol.2, No.2, h.54-58, Juni 2019.

https://doi.org/10.31764/elementary.v2i2.1302

Jannah, Na’imatul, Dilla Fadhila, Enawar, “Strategi Guru Kelas dalam Mengatasi Kesulitan Membaca pada Siswa Kelas 2 SDN Sukasari II Kabupaten Tangerang", Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, Vol.5, No.1, h.6-9, Januari 2022. https://doi.org/10.31764/elementary.v5i1.5786

Nuruddin dan Muhamad Ahyar Rasidi, “Kompetensi Guru Dalam Mendesain Media Pembelajaran Interaktif Dengan Program Autoplay di Madrasah Ibtidaiyah", Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, Vol.2, No.1, h.1-5, Januari 2019.

https://doi.org/10.31764/elementary.v2i1.1288

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014, Departemen Pendidikan Nasional RI, Jakarta, 2014.

Pramesti, Fitria, "Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SD", Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Vol.2, No.3, hal.283-289, Agustus 2018.

https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16144

Rahmawati, Siti, Nur Latifah, and Dilla Fadhillah, "Hubungan Antara Minat Baca dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SDIT Gunung Jati Perumnas Karawaci Kota Tangerang", Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, Vol.5, No.1, h.51-54, Januari 2022. https://doi.org/10.31764/elementary.v5i1.5504

Sisdiknas, U. U. Permendiknas Nomor 20 Tahun 2003, Fokusmedia, Bandung, 2013.

Tarigan, Henry Guntur, Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Angkasa, Bandung, 2008.

Wardani, K.Sri Kusuma, N.W.S.Darmayanti, “Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II Bermuatan Content Local Genius untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sains Siswa", Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, Vol.3, No.1, h.32-36, Januari 2020.

https://doi.org/10.31764/elementary.v3i1.1686




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v5i2.10690

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: