Internalisasi Nilai Maja Labo Dahu (Studi Terhadap Pengalaman Remaja Berperilaku Menyimpang Di Bima)

Saidah Ramadhan

Abstract


Abstrak: Perilaku menyimpang remaja meningkat dari tahun ke tahun. Salah satu penyebab terjadinya krisis identitas pada remaja adalah karena rendahnya penyerapan nilai moral keislaman dalam diri remaja sebagai petunjuk remaja muslim dalam mencari jati diri. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bentuk internalisasi nilai moral keislaman dari semboyan maja labo dahu dalam diri remaja berperilaku menyimpang serta hambatan aktualisasi yang dialami remaja. Penulis mengendepankan temuan Erikson sebagai landasan teori mengidentifikasi hubungan remaja dengan nilai dalam membentuk identitas diri. Melalui pendekatan fenomenologis, penelitian kualitatif ini akan mendekripsikan hasil wawancara sebagai bahan analisis utama dalam menemukan tujuan penelitian.

Abstract:  Adolescent deviant behavior increases from year to year. One of the causes of identity crisis in adolescents is due to the low moral values in adolescents as a guide for Muslim adolescents in finding identity. This research suggests to find a form of internalizing Islamic moral values from the slogan maja labo dahu in adolescents behaves in deviant behavior and inhibits the actualization of adolescents. The author puts forward Erikson's findings as a foundation for the theory of adolescent relationships with values in the preparation of self-identity. Through phenomenological research, this qualitative research will describe the results of the interview as the main analytical material in finding research objectives.

Keywords


Internalisasi Nilai Maja Labo Dahu Pengalaman Remaja

Full Text:

PDF

References


Santrock, John. W. Adolesence, terj: Shinto B.Adelar & Sherly Saragih, Erlangga, Jakarta, 2007.

Idrus , Muhammad, Jurnal Pendidikan Karakter; Pendidikan Karakter pada Keluarga Jawa. Vol.2, No. 2, h. 118-130, Oktober 2012

Peter L. Berger dan Thomas Luckmann, The Social Construction Of Reality A Treatise In The Sociology Of Knowledge, E-book (Amazon Noir , www.amazon-noir.com) h. 61.

Muhaimin, Paradigma Pendidikan Agama Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2008

Hasan, Abdul Malik M. Maja Ro Dahu, Yansa, Yogyakarta, 2012.

Jurdi , Syarifuddin, Islam, Masyarakat Madani dan Demokrasi di Bima, Cet-I, CBNS, Yogyakarta, 2008.

Nasharuddin, Akhlak, Ciri Manusia Paripurna, Cet-1, Rajawali Press, Jakarta, 2015.

Siregar, Maragustam, Filsafat Pendidikan Islam, Kurnia Kalam Semesta, Yogyakarta, 2016.




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v1i2.1287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: