PENGGUNAAN MEDIA REALIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Algiranto Algiranto, Umar Yampap, Rudolfus Ruma Bay

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan media realia pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Merauke. Penelitian Tindakan Kelas pada siklus I dan Siklus II. Hasil siklus I 2,87 dan siklus II 3,53 sangat baik, aktivitas siswa pada siklus I 2,40 dan siklus II 3,40 kategori baik dan hasil belajar. Siklus I 64,9 kategori baik dan siklus II 71,83 kategori baik. Siklus I 53,33 dan siklus II 100% kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, hal tersebut meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perpindahan panas.

Keywords


Media Realia, Hasil Belajar, Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Nashar (2003) Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Dela Press

Trianto (2007) Model-model Pembelajaran iInovatif berorientasi kontruktivistik.Jakarta: Prestasi Pustaka

Asra, Deni Darmawan dan Cepi Riana. 2007. Komputer dan Media Pembelajaran di SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Endriani, Ani. (2011). Jenis-jenis Media.. http://aniendriani.blogspot.com/2011/03/jenis-jenis media.html. (diakses tanggal 5 Februari 2020.

A. S. P. Oyarzo, M. A. P. Vargas, J. E. R. Reyes, R. S. Ramirez, Realia and Vocabulary Learning among Young Learners (Universidad de Magallanes, Facultated de Humanidades, Departamento de Educación, Chile, 2008

Jihad, A dan Abdul Haris. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo

Wiriaatmadja Rochiati (2012). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Poerwanti, Endang. Dkk. 2008. Assesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas

Sudjono, A. (2005). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Grafindo Persada

Sudjana, Nana. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algensindo.

Baharudin dan Esa Nur Wahyuni, 2007. Teori Belajar Dan Pembelajaran, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Sutirman. (2013). Media & Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyalarta: Graha Ilmu

M. R. Awaliya, M. Ariani, M. A. Andayani, The effect of using real objects or realia on the eight grade students’ descriptive paragraph writing achievement at SMP Argopuro 2 Suci Panti Jember in 2013/2014 academic year (Universitas Jember, Jember, 2014)




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v4i2.5216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: