Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Keka IV Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negri Pasar Baru 1 Kota Tangerang

Liana Irma Susanti

Abstract


Pendidikan merupakan kebutuhan bagi setiap individu baik dikalangan anak-anak remaja, dewasa, ataupun lanjut usia sampai kapan dan dimanapun ia berada akan melekat sepanjang hayat. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran keterampilan berbicara siswa di kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan yang dialami siswa sekolah dasar dalam keterampilan berbicara siswa yaitu siswa merasa kesulitan dalam berbicara di depan kelas dan masih terbata bata untuk berbicara/bercerita. Waktu pelaksanaan pengambilan data dimulai pada 06 Agustus 2021 hingga selesai. Subjek dalam studi pendahuluan ini adalah siswa kelas IV D dan 1 guru kelas IV D SD Negeri Pasar Baru 1 Kota Tangerang.

Full Text:

PDF

References


Abdul Chaer. 2019. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia (ke-2). Pt Rineka Cipta.

Abidin, Y. Z. 2013. Pengantar Retorika (ke-1). CV Pustaka Setia.

Dilla Fadhillah, Hamdah Siti Hamansah, N. L. 2019. Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Tinggi (Ke-1). Samudra Biru.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Tindakan (Ke-1). Alfabeta cv.

Susanti, E. (2020). keterampilan berbicara (ke-1). Pt Rajagrafindo Persada.

Tariagan, H. G. (2018). Berbicara. Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v5i1.5434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: