STUDI PENDAHULUAN IDENTIFIKASI KESULITAN MEMBACA SISWA KELAS III SDN BULUH 2

Winika Mauludiana, Agung Setyawan, Tyasmiarni Citrawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesulitan membaca siswa kelas III SDN Buluh 2. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus yang bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 19 siswa kelas III SDN Buluh 2 yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh yang termasuk non-probability sampling yaitu sebanyak 19 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Instrumennya menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan lembar angket. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan kesulitan beberapa siswa dalam membaca yang mana berkaitan dengan penggunaan tanda baca, pelafalan kata pada satu kalimat, serta pemahaman isi dari suatu bacaan. Kesulitan siswa tersebut dikarenakan pengaruh dari teman bermain serta kurangnya perhatian dari orang tua.

Keywords


Kesulitan Membaca, Siswa Kelas III, Penelitian Kualitatif

Full Text:

PDF

References


Abdullah, D. (2016). Bimbingan Belajar Bagi Siswa yang Berkesulitan Membaca. Jurnal Suloh, 1 (1), 19-26.

Bangsawan, I. P. R. (2018). Minat Baca Siswa. Banyuasin: Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata.

Fahmi, N. (2019). Menjadi Orang Tua Milenial: Panduan Praktis Mengasuh Anak di Era Digital. Semarang: Pendar Ilmu.

Hadi, S. (2019). Problematik Pendidikan Bahasa Indonesia Kajian Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 3 (4), 74-78.

Hidayah, N. (2016). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Garudhawaca.

Krissandi, A. D. S., Widharyanto, B., & Dewi, R. P. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD (Pendekatan dan Teknis). Jakarta: Media Maxima.

Janurti, N. K., Dibia, I, K., & Widiana, I. W. (2016). Analisis Kesulitan Belajar dalam Pembelajaran Membaca Cepat Siswa Kelas V SD Gugus VI Kecamatan Abang. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4 (1), 1-10.

Meliyawati. (2016). Pemahaman Dasar Membaca. Yogyakarta: Deepublish.

Salam. (2018). Membaca Komperehensif: Strategi Pemahaman Bacaan. Gorontalo: Ideas Publishing.

Widyaningrum, H. K., & Hasanudin, C. (2019). Kajian Kesulitan Belajar Membaca Menulis Permulaan (MMP) di Sekolah Dasar. Pedagogia: Jurnal Pendidikan. 8 (2), 189-200.




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v3i2.2297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: