Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Adopsi E-Commerce terhadap Kinerja UMKM
Abstract
Abstract: The aim of this study is to investigate the influence of entrepreneurial orientation on E-commerce adoption and its impact on the performance of Small and Medium Enterprises (SMEs). Based on a systematic literature review using sources from Scopus, DOAJ, and Google Scholar published between 2014 and 2024, it was found that entrepreneurial orientation significantly facilitates proactive attitudes and behaviors in response to technological changes. This ultimately supports the digital transformation of SMEs through E-commerce adoption. Nevertheless, economic, social, and organizational factors also play crucial roles in the E-commerce adoption process by SMEs. The findings provide insights that enhancing performance through E-commerce requires SMEs to cultivate entrepreneurial orientations that enable effective adaptation and innovation with technology.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap adopsi E-Commerce serta dampaknya terhadap kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Berdasarkan tinjauan literatur sistematis yang menggunakan sumber dari Scopus, DOAj, dan Google Scholar dengan rentang waktu publikasi antara tahun 2014 hingga 2024, ditemukan bahwa orientasi kewirausahaan memberikan fasilitasi yang signifikan terhadap sikap dan perilaku proaktif dalam menghadapi perubahan teknologi. Hal ini pada akhirnya mendukung transformasi digital UMKM melalui adopsi E-Commerce. Meskipun demikian, faktor-faktor ekonomi, sosial, dan organisasional juga memiliki peran penting dalam proses adopsi E-Commerce oleh UMKM. Hasil penelitian ini memberikan wawasan bahwa untuk meningkatkan kinerja melalui E-Commerce, penting bagi UMKM untuk mengembangkan orientasi kewirausahaan yang memungkinkan adaptasi dan inovasi teknologi yang efektif.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Abdurohim, A., Setyawati, A., Soehartatiek, S., Wahyudi, E. J., & Widarni, E. L. (2022). Analysis Of Sustainable Competitive Advantage Of Msmes In Indonesia: The Role Of Entrepreneurial Orientation And Social Media Marketing Adoption. Sultanist: Jurnal Manajemen Dan Keuangan. https://doi.org/10.37403/sultanist.v10i2.446
Achmad, Z. A., Azhari, T. Z., Esfandiar, W. N., Nuryaningrum, N., Syifana, A. F. D., & Indah Cahyaningrum. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi.
Aditi, B. (2018). Modul Ajar Kewirausahaan Dan Pengembangan UMKM. In INA-Rxiv.
Aini, N. (2022). Pendampingan Pengelolahaan Abon Ikan Dan Digital Marketing Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Ukm. Journal of Character Education Society), 5(3), 697–706. http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCEShttps://doi.org/10.31764/jces.v3i1.9210https://doi.org/10.31764/jces.v3i1.XXX
AL-TAYYAR, R. S. D., ABDULLAH, A. R., RAHMAN, A. A., & ALI, M. H. (2021). Challenges and obstacles facing SMEs in the adoption of e-commerce in developing countries: A case of Saudi Arabia. Estudios de Economia Aplicada. https://doi.org/10.25115/eea.v39i4.4644
Anugrah, M., Syahid, M. N., Sahri, Azka, F. M., & Anwar, M. S. (2023). Tantangan Hukum dan Peran Pemerintah dalam Pembangunan E-Commerce di Indonesia. Jurnal Hukum Dan HAM Wara Sains. https://doi.org/10.58812/jhhws.v2i05.354
Aremu, A. Y., & Arfan, S. (2023). Factors Influencing the Usage of E-Business to Improve SME Performance. International Journal of E-Business Research. https://doi.org/10.4018/IJEBR.324065
Ari, L., Lodovicus, W., Teodora, L., & Mulia, W. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Technopreneurship Di Unika Widya Mandala Surabaya. Seminar Nasional Kewirausahaan Dan Inovasi Bisnis II Seminar Nasional Kewirausahaan Dan Inovasi Bisnis II Universitas Tarumanagara.
Arsalan Nazir, M., & Saleem Khan, R. (2023). Dynamic contextual factors, individual agency and adoption of e-commerce in SMEs. Journal of Organisational Studies and Innovation. https://doi.org/10.51659/josi.21.154
Audina, S. H. (2021). Peranan Pelatihan Terhadap Pengembangan Pelaku Usaha Kecil Dan Menengah Pada Dinas Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Bisnis Corporate. https://doi.org/10.46576/jbc.v6i1.1486
Basalamah, M. R., Bella P, A., Mutmainah, A., Ramadhania, A., Ulya, L. H., Mariska, A., & Mayangsari, D. (2021). Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat Mengenai Strategi Branding dan Inovasi Produk Kripik Gadung Guna Meningkatkan Ekonomi Kreatif di Masa Pandemi. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M). https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i3.13497
Choirunisa, R., & Mulyanti, D. (2023). Literature Review: Peran E-Commerce Dalam Meningkatkan Pendapatan Umkm Di Era New Normal. Jurnal EBI. https://doi.org/10.52061/ebi.v5i1.102
Cvijić Čović, M., Borocki, J., Djaković, V., Vekić, A., & Okanović, A. (2023). Entrepreneurial Strategic Orientation: Prerequisite for SMEs Success in IoT and Digital Transformation Sphere? Systems. https://doi.org/10.3390/systems11060272
Ernawati Fatimah, S., & Purdianto, A. (2023). Competitive Advantage Model of Culinary MSMEs In West Java. Eduvest - Journal of Universal Studies. https://doi.org/10.59188/eduvest.v3i1.718
Hakaki, A., & Nikabadi, M. S. (2022). A Hybrid Fuzzy Approach to Success in e-Commerce Adoption in Iranian Manufacturing Smes. Asian Academy of Management Journal. https://doi.org/10.21315/aamj2022.27.1.8
Hakim, M. M., & Nurkamid, M. (2017). MODEL ADOPSI UKM DI KUDUS TERHADAP E-COMMERCE. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer. https://doi.org/10.24176/simet.v8i1.974
Handoko, B. L., Enrico, J., & Raymond. (2023). Factors That Influence MSMEs to Adopt Technology-Based Accounting Information Systems. ACM International Conference Proceeding Series. https://doi.org/10.1145/3599609.3599639
Harfie, A. P., & Lastiati, A. (2022). Adopsi Penggunaan E-Commerce Terhadap Kinerja UMKM (Pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di DKI Jakarta). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan. https://doi.org/10.36080/jak.v11i1.1700
Harini, S., Pranitasari, D., Said, M., & Endri, E. (2023). Determinants of SME performance: Evidence from Indonesia. Problems and Perspectives in Management. https://doi.org/10.21511/ppm.21(1).2023.40
Hossain, M. B., Dewan, N., Senin, A. A., & Illes, C. B. (2023). Evaluating the utilization of technological factors to promote e-commerce adoption in small and medium enterprises. Electronic Commerce Research. https://doi.org/10.1007/s10660-023-09692-7
Kala’lembang, A. (2020). Adopsi E-Commerce Dalam Mendukung Perkembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Masa Pandemi Covid-19. Capital: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen. https://doi.org/10.25273/capital.v4i1.7358
Kurniasih, C. E., Aqualdo, N., & Zuryani, H. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Adopsi E-Commerce Wirausaha Perempuan. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education. https://doi.org/10.24036/scs.v9i2.446
Li, H., Liow, G., & Yuan, S. (2022). E-commerce adoption among micro agri-business enterprise in Longsheng, China: The moderating role of entrepreneurial orientation. Frontiers in Psychology. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.972543
Liu, J. (2023). Analysis of E-commerce Characteristics of SMEs: Evidence from Scotland. Advances in Economics, Management and Political Sciences. https://doi.org/10.54254/2754-1169/4/20221016
Malik, A., & Mulyono, S. E. (2017). Pengembangan Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal melalui Pemberdayaan Masyarakat. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment. https://doi.org/10.15294/pls.v1i1.15151
Manu, A. K. A., Selan, R. N., Tualaka, T. M., & Dhae, Y. K. I. D. . (2021). Pelatihan Kewirausahaan Dan Manajemen Usaha Bagi Pengrajin Tenun Kampung Alor. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6465
Nasution, E. Y. (2021). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Makanan di Kota Medan. SiNTESa.
Nasution, M. D. T. P., Rafiki, A., Lubis, A., & Rossanty, Y. (2021). Entrepreneurial orientation, knowledge management, dynamic capabilities towards e-commerce adoption of SMEs in Indonesia. Journal of Science and Technology Policy Management. https://doi.org/10.1108/JSTPM-03-2020-0060
Nordin, N. M., Koe, W.-L., Mohamed, N. A., & Rahman, S. A. A. (2023). Factors Influencing the Adoption of Online Marketing among Malaysian SMEs. Business Management and Strategy. https://doi.org/10.5296/bms.v14i1.20954
Noviani Hanum, A., & Sinarasri, A. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Adopsi E Commerce Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Umkm (Studi Kasus Umkm Di Wilayah Kota Semarang). MAKSIMUM. https://doi.org/10.26714/mki.8.1.2018.1-15
Nurjati, E. (2021). Peran Dan Tantangan E-Commerce Sebagai Media Akselerasi Manajemen Rantai Nilai Produk Pertanian. Forum Penelitian Agro Ekonomi. https://doi.org/10.21082/fae.v39n2.2021.115-133
Nurlinda, V. F. (2019). Determinan Adopsi e-Commerce dan Dampaknya pada Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan.
Piarna, R., & Fathurohman, F. (2019). Adopsi E-Commerce Pada Umkm Di Kota Subang Menggunakan Model Utaut. Jurnal Ilmiah Ilmu Dan Teknologi Rekayasa. https://doi.org/10.31962/jiitr.v2i1.13
Pramezwary, A., Juliana, J., & Hubner, I. B. (2021). Desain Perencanaan Strategi Pengembangan Potensi Wisata Kuliner Dan Belanja Kota Bandung. Jurnal Pariwisata. https://doi.org/10.31294/par.v8i1.9205
Raja, F., Kiswandi, P., App, P., Muhamad, J., Setiawan, C., Muhammad, J., & Ghifari, A. (2023). Peran Umkm (Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah) Terhadap Pertumbuhan Perekonomian Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen.
Riski M, A., H, R., Fithrayudi Triatmaja, M., & Riswan, R. (2023). PENGARUH FINANCIAL TECHNOLOGY, E-COMMERCE, LITERASI KEUANGAN DAN PEnggunaan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Umkm Di Kabupaten Batang Dengan Pengetahuan Akuntansi Sebagai Variabel Moderasi. Neraca. https://doi.org/10.48144/neraca.v19i2.1684
Riswandi, R., & Permadi, I. (2022). Business Sustainability Through Technology Adoption: Readiness and Acceptance of E-commerce Technology in MSMEs. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v7i14.11973
Sudiantini, D., Adelia, L., Prastiwi, L., BR Kembaren, L., & Dwi Saiful Qhozi, M. (2023). Manajemen Pemasaran Kewirausahaan Melalui E-Commerce Untuk Meningkatkan Sebuah Kinerja UMKM. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi. https://doi.org/10.54443/sinomika.v1i6.902
Tanjung, D. A. (2021). Utilizing Wattpad Application to Improve The Students’ Skill in Writing Narrative Text at The Eight Grade of SMP Yayasan Perguruan Keluarga Pematangsiantar 2020/2021 Academic Year. Diss. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Wijaya, W., & Widjaja, O. H. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi E-Commerce dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja UMKM. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i1.22516
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: