ANALISIS KESULITAN BELAJAR DARING PADA PESERTA DIDIK DISKALKULIA

Tustiyana Windiyani Yani

Abstract


Penelitian ini menggunakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar daring pada peserta didik diskalkulia di SDN Sawangan 01 Kota Depok Tahun 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah salah satu peserta didik yang berasal dari SDN Sawangan 01 Kota Depok Tahun 2021/2022. Tata cara pengumpulan data dan pencatatan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data dan verifikasi (pengambilan kesimpulan). Peneliti menggunakan uji kreadibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmalitas untuk memperoleh hasil penelitian menunjukan bahwa kesulitan belajar daring pada peserta didik diskalkulia di SDN Sawangan 01 Menunjukan bahwa faktor penyebab kesulitan belajar daring pada peserta didik diskalkulia yaitu, faktor internal dan eksternal, berasal dari dalam diri peserta didik yang kurang minat belajar apalagi terhadap matematika, ketidak mampuan peserta didik mengerjakan soal matematika dalam oprasi hitung, perkalian, pembagian, pengurangan dan penjumlahan, kesulitan mengenal simbol-simbol dalam belajar matematika, kurangnya rasa percaya diri, kurangnya dukungan dan motivasi dari anggota keluarga, lingkungan sekitar yang membuat dia suka bermain dan guru yang memberikan soal berbeda dengan contoh. Upaya yang dilakukan guru dalam kesulitan belajar daring yaitu mengadakan home visit agar subjek paham apa yang telah dipelajari dan memberikan motivasi dapat membangkitkan subjek dalam kesulitan belajar daring.

Keywords


Kesulit Belajar Daring; Diskalkulia

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2012.

Agustin. 2011. Permasalahan Belajar dan Motivasi Pembelajaran: Panduan Untuk Guru, Konselor, Psikolog, Orang Tua dan Tenaga Kependidikan. Bandung: PT Refika Aditama

Aziz, Hamka Abdul. 2012. Karakter Guru Profesional Melahirkan Murid Unggul Menjawab Tantangan Masa Depan. Jakarta: AlMawardi Prima

Daryanto dan Farid Muhammad. 2015. Bimbingan Konseling Paduan Guru BK dan Guru Umum. Jogyakarta: Gava Media

Djamarah,Syaiful Bahri. 2011. Psikolog Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Emirfan. 2012. Panduan Lengkap Orang Tua & Guru untuk Anak dengan Diskalkulia (Kesulitan Berhitung). Pemekasa: Javalitera

KBBI. 2020. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). In Kementerian

Sagala. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sugiono. 2015. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Wahab, Rohmalina. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers. Jurnal

Cahyana, dkk. 2019. Implementing Orton-Gilingham Metgod in Develiping Application for Learning Hijaiyah Letters for Intellectual Disabillity Studnt A Brief Analysis. International Journal of Engineering & Tecnology 8(1.9), 172-175

Ivanova, T., Gubanova, N., Shakirova, I., & Musutoh F. 2020. Educational Technology As One The Terms For Enhancing Public Speaking Skills. Universidad y Sociedad.

Masroza. 2013. Prevelensi Anak Berkesulitan Belajar Disekolah Dasar Sekecamatan Pauh Padang. Diakses: 30 Maret 2021

Sudha, P., & Shalini, A. 2014. Dyscalkulia: A Specifik Learning Disability Among Childern. International Journal Of Advanced Scientific and Technical Research, 2(4). 912-918

Suharmini, T. 2015. Aspek-Aspek Psikologis Anak Diskalkulia. Jurnal Pendidikan Khusus. Vol.1.(2)

Sunariah, Rijal. 2017. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, (S.I), Vol.9.(1)hal. 93-110

Tustiyana W, Lina N, Ananda R.,S. 2020. Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar.

Zulaihan, D., Lian., &Mulyadi, M. 2020. The Effect of Principal’s Competence and Community Participation on the Quality of Educational Services. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 45-57.




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v5i1.7119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: