Meningkatkan Hasil Belajar IPA tentang Menguji Lemak pada Makanan melalui Metode Eksperimen Kelas V SDN 57 Buton

Sitti Hermayanti Kaif, Fajrianti Fajrianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan pelaksanaan pembelajaran menggunkan metode eksperimen. Lokasi penelitian dilaksanakan di SDN 57 Buton dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 9 siswa. Jenis penelitian ini yakni Penelitian Tindak Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi aktivitas siswa dan tese evaluasi pada setiap siklus. Berdasarkan hasil analisis yang didapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa menggunakan metode eksperimen pada pelajaran IPA materi uji lemak pada makanan pada siswa kelas V SDN 57 Buton Tahun ajaran 2022/2023 pada sikluss I menunjukkan presentase tertinggi sebesar 79,5% pada indikator kehadiran, sedangkan presentase aktivitas siswa terendah sebesar 47,5% pada indicator kejujuran. Hasil belajar siswa siklus I siswa yang mencapai KKM dengan presentase sebesar 55,56%. Pada siklus II hasil observasi aktivitas siswa memiliki peningkatan yakni siswa mencapai di atas rata-rata dengan presentase 70%, dan untuk hasil belajar siswa meningkat dengan presentase sebeser 100%.

Keywords


Pembelajaran IPA, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v6i1.11851

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: