PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

Muhamad Ginanjar Ganeswara, Nur Hikmah, Resyi A. Gani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar matematika. Jenis penelitian kuantitatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sukadamai 3 Kota Bogor berjumlah 90 peserta didik, dilaksanakan pada semester genap 2020/2021. Teknik pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas Liliefors, kemudian dilakukan pengujian homogenitas dengan uji Fisher untuk menunjukan populasi bersifat homogen. Data yang dinyatakan normal dan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar matematika. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 49,12 + 0,41X. Hasil penelitian ini ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefesien korelasi (rxy) sebesar 0,47 yang berada pada interval 0,400-0,599 yang berarti pengaruhnya sedang. Sedangkan koefesien determinasi sebesar 22,09%. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana pembelajaran daring terhadap minat belajar matematika menghasilkan suatu pengaruh yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 49,12+0,41x, yang berarti setiap kenaikan unit pembelajaran daring menyebabkan kenaikan minat belajar matematika sebesar 0,41 unit. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sukadamai 3 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021.

Keywords


Pembelajaran Daring; Minat Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Buku

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model. In Nizmania Learning Center.

Sudarsana, D. (2020). COVID-19 PERSPEKTIF PENDIDIKAN. Yayasan Kita Menulis.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. PRENAMEDIA GROUP.

Jurnal

Apriliana, S. M., & Sukmawati, W. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Di Kelas II SDN Lumpang 01. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 329–335. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1504

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Deepublish, 1(1), 131. http://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-3642-ari pambudi.pdf%0Ahttp://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jst/article/view/842%0Ahttp://ilmukomputer.org

Dewi, D. P., & Nura, A. (2021). Pengaruh Pemanfaatan E-Learning dan Minat Belajar Terhadap Perilaku Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Stambuk 2017 Universitas Negeri Medan. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 2(4), 83–105. https://doi.org/10.47747/jismab.v2i4.496

Matrona. (2016). Upaya Meningkatkan Minat Belajar PKN Siswa Dengan Menggunakan Media Visual Di Kelas 1 SDN 59 KM 2 Ngabang Kabupaten Landak. Jurnal Edukasi, 14(1), 83–93. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/edukasi/article/download/287/28

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072

Purnamasari, R. & Abdul, R.G. (2019) Implementasi Model Learning Cycle 7e Melalui Penggunaan Peta Konsep Bermedia Komputer Pada Mata Kuliah Geometri. Jurnal Pendidikan Dasar P-ISSN 2086-7433 E-ISSN 2549-5801 DOI: doi.org/10.21009/JPD.092.06.

Yanizon, A. (2016). Jurnal KOPASTA. Peran Orangtua Terhadap Perkembangan Moral Anak Dalam Keluarga, 3(2), 46–55.

Yanizon, A. (2016). Jurnal KOPASTA. Peran Orangtua Terhadap Perkembangan Moral Anak Dalam Keluarga, 3(2), 46–55.




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v5i2.9088

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: