PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR

Muti Umanahu, Suratni Muhammad

Abstract


Pandemi covid 19 telah mewabah di dunia bahkan di Kota Ternate terlebih di satuan Pendidikan Dasar. Pandemi ini juga berdanpak besar terutama di SDN 66 Kota Ternate. Oleh karena itu diperlukan kemampuan manajerial kepala sekolah dalam hal mengatasi pembelajaran daring yang ada di sekolah dasar. Penelitian ini juga bertujuan mendeskripsikan bentuk kemampuan manajerial kepala sekolah dan mendeskripsikan kendala yang dihadapi kepala sekolah serta solusi yang dilakukan kepala sekolah dalam mengatasi permasalahan.  Penelitian ini juga mengguakan metode kualitatif deskriptif Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan manajerial kepala sekolah dilihat dari aspek perencanaan, pengorganisasian, pengaktifan, dan pengawasan telah dilaksanakan dengan cukup baik dengan langkah-langkah khusus yang dilakukan oleh kepala sekolah. Kendala yang dihadapi kepala sekolah berasal dari dua faktor, yaitu kendala internal berupa keterbatasan kemampuan TIK guru dan kurangnya inovasi pembelajaran, serta kendala eksternal akibat keterbatasan sarana dan prasarana yang digunakan siswa. Pemecahan yang dilakukan kepala sekolah dalam masalah internal berupa bimbingan dan arahan kepada guru serta upaya peningkatan kemampuan guru melalui pelatihan, sedangkan untuk masalah eksternal yaitu dengan memaksimalkan sarana dan prasarana, membentuk siswa didik.


Keywords


Pembelajran Daring, Manajerial Kepala Sekolah

Full Text:

PDF

References


Akbar, A. A. (2020). Penerapan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process Terhadap Penilaian Kinerja Guru. Jurnal Tekno Kompak, 14(2), 111. https://doi.org/10.33365/jtk.v14i2.775

Alsuwaidi, K. A. K. Y., & Omar, A. J. (2020). Structural model of principals’ innovative leadership attributes on managerial creativity. International Journal of Sustainable Construction Engineering and Technology, 11(2), 150–156. https://doi.org/10.30880/ijscet.2020.11.02.017

Anggianita, S., Yusnira, Y., & Rizal, M. S. (2020). Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Negeri 013 Kumantan. Journal of Education Research, 1(2), 177–182. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.18

Fadila, R. N., Lutfiani, E. A., R, I. S., Veronika, N., Rachmanto, D., & Arfinanti, N. (2020). Efektivitas pengelolaan sumber daya sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 81–88. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i1.28997

Idris, I. (2020). Kajian Kebijakan Peningkatan Profesionalisme Guru Dan Dosen Di Indonesia. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 41–52. https://doi.org/10.31970/gurutua.v3i2.57

Kartini, K., & Susanti, S. (2019). Supervisi Klinis Oleh Kepala Sekolah Terhadap Kualitas Pembelajaran. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 4(2), 160. https://doi.org/10.31851/jmksp.v4i2.2905

Satria, R., Supriyanto, A., Timan, A., & Adha, M. A. (2019). Peningkatan mutu sekolah melalui manajemen hubungan masyarakat. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(2), 199–207. https://doi.org/10.21831/amp.v7i2.26018

Sholeh, M. (2007). Perencanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Geografi Tingkat SMA dalam Konteks KTSP. Jurnal Geografi, 4(2), 129–137.

Sormin, D. (2017). Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Smp Muhammadiyah 29 Padangsidimpuan. Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 2(1), 129–146. https://doi.org/10.31604/muaddib.v2i1.159

Sunardi, S., Nugroho, P. J., & Setiawan, S. (2019). Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah. Equity In Education Journal, 1(1), 20–28. https://doi.org/10.37304/eej.v1i1.1548

Yanti, M. T., Kuntarto, E., & Kurniawan, A. R. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh. Adi Widya Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 61–68.




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v6i1.12704

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: