ANALISIS PERILAKU VERBAL DAN NONVERBAL GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SDN 21 DANGIN PURI: STUDI KASUS PEMBELAJARAN SELAMA COVID-19

I Putu Oka Suardana, I Wayan Numertayasa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai (1) bentuk dan fungsi perilaku verbal guru dalam pembelajaran daring di SDN 21 Dangin Puri, (2) jenis dan fungsi perilaku nonverbal guru dalam pembelajaran daring di SDN 21 Dangin Puri. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif untuk menggambarkan secara detail perilaku verbal dan nonverbal guru selama pembelajaran daring di SDN 21 Dangin Puri, Denpasar. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V di SDN 21 Dangin Puri dan objek penelitian ini adalah perilaku verbal dan nonverbal guru selama pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan meotde observasi dan perekaman data. Masing-masing Teknik pengumpulan data menggunakan instrument lembar obeservasi dan perekaman kegiatan pembelajaran. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bentuk PV yang digunakan guru yaitu deklaratif  63,22%, imperatif 22,99%, dan interogatif 13,79%, fungsi PV yang muncul yaitu fungsi asertif 45,98%, direktif 43,68%, ekspresif 5,75%, komisif 3,45%, dan deklaratif 1,15%, jenis PNV yang digunakan guru yaitu GT dan ekspresi 37,04%, GT 29,63%, GKT dan ekspresi 11,11%, GKT 7,41%, Ekspresi 7,41%, GK 3,70%, dan GK dan ekspresi 3,70%, fungsi PNV yang digunakan yaitu melengkapi dan menekankan 55,56%, melengkapi 18,52%, menekankan 14,81%, melengkapi dan mengatur 7,21%, dan menggantikan 3,70%. PV dan PNV sangat penting sehingga dapat disarankan agar guru memadukan PV dan PNV dalam mengajar yang sesuai dengan kondisi pembelajaran daring akibat Covid-19.


Keywords


perilaku verbal, perilaku nonverbal, pembalajaran, daring, covid-19

Full Text:

PDF

References


Borg, James. 2009. Buku Pintar Memahami Bahasa Tubuh. Yogjakarta : Think

De Vito, Joseph A. 1996. Human Comunication. New York : Harper Collins Publisher (Terjemahan oleh Agus Maulana. 1997. Komunikasi Antarmanusia. Jakarta : Professional Books)

Diarsa, I Nyoman. 2010. Perilaku Verbal dan Nonverbal Guru Praktik Komputer di SMK Negeri Singaraja. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.

Duranti, Allesandro. 2000. Linguistics Anthropology. University Press

Effendy, Onong Uchjana. 1981. Dimensi-dimensi Komunikasi. Bandung : Alumni

-------. 1992. Dinamika Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

-------. 2005. Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktik. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Ibrahim, Syukur. 2005. Kapita Selekta Pragmatik. Malang : Universitas Negeri Malang.

Leech, Geoffrey. The Principles of Pragmatics atau Prinsip-prinsip Pragmati, terj. M.D.D. Oka. 1993. Jakarta : Universitas Indonesia.

Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Richard, Jack C. 1995. Tentang Percakapan. Terjemahan Ismari. Surabaya: Airlangga University Press.

Searle, John R.1979. Taxonomy of Illocutionary Act. Dalam Martinich A.P. The Philosophy of Language. 2001. Fourth Edition. New York: Oxford University Press.

Sriasih, Sang Ayu Putu dkk. 2006. Perilaku Verbal dan Nonverbal dalam Aktivitas Seni Mabebasan di Bali. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.

Suandi, I Nengah. 2008. Pengantar Metodologi Penelitian Bahasa. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha

-------. 2009. Keserasian Tindak Komunikasi Verbal dan Tindak Komunikasi Nonverbal dalam Pemakaian Sor Singgih Bahasa Bali. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.

-------. 2010. Strategi Memadukan Komunikasi Verbal dan Nonverbal. (Orasi Pengenalan Jabatan Guru Besar Tetap dalam Bidang Linguistik pada Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Pendidikan Ganesha).

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sumarsono. 2007. Pragmatik. Singaraja : Undiksha

-------. 2008. Sosiolinguistik. Yogyakarta : SABDA

Suwanto, Yohanes. 2004. Pragmatik, (online). Blog Archive.htm. Diakses pada tanggal 18 Oktober 2009

Suwito, Umar. 1989. Komunikasi untuk Pembangunan. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Wendra, I Wayan. 2009. Penulisan Karya Ilmiah. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.

Wijana, Dewa Putu. 1986. Dasar-dasar Pragmatik. Yogyakarta : ANDI




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v4i1.3823

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: