PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SKILL PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

umar yampap

Abstract


Penelitian ini berawal dari permasalahan rendahnya hasil belajar kelas v SD Inpres Seringgu di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65. Dari 25 peserta didik hanya 11 peserta didik yang mencapai KKM yaitu sekitar 44%. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan critical thinking skill melalui penerapan model Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yang saling berhubungan dimana masing-masing siklus terdiri dari beberapa tahapan: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Hasil pada setiap indikator mengalami peningkatan dari kondisi awal hingga akhir siklus II dan sesuai target yang telah ditentukan yaitu ≥18,34%. Capaian Ʃrata-rata kelas juga mengalami peningkatan dari kondisi awal hingga siklus II sebesar 32,47%. Sedangkan hasil observasi yang berhubungan dengan critical thinking skill meningkat antara lain; peserta didik aktif dalam pembelajaran, peserta didik lebih leluasa dalam mencari dan mengumpulkan informasi yang diinginkan, dan peserta didik juga memiliki lebih banyak kesempatan untuk belajar bersama teman.

Keywords


Problem Based Learning, Critical Thinking Skill

Full Text:

PDF

References


Diana Karista, Fransiska. 2017. Tema 6 Panas dan Perpindahannya Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 : Buku Siswa SD /MI Kelas V. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemendikbud.

Wahyuni, S, Mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran IPA berbasis problem based learning. In: Seminar Nasional FMIPA-UT, 1-10, Agustus 2011

Permendikbud No. 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Badden, Maggi Savin. 2003. Facilitating Problem-Based Learning. England: McGraw-Hill Education (UK)

Ratumanan, T.G. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press

Arends, R I. 2012. Learning to Teach ninth edition. New York : McGraw-Hill Education.

Permendikbud No. 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah

Aizikovitsh-Udi, Einav, and Diana Cheng. Developing critical thinking skills from dispositions to abilities: mathematics education from early childhood to high school. Creative Education 6.04 h. 455-462, March 2015.

Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja pressindo.

Hasyda, Suryadin, and Waspodo Tjipto Subroto. "Development Of Science Learning Science Social Knowledge Of Problem Based Learning Subtheme Diversity Of National and Religious Trade In My Country To Increase Critical Think Skill IV Students In Primary School." The First International Conference On Teacher Training and Education (ICOTTE) 2018, University of Islam Malang, Indonesian, 328-337, April 2018

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

El-Shaer, Ahlam, and Hala Gaber. Impact of Problem-Based Learning on StudentsCritical Thinking Dispositions. Knowledge Acquisition and Retention. Journal of education and practice 5.14 (2014): 74-85.

Afrizon, Renol, Ratnawulan Ratnawulan, dan Ahmad Fauzi. "Peningkatan perilaku berkarakter dan keterampilan berpikir kritis siswa Kelas IX MTsN Model Padang pada mata pelajaran IPA-fisika menggunakan model problem based instruction." Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol 1 No.1, h. 1-6, Februari 2012.

Masek, Alias, and Sulaiman Yamin. The effect of problem based learning on critical thinking ability: a theoretical and empirical review. International Review of Social Sciences and Humanities 2.1, h. 215-221, September 2011

Muhson, Ali. Peningkatan minat belajar dan pemahaman mahasiswa melalui penerapan problem-based learning. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran Vol 39, No.2, h. 171-182, November 2009.

Afandi, M. Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol1, No.1, h. 1-19, Januari 2014

U.Yampap and Ratna Purwanty. Improvement of Student Learning Outcomes through Problem Based Learning Model Class IV Basic School. Journal of Basic and Applied Scientific Research, J. Basic 9.6, h. 1-8, October 2019




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v3i2.2180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: