PENGARUH PENERAPAN APLIKASI KABIBU (KALKULATOR BILANGAN BULAT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DALAM MEMAHAMI MATERI OPERASI BILANGAN BULAT

Rika Luviana, Dina Nuryani, Shelly Ainun Maulida

Abstract


Penelitian ini membahas tentang pengaruh penerapan aplikasi KABIBU (Kalkulator Bilangan Bulat) terhadap hasil belajar siswa kelas V dalam memahami materi operasi bilangan bulat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari hasil pre-test dan post-test yang diuji menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji-W (Wilcoxon), dan Uji Spearman. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aplikasi KABIBU (Kalkulator Bilangan Bulat) memberikan peningkatan hasil belajar sebesar 62,70 dengan pengaruh 7,45%.

Keywords


Audio Visual, Bilangan Bulat, Matematika, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Yufri. 2021. “Analisis Persiapan Guru Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(4):2415–22.

Aripin, Ipin. 2018. “Konsep Dan Aplikasi Mobile Learning Dalam Pembelajaran Biologi.” Jurnal Bio Educatio 3(April):1–9.

Hanafri, Muhammad Iqbal, Muchamad Iqbal, and Aditya Budi Prasetyo. 2019. “Perancangan Aplikasi Interaktif Pembelajaran Pengenalan Komputer Dasar Untuk Siswa Sekolah Dasar Berbasis Android.” Jurnal Sisfotek Global 9(1):87–92.

Harefa, Darmawan, and Hestu Tansil La’ia. 2021. “Media Pembelajaran Audio Video Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 7(2):327. doi: 10.37905/aksara.7.2.327-338.2021.

Tri Wulandari, and Adam Mudinillah. 2022. “Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA Sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD.” Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA) 2(1):102–18. doi: 10.32665/jurmia.v2i1.245.

Muhyani, D. (2019). Metodologi Penelitian Cara Mudah Melakukan Penelitian.




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v5i2.8975

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: