PENGEMBANGAN PERANGKAT PRAKTIKUM ONLINE IPA SD BERBASIS HOME MATERIALS DIMASA PANDEMI COVID 19

Nanang Rahman, Haifaturrahmah Haifaturrahmah, Nursina Sari

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian adalah sebagai berikut: (1) mengembangkan perangkat praktikum berbasis home materials, (2) mengetahui efektifitas perangkat praktikum online IPA berbasis home materials pada masa pandemic Covid 19. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah pengembangan secara prosedural dimana langkah-langkahnya dijelaskan secara kongkrit dan rinci. Prosedur pengembangan yang dilakukan mengacu kepada prosedur yang dikembangkan oleh Borg & Galls. Berdasarkan hasil peneltian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan: (1) Perangkat praktikum yang dikembangkan mengggunakan prosedur sebagai berikut: pengembangan produk awal, validasi ahli, uji coba terbatas dan uji coba lapangan, (2) Berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli media dan desain pembelajaran diperoleh nilai rata-rata sebesar 90,66% yang termasuk dalam kategori valid dan berdasarkan hasil uji coba terbatas didapatkan indormasasi bahwa hasil kepraktisan sebesar 86,2 yang termasuk dalam kategori sangat praktis, (3) Berdasarkan hasil uji kemampuan hasil praktikum diperoleh persentase siswa yang tuntas sebesar 93,75 %.

Keywords


Praktikum online, Home materials, Pandemic covid-19

Full Text:

PDF

References


Abrahams, I., & Millar, R. (2010). Does practical work really work? A study on the effectiveness of practical work as a teaching and learning method in school science. International Journal of Science Education, Vol.30, No.14.

Adib, RS. (2020). Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak JauhTopik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19). Jurnal Edukatif, Vol. 2, No.1

Arfiyanti, H. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inquiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Pemahakan Konsep Koloid. Tesis. Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Borg, W. R. & Gall, M. D. (2003). Educational research: An introduction (4th ed). New York: Longman Inc.

Das, S., Agung, WS., Pujianto. (2011). Pelatihan Pengembangan Praktikum IPA Berbasis Lingkungan. Jurnal Inotek, Vol.15, No. 1.

Flowers, L. O. (2011). Investigating the effectiveness of virtual laboratories in an undergraduate biology course. The Journal of Human Resource and Adult Learning, Vol. 7, No. 2.

Firman & Sari,RR. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal Of Education Science (IJES). Vol. 2, No. 2.

Heryadi, D. (2012). Model Pembelajaran inkuiri bebas yang dimodifikasi untuk meningkatkan penguasaan konsep fluida statis dan berpikir kreatif siswa SMA. Tesis. Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

I Dewa, SP., Wahyuni, S,I.G.A., Widiasih, NN.(2015). Pengembangan perangkat praktikum berorientasi lingkungan penunjang pembelajaran IPA SD sesuai kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia , Vol. 4, No.2.

Jaka,WK & Hamidah (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol.5, No.1

Korucu, A. T., & Alkan, A. (2011). Differences between m-learning (mobile learning) and e-learning, basic terminology and usage of m-learning in education. Procedia - Social and Behavioral Sciences.

Kumar, V., & Nanda, P. (2018). Social Media in Higher Education. International Journal of Information and Communication Technology Education. Vol 10, No. 7

Lovy H,. Fuaddunnazmi, Habibi. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle Pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Volume I No 3,

Malik, A. (2010). Model pembelajaran inkuiri dengan menggunakan virtual laboratorydan real laboratory untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada topik listrik dinamis. Tesis. Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.10.001

Nanang R, (2018). Pengembangan Subjek Specifik Pedagogik (SSP) Praktikum IPA Terpadu SD Berbasis Home Materials Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal elementary. Vol. 1, No.1.

Nanang, R., Linda S., Nizar,M. (2016). Pengembangan buku petunjuk praktikum IPA terpadu SD berbasis home materials untuk pembentukan karakter peserta didik. Jurnal Biota. Vol.7,No.2.

Nurita, P. 2013. Cara Membuat Media Pembelajaran Online Menggunakan Edmodo. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, Vol. 2, No. 2,

Prihartini, L. (2012). Upaya meningkatkan hasil belajar dan berpikir kreatif siswa melalui multimedia interaktif pada materi sistem saraf. Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Saifuddin Azwar. (2010). Tes prestasi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Scheckler, R. K. (2013). Virtual labs: A Subtitute for traditional labs?. International Journal Developmental Biology, Vol. 47, No. 2.

Solehudin, M. (2010). Kegiatan laboratorium pemecahan masalah pada topik alat indra untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif, sikap ilmiah dan penguasaan konsep siswa SMA. Tesis. Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Sumintono, B. 2010. “Pengajaran Sains dengan Praktikum Laboratorium: Perspektif dari Guru Sains SDN di Kota Cimahi”. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol 15, No. 2.

Susanti, D. (2009). Penggunaan laboratorium virtual optik dalam kegiatan praktikum inkuiri untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains mahasiswa calon guru. Tesis. Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Sutrisno (2020). peningkatan aktivitas dan hasil belajar melalui pembelajaran online dengan google classroom di masa pandemi covid-19. Jurnal Karya Ilmiah Guru. Vol.5, No.1

Syarif, H.,Umu, K., Irany,W., Ryan G, Abdul W. (2020). Implementasi Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone And McLean Terhadap Sistem Pembelajaran Berbasis Aplikasi Zoom Di Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika. Vol.6, No.1

Zainal,A., Rumansyah, Kurniawan,A. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusikegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19 . Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Vol 5, No. 1

Zhang, D., Zhao, J. L., Zhou, L., & Nunamaker, J. F. (2014). Can e-learning replace classroom learning? Communications of the ACM.

https://doi.org/10.1145/986213.986216




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v4i2.5213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: