ANALISIS PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR

Rahmat Muhdar, Yetni Marlina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Analisis Pembelajaran Daring di SDN 66 Kota Ternate. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskritif kualitatif.jenis studi kasus.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SDN 66 Kota Ternate. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pelaksanaan pembelajaran dari di SDN 66 Kota Ternate  tidak terlaksana sesuai standar proses pendidikan dasar dan menengah pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan, inti dan penutup yang baik, serta tidak menyusun RPP dan silabus pembelajaran daring. Salin itu guru mengalami berbagai kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran daring karena tidak menyusun RPP dan silabus serta kendala lain seperti sulit dalam menyampaikan materi karena siswa tidak memiliki HP, kendala pada kuota, latar belakang pendidikan orangtua, dan perbedaan pengetahuan awal siswa. kesulitan dalam memanfaatkan teknologi dan kesulitan dalam melakukan penilaian karena siswa dalam mengerjakan tugas dibantu oleh orangtua, dan melihat jawaban dari google. Dan hal ini tidak memenuhi tuntutan kompetensi pedagogic guru yang mengharuskan guru mampu merancang, melaksanakan pembelajaran danmelakukan evaluasi.


Full Text:

PDF

References


Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Azhari, B., & Fajri, I. (2022). Distance learning during the COVID-19 pandemic: School closure in Indonesia. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 53(7), 1934–1954. https://doi.org/10.1080/0020739X.2021.1875072

Desvianti. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal BASICEDU, 4(4), 1201–1211.

Juliawan, I. W., Bawa, P. W., & Qondias, D. (2021). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(2), 157–169. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i2.342

Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan - Prof. (n.d.).

Moerista, J. V. (2015). Pengaruh Penerapan Metode Student-Centered Learning, Cooperative Learning, Case-Based Learning Terkait Pemahaman Mahasiswa pada Pembelajaran Akuntansi Keperilakuan. Udinus Repository, c.

Muhda, R., & Umanahu, M. (2022). Analisis Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Elementary, 5(2), 123–128.

Sandika, T. W. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Invention: Journal Research and Education Studies, 5(5), 1–13. https://doi.org/10.51178/invention.v2i2.474

( A. Muri Yusuf 2016 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan - Prof, n.d. ,2016 h. 339.)




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v6i1.12707

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: