PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK IPA MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN ASPEK KOGNITIF PESERTA DIDIK SMP

Nursina Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan dan (2) keefektifan komik hasil pengembangan dalam peningkatan aspek kognitif peserta didk setelah menggunakan media komik hasil pengembangan model guided inquiry di dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi model dari Borg & Gall. Pengujian terbatas menggunakan desain eksperimen one group pretest-posttest dan pengujian operasional menggunakan desain kuasi eksperimen nonequivalent pretest-posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media komik IPA: (1) layak digunakan dengan kriteria “sangat baik”, dan (2) efektif meningkatkan aspek kognitif peserta didik secara signifikan, dengan nilai alpha sebesar 0,031.


Keywords


1. Komik IPA 2. Inkuiri terbimbing 3. Aspek kognitif

Full Text:

PDF

References


Anderson, W.L., & Krathwohl, R.D. 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Assessmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Dewi, K, Sadia, I. W, & Ristiati, N. P. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Dengan Setting Inkuiri Terbimbing Untuk meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kinerja Ilmiah Peserta Didik. E-journal Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Program Studi Pendidikan IPA

Nugraha, E. A, Yulianti, D. & Khanafiyah, S. 2013. “Pembuatan Bahan Ajar Komik Sains Inkuiri Materi Benda untuk Mengembangkan Karakter Siswa Kelas IV SD”. Unnes Physics Education Journal. UPEJ 2, (1), halaman 60-68.

Puspitorini, R. 2014. Pengembangan Media Komik IPA Berkarakter sebagai Implementasi Kurikuum 2013 untuk Meingkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik kelas VII. Cakrawala Pendidikan, Oktober 2014, Th. XXXIII, No. 3.

Sudjana, N, & Rivai, A. 2011. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suparno, P. 2001. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.

Widyawati, A., & Prodjosantoso, A. 2015. Pengembangan Media Komik IPA untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Peserta Didik SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(1), 24-35. Diakses pada tanggal 14 Agustus 2015, diambil dari situs http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/4529.




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v1i1.138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: