ANALISIS KELAYAKAN LKS DENGAN METODE SQ3R BERBASIS HOTS PADA DIMENSI PENGETAHUAN DI SDN KOTA CIREBON

Iis Yeni Sugiarti, Rahmad Khodari

Abstract


Abstrak: LKS dibutuhkan peserta didik dalam membantu proses penyelidikan, pemecahan masalah dan mengasah kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Suatu produk harus diuji kelayakannya agar dapat digunakan dengan kualitas pembelajaran yang baik. Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan LKS yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D). Prosedur pengembangan mengadopsi pada model Plomp yang terdiri dari lima tahapan. Tahapan investigasi awal dan perancangan sudah dilaksanakan pada penelitian sebelumnya. Tahap yang dilakukan pada penelitian ini yaitu tahap realisasi/ konstruksi serta pada tahap tes, evaluasi dan revisi. Analisis kelayakan LKS mengacu pada standar mutu bahan ajar BNSP dan diuji oleh ahli substansi dan ahli media. Peroleh skor dari ahli subtansi yaitu 87 sedangkan dari ahli media yaitu 89 dengan masing-masing kriteria layak, artinya LKS dengan metode SQ3R berbasis HOTS dapat digunakan dengan sedikit revisi. Perlunya penelitian lanjutan sebagai bentuk implementasi LKS dengan metode SQ3R berbasis HOTS pada skala terbatas dan skala luas. LKS ini juga bisa dikembangkan menjadi LKS Digital sesuai dengan kebutuhan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Kata Kunci: Analisis Kelayakan, LKS, Metode SQ3R, dan HOTS

 

Abstract:  Student worksheets are needed by students in helping the process of investigation, problem-solving, and honing critical and creative thinking skills. A product must be tested for feasibility so that it can be used with good learning quality. This research is follow-up research. This study aims to analyze the feasibility of the developed student worksheet. This type of research is research and development (R&D). The development procedure adopted the Plomp model which consists of five stages. The preliminary investigation and design stages have been carried out in previous studies. The stages carried out in this research are the realization/construction stage as well as the test, evaluation, and revision stages. The feasibility analysis of student worksheets refers to the quality standards of BNSP teaching materials and is tested by substance and media experts. Student worksheets are needed by students in helping the process of investigation, problem-solving, and honing critical and creative The score from the substance is 87 while the media is 89 with each appropriate criteria, meaning that the Student worksheets with the HOTS-based SQ3R method can be used with a little revision. The need for further research as a form of implementing Student worksheets with the HOTS-based SQ3R method on a limited and wide scale. This Student worksheets can also be developed into Digital Student worksheets according to the needs of Distance Learning.

Keywords: Feasibility Analysis, Student Worksheets, SQ3R Method, HOTS

Kata Kunci:

Analisis Kelayakan

LKS

Metode SQ3R

HOTS

Keywords


Feasibility Analysis, Student Worksheets, SQ3R Method, HOTS

Full Text:

PDF

References


Afifah, R. N. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Metode Percobaan. Science Activities, 12(2), 2086 – 2096. Retrieved from http://repository.upy.ac.id/227/

Apriani, H., Rizkiana, F., & Khairunnisa, Y. (2020). Development of Junior High School Science Student Worksheet Based Guided Inquiry on Matter and Its Characteristic Materials. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(2), 135–148.

Aprilia, A., Zuliani, R., Rini, C. P., & Unaenah, E. (2020). PENGEMBANGAN LKS BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN PONDOK PUCUNG 01 KOTA TANGERANG SELATAN. Indonesian Journal of Elementary Education, 2(1), 52–61.

Asmawati, E. Y. (2015). Lembar Kerja Siswa (Lks) Menggunakan Model Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1). https://doi.org/10.24127/jpf.v3i1.13

Farihah, Nailul; Imanah, Ulil Nurul; Hidayati, E. W. (2018). PENGEMBANGAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI BARISAN DAN DERET BILANGAN. Majamath, 1(2), 142–154.

Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika untuk Siswa SMP Berdasarkan Teori Belajar Ausubel Rahmita. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 182. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10644

Hanifah, N. (2019). Pengembangan instrumen penilaian Higher Order Thinking Skill ( HOTS ) di sekolah dasar. Conference Series, 1(1), 1–8. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/crecs/article/view/14286

Husnawati, A., Hartono, H., & Masturi, M. (2019). Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Fisika Kelas VIII SMP Materi Gerak Pada Benda. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(2), 133–140. https://doi.org/10.15294/upej.v8i2.33320

Jayanti, I. B. R., Suyidno, S., & Hartini, S. (2014). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Dan Media Pembelajaran Inkuiri Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.20527/bipf.v2i1.802

Juwita, T., Ilmiyati, N., & Maladona, A. (2017). ANALISIS KELAYAKAN BUKU TEKS SISWA IPA KURIKULUM 2013 PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS VIII UNTUK DIGUNAKAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN DITINJAU DARI RELEVANSI ISI, KETEPATAN DAN KOMPLEKSITAS. Jurnal Bio Educatio, 2(April), 63–70.

Nugraheni, A. A., & Yunianta, T. N. H. (2018). Penerapan Metode SQ3R Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kelas VIII Materi Fungsi Di Smp Negeri 2 Mojosongo Boyolali. Jurnal Genta Mulia, IX(1), 122–133. Retrieved from file:///C:/Users/43U/Downloads/149-274-1-SM.pdf

Sani, M. M. R., Meha, A. M., & Nenotek, S. A. (2020). Penerapan Model Siklus Belajar 5E Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Siswa di SMP Adhyaksa 2 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 3(1), 15–23. https://doi.org/10.24246/juses.v3i1p15-23

Sinaga, E. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode SQ3R pada Siswa SMP Negeri 1 Selesai Tahun Ajaran 2017-2018. JURNAL TABULARASA, 15(1), 111–117.

Sugiarti, I. Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPS Dengan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Peta Pikiran. Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 9(2), 59–68.

Usman, R. (2015). PENGGUNAAN METODE SQ3R DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAMAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 12 PEKANBARU. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 105–114.

Wijaya, L. T. T., Jamaluddin, J., & Hadiprayitno, G. (2020). Penguasaan Konsep Sains Peserta Didik SMP Berdasarkan Dimensi Proses Kognitif dan Dimensi Pengetahuan. Jurnal Pijar Mipa, 15(4), 357. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i4.1912




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v5i1.6268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: