ANALISIS BAHAN AJAR MATEMATIKA DI KELAS 2 SD N 6 PEMPATAN TAHUN 2022

Putu Beny Pradnyana, Ni Wayan Seniani, Ni Wayan Sri Darmayanti, I Kadek Pande Ardiyana

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Analisis Bahan Ajar Matematika Di Kelas 2 SD N 6 Pempatan Tahun 2022. Metode penelitian ini adalah metode penelitian Deskritif kualitatif. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan Teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas 2 SD N 6 Pempatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar matematika dikelas II secara umum di dalam komponen bahan ajarnya sudah lengkap dan berjalan dengan baik, namun ada beberapa kendala yang memerlukan pengembangan bahan ajar yang memuat seluruh komponen bahan ajar, didalam komponen bahan ajar yang terkandung pendahuluan, uraian materi, metode, dan evaluasi yang jelas.

Keywords


Bahan ajar matematika

Full Text:

PDF

References


Agustiari, P. K. R., Sudiarta, I. G. P., & Suparta, N. I. (2016). PENGARUH PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Prosiding Seminar Nasional MIPA .

Astuti, E. P., & Supriyono, S. (2020). Karakteristik Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 6(1). https://doi.org/10.37729/jpse.v6i1.6492

DWI ERMAWATI, Y., & YONISA KURNIAWAN, R. (2019). ANALISIS PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS INTRANET. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 7(2). https://doi.org/10.26740/jupe.v7n2.p67-70

Hasyim, R., & Umar, S. H. (2019). PERANAN GURU PPKN DALAM MENGEMBANGKAN MODEL PEMBELAJARAN (BAHAN AJAR) ABAD 21 DI SMP NEGRI 2 KOTA TERNATE. Jurnal Geocivic, 2(1). https://doi.org/10.33387/geocivic.v2i1.1469

Irawati, H., & Saifuddin, M. F. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Pengantar Profesi Guru Biologi Di Pendidikan Biologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. BIO-PEDAGOGI, 7(2), 96. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v7i2.27636

Kuliyatun, K. (2020). Kajian Hadis: Iman, Islam dan Ihsan dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(2). https://doi.org/10.32923/edugama.v6i2.1379

Matara, K. (2020). Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti (Studi Pustaka Pada Buku PAI dan BP Untuk SMK Kelas X). Irfani, 16(1). https://doi.org/10.30603/ir.v16i1.1759

Misrawati, M., & Suryana, D. (2021). Bahan Ajar Matematika Berbasis Model Pembelajaran Tematik terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 298–306. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1249

Mukhlesi Yeni, E., & Marisa, R. (2021). Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Berdasarkan Kurikulum 2013. VARIASI : Majalah Ilmiah Universitas Almuslim, 13(2). https://doi.org/10.51179/vrs.v13i2.531

Nurdyansyah, & Mutala’liah, N. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru Madrasa Ibtida’iyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 41(20).

Puspita, D., & Amalia, R. (2020). KOORDINASI BIMBINGAN KONSELING DENGAN GURU BIDANG STUDI MENGHADAPI SISWA BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 1–7. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.528

Rahim, F. R., & Suherman, D. S. (2021). Facing the Industrial Revolution 4 . 0 : Increasing Teacher Competence through the Technical Guidance on Making Digital Teaching Materials. Rahim, Fanny Rahmatina Suherman, Dea Stivani, 4(01).

Sucita, A., Lestari, D., Angraini, F., Selpiyanti, S., & Walid, A. (2020). EVALUASI PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 10 KOTA BENGKULU MENGGUNAKAN MODEL COUNTENANCE STAKE. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.52060/mp.v5i1.200

Sueni, N. M. (2019). Metode, Model dan Bentuk Model Pembelajaran. Wacana Saraswati, 19(2).

Sulistyani, N., & Deviana, T. (2019). Analisis Bahan Ajar Matematika Kelas V SD di Kota Malang. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 7(2).

Susilana, R. (2016). PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN DAN PELATIHAN GURU SEKOLAH DASAR BERBASIS BAHAN AJAR MODULAR MELALUI DUALMODE SYSTEM. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(1). https://doi.org/10.17509/jpp.v15i1.1286




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v5i2.9569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: