PENGGUNAAN APLIKASI ZOOM MEETING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA PEMBELAJARAN SAINS

Jajang Bayu Kelana, Medita Ayu Wulandari, Duhita Savira Wardani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi  pembelajaran sains melalui aplikasi zoom meeting di masa pandemik COVID-19. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa PGSD dengan sampel 42 Mahasiswa.Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes dan angket. Analisi data menggunakan analysis interactive model. Hasil dari penelitian ini, menunjukan bahwa aplikasi zoom meeting cukup membantu dalam proses pembelajaran selama masa pandemi covid-19. Adapun kesulitan dalam pelaksanaannya, diantaranya: kurang memadainya sarana dan prasarana, koneksi internet yang terganggu, penggunaan kuota internet yang boros dan dosen tidak bisa mengontrol mahasiswa secara penuh.

Keywords


Aplikasi zoom meeting, pembelajaran sains, covid-19

Full Text:

PDF

References


Altaftazani, D. . H., Arga, H. S. P., Kelana, J. B., & Ruqoyyah, S. (2020). ANALISIS PEMBELAJARAN DARING MEMBUAT SENI KOLASE MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID 19. 7(2), 185–191. https://doi.org/10.22460/p2m.v7i2p%25p.2006

Astalini, A., Kurniawan, D. A., & Putri, A. D. (2018). Identifikasi Sikap Implikasi Sosial dari IPA, Ketertarikan Menambah Waktu Belajar IPA, dan Ketertarikan Berkarir Dibidang IPA Siswa SMP Se-Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i2.2142

Astini, Ni Komang Sari. (2020). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tingkat sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura, 11(2), 13–25.

Astini, Ni Komang Suni. (2020). Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan.

Aviana, R., & Hidayah, F. (2015). PENGARUH TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR SISWA TERHADAP DAYA PEMAHAMAN MATERI PADA PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI 2 BATANG. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang. https://doi.org/10.26714/jps.3.1.2015.30-33

Carin, & Evans. (1990). Teaching as a Design Science. In Teaching science through discovery. Columbus: Merril Publisshing Company.

Chawla, A. (2020). Coronavirus (COVID-19) – ‘Zoom’ Application Boon or Bane. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3606716

Dewi, E. P., Suyatna, A., Abdurrahman, A., & Ertikanto, C. (2017). Efektivitas Modul dengan Model Inkuiri untuk Menumbuhkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Kalor. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.1901

Dewi, S., & Kelana, J. B. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif IPA Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 2(6), 235-239.

Ekantini, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA di Masa Pandemi Covid-19 : Studi Komparasi Pembelajaran Luring dan Daring pada Mata Pelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan Madrasah, 5(2), 187–193.

Fauzia, N. L. U., & Kelana, J. B. (2020). Natural Science Problem Solving in Elementary School Students Using the Project Based Learning (PjBL) Model. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(4). https://doi.org/10.23887/jisd.v4i4.28377

Friedman, M. (2006). Philosophy of natural science. In The Cambridge Companion to Kant and Modern Philosophy. https://doi.org/10.1017/CCOL052182303X.010

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan.

Haryadi, S., Djatmiko, E. T., & Setyosari, P. (2013). Pembelajaran Tematik dalam Menumbuhkan Sikap Ilmiah dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Hidayatullah, S., Khouroh, U., Windhyastiti, I., Patalo, R. G., & Waris, A. (2020). Implementasi Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone And McLean Terhadap Sistem Pembelajaran Berbasis Aplikasi Zoom Di Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Informatika. https://doi.org/10.26905/jtmi.v6i1.4165

Kelana, J. J. B., Kelana, J. B., & Pratama, D. F. (2019, December). Improving the Capability of Prospective Primary School Teachers in Making Science-Based Science Teaching Materials Based on ICT Media Assisted Literacy. In 5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019). Atlantis Press.

Kelana, J. B., & Pratama, D. F. (2019). BAHAN AJAR IPA BERBASI LITERASI SAINS. Bandung: LEKKAS.

Kemdikbud, pengelola web. (2020). Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah. Jakarta, 28 Mei 2020.

Latifah, L. (2020). Apa Itu Aplikasi Zoom? Alternatif Rapat Jarak Jauh, Begini Cara Kerjanya. TRIBUNNEWS.

Marcovic, M. R. (2010). ADVANTAGES AND DISADVANTAGES OF E-LEARNING IN COMPARISON TO TRADITIONAL FORMS OF LEARNING. Annals of the University of Petrosani : Economics.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). In PT. Remaja Rosda Karya.

Nurohman, S. (2006). PENERAPAN PENDEKATAN SAINS-TEKNOLOGI-MASYARAKAT (STM) DALAM PEMBELAJARAN IP A SEBA GAI UPA YA PENINGKATAN LIFE SKILLS PESERTA DIDIK. MAJALAH ILMIAH PEMBELAJARAN.

Rahayu, G. D. S., Altaftazani, D. H., Kelana, J. B., Firdaus, A. R., & Fauzi, M. R. (2020). Analysis of elementary school students ’ mathematical resilience during learning during the covid 19 Pandemic Analysis of elementary school students ’ mathematical resilience during learning during the covid 19 Pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1), 012001. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012001

Rezba, R.J., et al. (1995). Learning and Assessing Science Process Skills (Edisi ke-3).

Romero-Ivanova, C., Shaughnessy, M., Otto, L., Taylor, E., & Watson, E. (2020). Digital Practices & Applications in a Covid-19 Culture. Higher Education Studies, 10(3), 80. https://doi.org/10.5539/hes.v10n3p80

Samsudin, A., Kelana, J. B., & Muftianti, A. (2019). Utilization of Internet-Based Learning Media in Enhancing Science Literacy Capabilities of Pgsd Students. PrimaryEdu-Journal of Primary Education, 3(2), 91-96.

Situmorang, R. P. (2016). INTEGRASI LITERASI SAINS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN SAINS. Satya Widya. https://doi.org/10.24246/j.sw.2016.v32.i1.p49-56

Statqoanalytics. (2020). Press Release (Per 30 Maret 2020 – Edisi ke 2) Analisis Digital Terkait Dampak Pandemi COVID-19. https://www.statqoanalytics.com/post/press-release-per-30-maret-2020-edisi-ke-2-analisis-digital-terkait-dampak-pandemi-covid-19

Subali, B. (2011). Pengukuran kreativitas keterampilan proses sains dalam konteks. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan.

Sukaesih, T. (2018). PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN KETRAMPILAN PROSES KIMIA. Cakrawala Pedagogik, 2(2), 13–25.

Sunaryo Dkk. (2010). Modul Pembelajaran Inklusif Gender. Learning Assistance Program for Islamic Schools (LAPIS).

Wardani, D. S., Kirana, T., & Ibrahim, M. (2018). The Development of Student’s Activity Sheets (SAS) Based on Multiple Intelligences and Problem-Solving Skills Using Simple Science Tools. Journal of Physics: Conference Series, 947(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/947/1/012047

Wardani, Duhita Savira. (2020). Usaha Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah melalui Model Problem Based Learning di kelas V SDN Babatan V/460 Surabaya. Collase (Creative of Learning Students Elementary Education), 3(4), 104–117.

Wiederhold, B. K. (2020). Connecting through Technology during the Coronavirus Disease 2019 Pandemic: Avoiding “zoom Fatigue.” Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 23(7), 437–438. https://doi.org/10.1089/cyber.2020.29188.bkw

Williamson, K., Given, L. M., & Scifleet, P. (2018). Qualitative data analysis. In Research Methods: Information, Systems, and Contexts: Second Edition. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-102220-7.00019-4

Wulandari, M. A., Hodidjah, H., & Muliasar, D. . (2015). BERPIKIR KRITIS MAHASISWA DALAM DEBAT CAPRES CAWAPRES BEM REMA UPI KAMPUS TASIKMALAYA 2014. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 36–50.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: