PERAN SHADOW TEACHER DALAM MENGOPTIMALKAN PEMBELAJARAN PADA PESERTA DIDIK SLOW LEARNER DI SEKOLAH INKLUSIF
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran shadow teacher dalam mengoptimalkan pembelajaran pada peserta didik slow learner di Sekolah Inklusif SD Inklusif & untuk menganalisis tantangan dan strategi yang dihadapi oleh shadow teacher dalam menjalankan perannya di sekolah inklusi SD Inklusif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menjelaskan data yang diperoleh dari hasil penelitian dan mendeskripsikan apa adanya. Pengumpulan data melibatkan 4 teknik yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan kajian literatur. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman terdiri dari tiga fase yaitu reduksi data, tampilan data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peran penting shadow teacher dalam memberikan dukungan individual dan pengarahan khusus kepada anak ABK khususnya bagi anak slow learner. Berawal dari kepekaan guru kelas dalam mengenali karakteristik anak dengan slow learner, koordinasi dengan guru pendamping khusus, asesmen dan konsultasi dengan didampingi guru kelas, shadow teacher atau guru pendamping khusus, dan orang tua, hingga tahapan penanganan yang tepat yang harus dilakukan guna menindaklanjuti anak dengan slow learner. Implikasi penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang strategi dan praktik yang efektif dalam meningkatkan inklusif dan partisipasi anak berkebutuhan khusus dalam konteks pendidikan inklusif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adawiyah, R., Aini, N., & Lestari, W. M. (2022). Studi Kasus Peran Shadow Teacher Pada Blended Learning Di Sdi Al-Chusnaini Kloposepuluh Sukodono. Pendidikan, 5 No. 2(2), 78. https://doi.org/https://doi.org/10.34001/tarbawi.v15i2.845
Amaldi, F., Purnanto, A. W., Bintang, A., Pradana, A., & Magelang, U. M. (2023). Analisis Model Pembelajaran Memirsa Pada Siswa Kelas 1 Slow Learner di SD Muhammadiyah Payaman. Jurnal Literasi, XV(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2023.14(2).%25p
Amelia, W. (2016). Karakteristik dan Jenis Kesulitan Belajar Anak Slow Learner. Jurnal Aisyah : Jurnal Ilmu Kesehatan, 1(2), 53–58. https://doi.org/10.30604/jika.v1i2.21
Amiruddin, M. Z. (2022). Analysis of Inclusion Education Services for Children with Learning to Read Case Study in Grade III Students. Sainteknol, 20(1), 1–6. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/sainteknol
Andani, F., Windhana, A. P., Putri, Y. G., Mubarakah, W., & Usiwardani, C. H. (2023). Strategi Shadow Teacher Dalam Proses Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Tunawicara) Di Sekolah Alam Mahira Kota Bengkulu. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 4(2), 246-255., 246–255. https://doi.org/https://doi.org/10.34001/tarbawi.v15i2.845
Aziz, A. N., Sugiman, S., & Prabowo, A. (2016). Analisis Proses Pembelajaran Matematika pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Slow Learner di Kelas Inklusif. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 111. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i2.4168
Dharma, D. S. A., & Hermanto, H. (2019). The implementation of Self-Assessment of Student with Special Educational Needs at Inclusive School. 296(Icsie 2018), 158–162. https://doi.org/10.2991/icsie-18.2019.29
Dianti, Y. (2017). Implementasi Media Pembelajaran Domino Karakter dengan Teknkik Shadow Teacher dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Autisme Pada Materi Operasi Hitung di Masa Pandemi Covid-19. Angewandte Chemie International Edition, 5(Snip 2021), 5–24. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/shes.v5i2.58330
Faizal, P. A., & Hartanto, E. (2024). Komunikasi Interpersonal Antara Guru Dengan Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Membangun Kemampuan Berkomunikasi Di Sekolah Alam Cikeas. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(01), 54–62. https://doi.org/10.56127/jukim.v3i01.1109
Fathiyyah Putri Pasaribu, Salmi Wati, & Charles Charles. (2023). Problematika Shadow Teacher Dalam Membantu Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SD Lebah Pembelajar. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(4), 01–13. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i4.2242
Faz, G. O., & Hafid, I. (2023). Guru Pembimbing Khusus (GPK) di Sekolah Inklusi Palangka Raya. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 47–54. https://doi.org/10.33084/tunas.v8i2.5148
Fitriyah, A. (2018). Shadow teacher: agen profesional pembelajaran Bagi siswa dengan disabilitas di SMP Lazuar di Kamila-GIS Surakarta. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 15(2). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v15i2.845
Hamid, A., Irshad-Ullah, H. M., & Faiz, Z. (2020). Role of Shadow Teacher in the provision of Academic and Social Support for Children with Special Needs at Inclusive Schools. Journal of Inclusive Education, 4(1), 129–144. https://www.researchgate.net/publication/348880312
Hanaa, H., & Mia Evani, E. (2022). Peran Penting Guru Pembimbing Khusus Dalam Pendidikan Inklusi Di SDI Al-Muttaqin. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(3), 167–171. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n3.p167-171
Handayani, I., & AlFarhatan Noor Asri, A. M. (2021). Peran Guru dan Orang Tua dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Anak Slow Learner di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 202. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36014
Haryati, T., Winata, W., & Suryadi, A. (2022). Pengembangan Program Pembelajaran Individual Bagi Siswa Slow Learner di SD Lab School UMJ. Jurnal Instruksional, 4(1), 34–61. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/instruksional.4.1.%25p
Ismiatun, A. N., & Atika, A. R. (2020). Facing the Challenges of Inclusive Education in Early Childhood Education. 454(Ecep 2019), 53–57. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200808.010
Minsih, M., Nandang, J. S., & Kurniawan, W. (2021). Problematika Pembelajaran Online Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1252–1258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.876
Minsih, Taufik, M., & Tadzkiroh, U. (2021). Urgensi Pendidikan Inklusif Dalam Membangun Efikasi Diri Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(2), 192–204. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i2.352
Mukhlis, A., Kirana Nur Havida, B., & Auliya Nurani, A. (2023). Special Assistance Teachers Learning Strategies for Slow Learner Students in Inclusive Elementary Schools. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 158. https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i1.122424
Nurfadillah, Ferdiansyah, D., & Fatahullah. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Domino Karakter Dengan Teknik Shadow Teacher. Jurnal Penelitian Dan Penalaran, 8(2), 162–175. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jp.v8i2.6684
Purwandari, E. (2023). Peningkatan kapasitas guru SD di Kecamatan Bambanglipuro dalam akomodasi siswa berkebutuhan khusus. Literal: Disability Studies Journal, 1(2), 8–15. https://doi.org/https://doi.org/10.62385/literal.v1i02.54
Qiftiyah, M., & Calista, W. (2021). Shadow Teacher for Special Needs Students: Case Study Class Vi Taman Muda Ibu Pawiyatan Yogyakarta. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 13(1), 26–35. https://doi.org/10.17509/eh.v13i1.26273
Rahayu, T. (2017). Burnout dan Koping Stres Pada Guru Pendamping (Shadow Teacher). Psikoborneo, 5(2), 192–198. https://doi.org/https://doi.org/10.340012.845
Sakina, M. W. R., & Sukiatni, D. S. (2020). The Role Of Shadow Teacher To Reduce Social Aggressiveness In Class 1 Students Elementary School. Proceedings of The ICECRS, 8, 1–7. https://doi.org/10.21070/icecrs2020426
Sartinah, E. P., & Murtadlo. (2022). The Management of Inclusive Schools’ Curriculum in Indonesia. Proceedings of the International Joint Conference on Arts and Humanities 2021 (IJCAH 2021), 618(Ijcah), 919–924. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211223.159
Setiawan, B., & Rahman, M. (2023). Shadow Teacher Program As a Learning Companion for Inclusive Children / Children With Special Needs. Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), 84–93. https://doi.org/https://doi.org/10.34001/intelegensia.v11i1.5075
Utama, A. H. (2021). Model Desain Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3), 140–151. https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i3.244
Viero, D. A., & Sari, I. N. P. (2023). Peranan Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusif. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 5(2), 235–247. https://doi.org/https://doi.org/10.62144/jikq.v5i2.192
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.6187
Wilyanita, N., Herlinda, S., & Wulandari, D. R. (2022). Efektifitas Peran Guru Pendamping (Shadow Teacher) Anak Hiperaktif Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11589
DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v7i1.28437
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: elementary.ummat@gmail.com
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:
Alamat Redaksi: