META-ANALISIS: MODEL KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR

Rakim Mansurah, Sry Wahyuningsih, Nur Insani, Syaharuddin Syaharuddin

Abstract


Abstrak: Two stay two stray yaitu salah satu model pembelajaran kooperatif yang memberikan kesempatan kepada kelompok membagikan hasil dan informasi kepada kelompok lain. Hal ini dilakukan karena banyak kegiatan belajar mengajar yang diwarnai dengan kegiatan-kegiatan individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran two stay two stray terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah meta-analysis yaitu dengan cara mengumpulkan data dari hasil-hasil penelitian yang terindeks database pengindeks seperti Google Scholar, SINTA, dan Portal Garuda. Data yang diambil sesuai kriteria inklusi dan ekslusi penelitian ini untuk kemudian ditentukan nilai effect size (ES) dan standard error (SE). Hasil analisis data menggunakan software JASP menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran two stay two stray terhadap hasil belajar peserta didik sebesar 57% dengan estimasi dampak sebesar 0,567 yang termasuk kategori sedang. Sedangkan dari variabel moderator yang paling dominan terhadap hasil belajar terdapat pada jenjang SD yakni estimasinya sampai 0,82 atau sebesar 82% pada mata pelajaran IPS yakni 0,60 atau 60% yang termaksud kategori sangat kuat.

Keywords


Meta-Analisis; Two stay two stray; Hasil Belajar; Effect Size; Standard Error

Full Text:

PDF

References


Aisa, S., & Muhammada. (2018). Implementasi Media Gambar dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Mi. Roudlotul Mustarsyidin Keputran Bakalan Purwosari Pasuruan. Al-Murabbi: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 3(November), 149–164.

Antari, N. L. P. Y., Wiarta, I. W., & Putra, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV Universitas Pendidikan Ganesha. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–10.

Ariyani, Kasli, E., & Halim, A. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (tsts) untuk meningkatkan hasil belajarsiswa pada materi dinamika partikelkelas x-ipa 3 di man darussalam. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 2(1), 160–169.

Arthaningsih, N. K. J. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray melalui Lesson Study terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Technology, 2(4), 128–136.

Baxter, R., Hastings, N., Law, A., & Glass, E. J. . (2008). Pengertian Proses Pembelajaran Pembelajaran. Animal Genetics, 39(5), 561–563.

Eviliyanida. (2011). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF. Visipena Journal, 2(1), 21–27. https://doi.org/10.46244/visipena.v2i1.36

Gumay, O. P. U. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas 8 SMP Negeri 3 Lubuklinggau. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 1(1), 49–58. https://doi.org/10.31539/spej.v1i1.102

Habibi, Z., & Rusimamto, P. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS ( Two Stay Two Stray ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 66(3), 669–677.

Japa, G. N., Arini, N. W., & Ratna, N. K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tsts

| Jurnal Elementary | Vol. 4, No. 2, Juli 2021, hal 97-102

Terintegrasi Nilai Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 87. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20817

Kadiriandi, R., & Ruyadi, Y. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Model Two Stay Two Stray (Tsts) Terhadap Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Sosiologi Di Sma Pasundan 3 Bandung. SOSIETAS, 7(2). https://doi.org/10.17509/sosietas.v7i2.10362

Maryuni, S., Eka, A., & Pardi. (2019). Sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Dalam Meningkatkan Partisipasi Kepesertaan Mandiri BPJS Kesehatan Di Desa Sungai Belidak Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Spirit Publik, 14(1), 1–15.

Masdalifah, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 10(1). https://doi.org/10.24114/jtp.v10i1.8717

Misyani, M. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Pengukuran Sudut Pelajaran Matematika Melalui Penerapkan Pembelajaran Two Stray Two Stay Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Merigi Kabupaten Kepahiang. Jurnal PGSD, 11(2), 120–127. https://doi.org/10.33369/pgsd.11.2.120-127

Mulyantini, N. L. D., Suranata, K., & ... (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Minat Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. MIMBAR PGSD ….

Mustika, M. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang. Jurnal Riset Fisika Edukasi Dan Sains, 2(2), 83–89. https://doi.org/10.22202/jrfes.2016.v2i2.2437

Negara, H. R. P., Syaharuddin, S., Kurniawati, K. R. A., Mandailina, V., & Santosa, F. H. (2019). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Media Belajar Berbasis Android Menggunakan Mit App Inventor. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(2), 42. https://doi.org/10.31764/jpmb.v2i2.887

Nisa, E. N., Rusilowati, A., & Wardani, S. (2019). The Analysis of Student Science Literacy in Terms of Interpersonal Intelligence. Journal of Primary Education, 8(2), 161–168.

Putra, I. G. N. K., Nugraha, I. N. P., & Dantes, K. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Chasis Siswa Kelas Xi Tkr Ii Di Smk Negeri 3 Singaraja Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 5(3). https://doi.org/10.23887/jjtm.v5i3.20278

Rahmawati, E. Y. (2018). Analysis of Students’ English Reading Comprehension through KWL (Know-Want-Learn) Learning Strategies. International Journal of Language Teaching and Education, 2(3), 238–247. https://doi.org/10.22437/ijolte.v2i3.5641

Rediarta. (2014). Pengaruh Model Kooperatif Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Ipa Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 11.

Rezeki, S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Novick. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3). https://doi.org/10.30998/sap.v1i3.1203

Sari, A. P., Pelu, M. F. A., Dewi, I. K., Ismail, M., Siregar, R. T., Mistriani, N., Marit, E. L., Killa, M. F., Bonaraja Purba, E., Lifchatullaillah, N., Ferinia, R., & Sudarmanto, E. (2020). Ekonomi Kreatif. In Yayasan Kita Menulis (Vol. 53, Issue 9).

Suandika, I. K. A., Nugraha, I. N. P., & Dewi, L. J. E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Otomotif Siswa Kelas X TKRO SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 8(2), 69. https://doi.org/10.23887/jptm.v8i2.27599

Wahyuni, I., & Samosir, H. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Getaran Dan Gelombang Di Kelas Viii Smp Negeri 1 Lima Puluh T.P 2013/2014. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 3(1). https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i1.8022

Wijana, I. K. A., Raga, G., & Suwatra, I. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Tsts Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Di Desa Kaliasem Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng. Mimbar Pgsd, 2(1).

Yulianti, R., Safi, & Murni. (2018). An Analysis of the Justice Values to Legal Protection for Traditional People from Coastal Reclamation Threat in Coastal Areas. SHS Web of Conferences, 54, 04004. https://doi.org/10.1051/shsconf/20185404004

Yusuf, V. H., Sutiarso, S., & Noer, S. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 8–18.




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v4i2.5209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: