STRATEGI GURU KELAS DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA PADA SISWA KELAS 2 SDN SUKASARI II KABUPATEN TANGERANG

Na'imatul Jannah, Dilla Fadhila, Enawar Enawar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengatasi siswa yang berkesulitan membaca pada kelas II di SDN Sukasari II. Peneltian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deksriptif. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas II dan orang tua siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sukasari II pada bulan Juli sampai September 2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menerapkan strategi guru melakukan sebuah persiapan dan perencanaan. Dalam perencanaannya itu antara lain yang pertama melihat kemampuan siswa dan menentukan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Selanjutnya yang kedua, guru menggunakan bahan ajar membaca untuk membimbing siswa belajar membaca. Ketiga, guru menggunakan strategi yang telah dibuat untuk membimbing siswa membaca.


Keywords


Strategi guru, Kesulitan membaca, sekolah dasar, penelitian kualitatif

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis,dan Remediasinya. Cet ke-1. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ananda, R. (2018). Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Cet ke-1. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.

Dalman. (2017). Keterampilan Membaca. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Fadhillah, D. Hamsanah, S.H. dan Latifah, N. (2019). Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Tinggi. Yogyakarta: Samudra Biru.

Jamaris, M. (2015). Kesulitan Belajar: Perspektif, Assesmen, dan Penanggulangannya Bagi anak Usia Dini dan Usia Sekolah. Cet ke-2. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran. Cet ke-1. Medan: Perdana Publishing.

Rosnaningsih, A., Rini, C. P,. Wulandari, A. S. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Cet ke-3. Kerjasama El-Nisa Publisher & Penerbit Pupa.

Sanjaya, W. (2018). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Cet ke-10. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sapuadi. (2019). Strategi Pembelajaran. Medan: Harapan Cerdas.

Subini, N. (2017). Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak. Cet ke-2. Yogyakarta: Javalitera.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Cet ke-23. Bandung: CV Alfabeta.

Wiyani, N. A. (2015). Etika Profesi Keguruan. Cet ke-1. Yogyakarta: Penerbit Gava.




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v5i1.5786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: