HUBUNGAN IKLIM SEKOLAH DENGAN MOTIVASI KERJA GURU

Sukron Fujiaturrahman

Abstract


Penelitian ini adalah sebuah penelitian korelasional yang bertujuan untuk menemukan hubungan iklim sekolah dengan motivasi kerja guru. Suasana lingkungan kerja yang dirasakan para guru kerap berubah dan hal itu berdampak terhadap motivasi kerja guru. Berdasarkan hipotesis yang telah dirumuskan, iklim sekolah diasumsikan berhubungan dengan motivasi kerja guru. Penelitian ini menggunakan metode survey, 30 orang guru di SDN segugus 07 dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner. Verifikasi hipotesis dilakukan dengan analisis regresi melalui uji F dan menemukan model persamaan regresi, dan koefisien korelasi antara variabel iklim sekolah dengan motivasi kerja guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara iklim sekolah dengan motivasi kerja guru adalah .886 (α .05). Dapat disimpulkan bahwa iklim sekolah berkontribusi dengan motivasi kerja guru. Dengan mempertimbangkan temuan penelitian tersebut, maka diharapkan Kepala sekolah dan guru senantiasa menjaga iklim sekolah agar tetap kondusif, baik dari segi fisik maupun non fisik, sehingga para guru akan merasa nyaman dan tetap bersemangat dalam bekerja dan tentu sekali hal tersebut juga akan berdampak kepada seluruh peserta didik.

Keywords


1. Iklim Sekolah 2. Motivasi Kerja Guru

Full Text:

PDF

References


Davis, Keith dan Jhon W. Newstrom. Prilaku dalam Organisasi. Jakarta: Erlangga, 1996.

Kompri. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa, Bandung: PT Remaja Rosdakarya:2015.

Kreitner dan Kinicki. Organizational Behavior Ninth Edition. New York: McGrow Hill, 2010.

Kreitner dan Kinicki (alih bahasa Biro Bahasa alkemis). Perilaku Organisasi edisi sembilan, Jakarta: Salemba Empat, 2014.

Loukas, Alexandra. What is School Climate?, Leadership Compass Vol. 5, No.1,Fall2007,http://www.naesp.org/resources/2/Leadership_Compass/2007/LC2007v5n1a4.df (diakses 9 oktober 2015).

Luthans, Fred. Organizational Behavior: An Evidence-Based Approach, New York: McGraw-Hill, 2011.

Santrock, John W., Educational Psychology Fifth Edition, New York:McGraw-Hill, 2011.




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v1i1.143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: