KONSERVASI PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PERKEMBANGAN GERAK LOKOMOTOR ANAK USIA DINI
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk melakukan eksperimen dalam rangka mengkonservasi permainan-permainan tradisiona lagar tidak punah karena tergerus oleh arus digitalisasi baik pembelajaran ataupun dalam pemenuhan kebutuhan-kebutuhan hidup orang banyak. Disamping itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui sejauh mana konservasi permainan ini dapat memberikan dapmak pada perkembangan keterampilan gerak lokomotor anak-anak usia dini di wilayah kecamatan Koroncong Kabupaten Pandeglang. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan untuk memahami, menguraikan dan bahkan menjelaskan fenomena sosial yang ada dengan cara menganalisis pengalaman dari individu-individu atau kelompok (misalnya masyarakat,. menganalisis interaksi dan komunikasi setiap individu atau kelompok. menganalisis dokumen- dokumen (misalnya teks, gambar, film atau musik). dari hasil penelitian tampak bahwa pemainan tradisional khusunya permainan kucing tikus dan engklek dapat digunakan sebagai strategi pembelajaran dalam melatih perkembangan keterampilan gerak dasar lokomotor anak-anak usia dini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Buku
Marquis-Kyle, P. & Walker, M. The Illustrated BURRA CHARTER. Making good decisions about the care of important places. Australia: ICOMOS, 1996.
Jurnal
PS Permon, Anggit W, RS. Pratama, “Journal of Sport Coaching and Physical Education, 6 (1) (2021) : 63 – 68
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jscpe
LMS. Hadisaputra, dkk, Jurnal Mitra Pendidikan, Vol .3, No. 2, . Februari 2019, h 253-267 http://e-jurnalmitrapendidikan.com
I. Maria and R. Novianti, “Efek Penggunaan Gadget pada Masa Pandemi Covid-19 terhadap Perilaku Anak ( The Effects of Using Gadgets during the Covid-19 Pandemic on Children ’ s Behaviour ),” vol. 3, no. 2, pp. 74–81, 2020
A. Dusun and B. Krian, “Pelestarian dolanan tradisional kurangi kecanduan gadget pada anak dusun bendomungal krian sidoarjo.”
Y. G. Sejati, U. Nurlaili, P. Islam, A. Usia, U. M. Gresik, and A. U. Dini, “Meminimalisir Penggunaan Gadget,” pp. 1–7
F. Rohayani, “Menjawab Problematika Yang Dihadapi Anak Usia Dini di Masa,” Qawwam J. Gend. Mainstreaming, vol. 14, no. 1, pp. 29–50, 2020.
S. Kartianti, F. Laluba, S. Tjepa, R. Laluba, K. Halimongo, and Y. Balitang, “Research & Learning in Primary Education,” vol. 2, 2020.
F. P. Heynoek and R. Kurniawan, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Discovery Learning Materi Gerak Lokomotor Kelas Rendah Sekolah Dasar,” vol. 2, no. 8, pp. 384–394, 2020.
A. Muazimah and I. W. Wahyuni, “Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Melalui Permainan Tradisional Tarik Upih Dalam Meningkatkan Motorik Kasar Anak. Ajriah Muazimah, Ida Windi Wahyuni,” Gener. EMAS J. Pendidik. Islam Anak Usia Din, vol. 3, no. 1, pp. 70–76, 2020.
Erdanelli and N. Hazizah, “Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Leng-Kaleleng,” J. Halaqah, vol. 2, no. 2, pp. 213–220, 2020.
aFatmawati, “Analisis Permainan Tradisional Terhadap Perkembangan Keterampilan Fisik Motorik Anak Kelas 1 Sekolah Dasar Jabal Nur,” J. Ilm. MAKSITEK, vol. 5, no. 3, pp. 1689–1699, 2020.
O Witasari and N. A. Wiyanti, “Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini Oleh,” JECED J. Early Child. Educ. Dev., vol. 2, no. 1, pp. 52–63, 2020
Devrizal Dev, Riswanti Rini dan Nia Fatmawati, “Permainan Tradisional Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak di PAUD Cahaya Kartini Bandar Lampung” J. Pendidikan Anak, Vol.5, No. 1, 2019.
Iis Nurhayati, “Peran Permainan Tradisional dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di PAUD Geger Sunten” J. Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, vol.1 No. 2, 2012.
A Metta Apriliani, Yasbiati dan Elan, “Meningkatkan Keterampilan Gerak Lokomotor Anak Usia 5-6 Tahun di Kelas B Hijau melalui Permainan Engklek Rintangan di TK Negeri Pembina Kota Tasikmalaya”. J. PAUD Agapedia, Vol. 3, No. 2, 2019.
Artikel/Modul/Diktat
https://mediaindonesia.com/opini/123917/membentuk-karakter-lewat-permainan-tradisional
DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v5i1.5303
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:
Alamat Redaksi: