PENGARUH GAWAI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Anti Muthmainnah, Triana Lestari

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis: (1) Pengaruh gawai terhadap kemandirian belajar siswa saat PJJ, dan (2) Kendala penggunaan gawai pada siswa SD selama PJJ. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif, dengan data yang dikumpulkan dengan mengajukan beberapa pertanyaan dalam bentuk kuesioner yang disebarkan secara online melalui aplikasi WhatsApp dengan link google form. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan gawai membawa pengaruh terhadap kemandirian belajar siswa selama Pembelajaran Jarak Jauh, yaitu siswa mencari jawaban yang instan ketika di beri tugas oleh guru, siswa menjadi lebih malas belajar di rumah, dan siswa malah menyalahgunakan penggunaan gawai ketika belajar. Banyak pula kendala yang dihadapi siswa selama Pembelajaran Jarak Jauh, yaitu siswa kesulitan belajar jika harus memakai gawai orang tua, pengeluaran dana dalam pembelian paket internet meningkat, dan siswa sering mengalami kendala jaringan ketika belajar. Penelitian ini dapat berguna bagi pembaca serta orang tua, guru, dan siswa agar dapat meningkatkan kesadaran pengaruh gawai terhadap kemandirian belajar siswa selama Pembelajaran Jarak Jauh.

Keywords


1. Gawai 2. Kemandirian Belajar 3. Pembelajaran Jarak Jauh

Full Text:

PDF

References


Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281-288.

Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja RosdaKarya.

Haryadi, R., & Selviani, F. (2021). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19. Academy of Education Journal, 12(2), 254-261.

Hayati, N. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi di Pondok Pesantren Darunajah 2 Bogor. RESIPROKAL: Jurnal Riset Sosiologi Progresif Aktual, 2(2), 151-159.

Lubis, W. (2020). ANALISIS EFEKTIVITAS BELAJAR PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DI MASA PANDEMI COVID-19. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 132-141.

Mawali, H. (2018). PENGARUH GAWAI DAN PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT MEMBACA SISWA DI MAN 1 YOGYAKARTA.

Megawanti, P. (2020). Persepsi Peserta Didik Terhadap PJJ pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Faktor UNINDRA, 7(2), 75-82.

Rasyida, H. (2020). Efektivitas Kuliah Daring Di Tengah Pandemik.

Rofi'ah, R. (2021). Problematika Orang Tua Mendampingi Anak Saat Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi COVID-19 Dan Solusi Pemecahannya. CONSEILS: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 1(1), 51-57.

Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya melatih kemandirian anak. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(1), 31-46.

Sun’iyah, S. L. (2020). Sinergi Peran Guru dan Orang Tua Dalam Mewujudkan Keberhasilan Pembelajaran Pai Tingkat Pendidikan Dasar Di Era Pandemi COVID-19.DAR EL-ILMI: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora,7(2), 1-16.

Tahar, I. (2006). Hubungan kemandirian belajar dan hasil belajar pada pendidikan jarak jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 7(2), 91-101.

Wahyuningsih, K. S. (2021). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA DHARMA PRAJA DENPASAR. PANGKAJA: JURNAL AGAMA HINDU, 24(1), 107-118.

Wardhani, T. Z.Y., & Krisnani, H. (2020). Optimalisasi Peran Pengawasan Orang Tua Dalam Pelaksanaan Sekolah Online Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat,7 (1), 48-59.

Yusri, D., Dausat, J., Adnin, A. Y., & Sahrul, S. (2020). ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING:(Studi Tentang Model dan Penerapannya di MTs Swasta Zakiyun Najah Sei Rampah). Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam, 1(2), 1-18.




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v4i2.5214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: