Pengaruh Meningkatnya Keterampilan Berbicara dalam Platform Digital dan Pembelajaran diruang Kelas
Abstract
Abstract: This study is a systematic literature review on the impact of enhance speaking skills through digital platforms and classroom-based learning. Speaking skills are a fundamental component of language learning. These abilities are not only vital in educational contexts but also play a significant role in daily communication and career development. The study aims to evaluate and compare the effects of digital platforms and classroom teaching methods in improving students' speaking skills. Data from various sources, such as Scopus, DOAJ, and Google Scholar, between 2014 and 2024 were used to assess the effectiveness of these approaches. The evaluation results indicate that the implementation of digital platforms and interactive teaching methods significantly enhance students' speaking skills compared to traditional classroom methods. Approaches such as Problem-Based Learning and Make A Match, along with the use of interactive multimedia and digital platforms, improve learning outcomes, communication skills, and student motivation. However, the flexibility and engagement of students in digital platforms are highly influenced by teacher competence, technical infrastructure, and time management. A notable gap identified is the lack of studies combining quantitative and qualitative approaches for long-term evaluation and the impact of digital technology in various educational and cultural contexts.
Abstrak: Penelitian ini merupakan tinjauan literature sistematis tentang pengaruh meningkatnya keterampilan berbicara dalam platform digital dan pembelajaran diruangan kelas. Keterampilan berbicara adalah komponen fundamental dalam pembelajaran bahasa. Kemampuan ini tidak hanya vital dalam konteks pendidikan, tetapi juga memiliki peran yang signifikan dalam komunikasi sehari-hari dan perkembangan karir individu bertujuan untuk mengevaluasi dan membandingkan pengaruh platform digital dan metode pengajaran di ruang kelas dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa.. Data dari berbagai sumber seperti Scopus, DOAJ, dan Google Scholar antara tahun 2014-2024 untuk mengevalusai efektivitas pengaruh tersebut. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa penerapan platform digital dan metode pembelajaran interaktif secara signifikan meningkatkan keterampilan berbicara siswa dibandingkan metode tradisional di kelas. Metode seperti Pemecahan Masalah dan Make A Match serta penggunaan multimedia interaktif dan platform digital mampu meningkatkan hasil belajar, keterampilan komunikasi, dan motivasi siswa. Namun, fleksibilitas dan keterlibatan siswa dalam platform digital sangat dipengaruhi oleh kompetensi guru, infrastruktur teknis, dan manajemen waktu. Kesenjangan yang ditemukan adalah kurangnya studi yang mengombinasikan pendekatan kuantitatif dan kualitatif untuk evaluasi jangka panjang dan dampak teknologi digital pada berbagai konteks pendidikan dan budaya.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD[PDF]References
Abdurrahman. (2022). Media Pembelajaran Asik dan Menyenangkan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia Mega. Students’ Difficulties at Elementary School in Increasing Literacy Ability.
Adawiyah, T. A., Harso, A., & Nassar, A. (2020). Hasil Belajar IPA Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. Science, and Physics Education Journal (SPEJ). https://doi.org/10.31539/spej.v4i1.1636
Adelia Afriyanti, A. A., J.Julia, & Aah Ahmad Syahid. (2023). Perbandingan Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dan Teks Untuk Meningkatkan Pemahaman Isi Dongeng Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.6930
Al-Khazaali, H., & Amirian, Z. (2023). Exploring the Impact of Social Media Facebook Platform on Students’ Motivation and Lexical Competence. Journal of Misan Researches. https://doi.org/10.52834/jmr.v19i37.169
Alawi, D., Sumpena, A., Supiana, S., & Zaqiah, Q. Y. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pasca Pandemi Covid-19. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3531
Amalia Yunia Rahmawati. (2020). Penggunaan Media Sosial Di Kampus Dalam Mendukung Pembelajaran Pendidikan Islam (Studi Kasus Universitas Yudharta Pasuruan). Jurnal Kajian Agama Dan Multikulturalisme Indonesia.
Anis, M. Z. A., Mardiani, F., & Fathurrahman, F. (2022). Digital History dan Kesiapan Belajar Sejarah di Era Revolusi 4.0. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan. https://doi.org/10.29408/fhs.v6i1.4375
Ardiansyah, M. (2016). Pengaruh Metode Partisipatori terhadap Hasil Belajar Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan). https://doi.org/10.30998/sap.v1i1.1012
Astiti, N. D., Mahadewi, L. P. P., & Suarjana, I. M. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA. Mimbar Ilmu. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35688
Ayu Sri Wahyuni. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. JURNAL PENDIDIKAN MIPA. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562
Azaly, Q. R., & Fitrihidajati, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsoft Office Sway pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu). https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n1.p218-227
Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57
Coesamin, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas VIII Pada Pembelajaran Dengan Pendekatan Konstruktivis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Tema: Inovasi Pembelajaran Media Digital Bagi Calon Guru MIPA Untuk Membentuk Generasi Z Yang Berkarakter.
Darmadi, Budiono, & M. Rifai. (2022). Pembelajaran STEAM Sebagai Pembelajaran Inovatif. Jurnal Multidisiplin Madani. https://doi.org/10.55927/mudima.v2i8.924
Dewi, L., Sutama, S., & Hidayati, Y. M. (2022). Strategi Quantum Learning dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2232
Djonnaidi, S., Wahyuni, N., & Nova, F. (2021). Pengaruh Penerapan Media Poster Digital dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi terhadap Kemampuan Berbicara Siswa di Politeknik Negeri Padang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran. https://doi.org/10.17977/um031v8i12021p038
Efendi, N. M. (2019). Revolusi Pembelajaran Berbasis Digital (Penggunaan Animasi Digital Pada Start Up Sebagai Metode Pembelajaran Siswa Belajar Aktif). Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi. https://doi.org/10.20961/habitus.v2i2.28788
El Iq Bali, M. M. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Distance Learning. Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam. https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v3i1.198
Fauziyah, N., & Tabi’in, A. (2021). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Kotak Budaya Untuk Meningkatkan Karakter Cinta Tanah Air Di Raudlatul Athfal. ASGHAR : Journal of Children Studies. https://doi.org/10.28918/asghar.v1i1.4177
Fitriani, H., & Syarkowi, A. (2021). Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Fisika di Era New Normal. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i3.4050
Guanabara, E., Ltda, K., Guanabara, E., & Ltda, K. (2021). Model Dan Metode Pembelajaran Inovatif Saharuddin,. Pendidikan, Keislaman Dan Kemasyarakatan.
Gumilang, M. R., Wahyudi, & Indarini, E. (2019a). Pengembangan Media Komik dengan Model Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika matematis merupakan salah satu secara interaktif , inspiratif , menyenang- melakukan penguasaan bahan dan materi. Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang.
Gumilang, M. R., Wahyudi, W., & Indarini, E. (2019b). Pengembangan Media Komik dengan Model Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.860
Gunawan, D., Mustofa, B., & Wahyudin, D. (2022). Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Verbal Linguistik Intelligence untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Peserta Didik. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2541
H, M., Т, G., & Е, K. (2023). Feedback As A Means Of Realizing Reflective Approach In Foreign Language Teaching. Scientific Bulletin Melitopol State Pedagogica. https://doi.org/10.33842/22195203-2022-28-83-88
Hadi, R. (2023). Implementasi Strategi Manajemen Kelas yanImplementasi Strategi Manajemen Kelas yang Efektif dalam Meningkatkan Pembelajaran di Sekolah Dasarg Efektif dalam Meningkatkan Pembelajaran di Sekolah Dasar. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala. https://doi.org/10.58258/jupe.v8i2.5512
Hamidah, N. (2022). Factors Affecting Students’ Motivation In Online Class. Jurnal Bahasa Lingua Scientia. https://doi.org/10.21274/ls.2022.14.2.355-368
Hapsari, E. W., Sudarman, S., & Utami, S. (2022). Sources of Students’ Errors in EFL Writing in Indonesia. JADEs Journal of Academia in English Education. https://doi.org/10.32505/jades.v3i2.4678
Harefa, M., Lase, N. K., & Zega, N. A. (2022). Deskripsi Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Educativo: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.65
Haura, F. M., Kurniawati, Y., & Pranoto, S. (2022). Peran screen time dan gadget terhadap kemampuan berbahasa pada anak usia dini. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.
Herry Fitriyadi. (2013). Integrasi Teknologi dalam Manajemen Pendidikan Islam: Meningkatkan Kinerja Guru di Era Digital. Jurnal Tinta.
Hikmah, A. N., & Chudzaifah, I. (2020). Blanded Learning: Solusi Model Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.32489/alfikr.v6i2.84
Indarta, Y., Ambiyar, A., Rizal, F., Ranuharja, F., Samala, A. D., & Dewi, I. P. (2022). Studi Literatur : Peranan Model-Model Pembelajaran Inovatif Bidang Pendidikan Teknologi Kejuruan. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.2721
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Indriawati, Buchori, I., Acip, Sirrulhaq, S., & Solihutaufa, E. (2021). MODEL DAN STRATEGI PEMBELAJARAN. Al-Hasanah : Islamic Religious Education Journal. https://doi.org/10.51729/6246
Irawati, I., Ilhamdi, M. L., & Nasruddin, N. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2202
Irmawati, I., Baktiar, M., & Hutapea, B. (2023). Pemanfaatan E-Modul Bahan Ajar Berbasis Aplikasi Canva pada Prodi Pendidikan Matematika dalam Proses Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.2738
Isfahani, Y. (2022). Imrpoving Students’ Motivation In Learning English Using Digital Platform : A Lesson Study In Smk Muhammadiyah Bumiayu. Journal of Lesson Study in Teacher Education. https://doi.org/10.51402/jlste.v1i1.73
Isrofah, I., Sitisaharia, S., & Hamida, H. (2022). Pembelajaran Berbasis Media Digital pada Anak Usia Dini di Era Revolusi Industri. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.626
Jannah, Sari, N. (2019). Efektivitas Literasi Media Pada Siswa Kelas Tinggi di SDN 1 Sungai Besar Kota Banjarbaru. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan.
Jannah, F., Karnalim, O., Permadi, A., Murad, D. F., Aditya, B. R., Andrisyah, & Nurhas, I. (2022). Pelatihan Desain Kuis Hots Interaktif Dengan Aplikasi Kahoot! Dan Quizziz Di Masa Pandemi: Studi Kasus Guru Sekolah Dasar Gugus Pangeran Antasari Kota Banjarbaru. JCES (Journal of Character Education Society).
Jusnawati. (2021). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis, Kecenderungan Emosional dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sungguminasa. In Skripsi.
Kasyfia, Japa, I. G. N., & Sumantri, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Numerik Siswa Kelas IV SD. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.
Kertati, I., Susanti, T., Muhammadiah, M., Efitra, Zamista, A. A., Rahman, A. A., Yendri, O., Pratama, A., Rusmayadi, G., Nurhayati, K., Zabua, R. S. Y., Artawan, P., & Arwizet. (2023). Model & Metode Pembelajaran Inovatif Era Digital. In Sonpedia.
Listiana, Y., Aklimawati, A., Isfayani, E., & Wulandari, W. (2021). Pelatihan Penggunaan Software Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru Dan Siswa Smp Negeri 1 Dewantara. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian. https://doi.org/10.36841/integritas.v5i2.1361
M, I., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Minat Belajar Peserta didik pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Elementary : Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.32332/elementary.v8i2.5201
Manongga, D., Rahardja, U., Sembiring, I., Lutfiani, N., & Yadila, A. B. (2022). Dampak Kecerdasan Buatan Bagi Pendidikan. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal. https://doi.org/10.34306/abdi.v3i2.792
Martias, A. (2019). ANALISA PERANAN KOMUNIKASI DAN PSIKOLOGI AUDIT DALAM PELAKSANAAN TUGAS DI PT ALARSY. Jurnal Perspektif. https://doi.org/10.31294/jp.v17i1.4791
Mega, K. I. (2022). Mempersiapkan Pendidikan di Era Tren Digital (Society 5.0). Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan). https://doi.org/10.52005/belaindika.v4i3.87
Mesra, R., Tuerah, P. R., & Hidayat, M. F. (2023). Strategi Guru dalam Menjelaskan Materi guna Meningkatkan Nilai Mata Pelajaran Siswa di SD Inpres Taratara 1. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i3.1414
Miranti, P., & Putri, L. D. (2021). Waspadai Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Jendela PLS. https://doi.org/10.37058/jpls.v6i1.3205
Muhammad, Fikri, R. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV. Jurnal Edumath.
Nazmillah, N., Hidayat, D. N., Defianty, M., Anita, A., & Muin, A. (2022). A Study of Teachers’ Strategies in Providing Feedback in English Writing Class. Acitya: Journal of Teaching and Education. https://doi.org/10.30650/ajte.v4i2.3258
Noor, U., Younas, M., Saleh Aldayel, H., Menhas, R., & Qingyu, X. (2022). Learning behavior, digital platforms for learning and its impact on university student’s motivations and knowledge development. Frontiers in Psychology. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.933974
Nurjan, S. (2016). Psikologi Belajar. In Wade Group.
Nusantara, T. (2018). Desain Pembelajaran 4.0. Forum Seminar Nasional, Lembaga Penelitian Pendidikan (LPP) Mandala.
Pamugar, H., Winarno, W. W., & Najib, W. (2014). Model Evaluasi Kesuksesan dan Penerimaan Sistem Informasi E-Learning pada Lembaga Diklat Pemerintah. Scientific Journal of Informatics. https://doi.org/10.15294/sji.v1i1.3638
Prayudha S, J. (2023). Developing Students’ Interest In Learning English Through Digital Learning Platform. EBONY: Journal of English Language Teaching, Linguistics, and Literature. https://doi.org/10.37304/ebony.v3i2.9701
Prihatini, A., & Sugiarti. (2020). Pembelajaran multiliterasi pada matapelajaran bahasa Indonesia. Senasbasa.
Prihatini, A., Sugiarti, S., Ambarsari, T. A. B., & Nisa, I. N. (2022). Kompetensi Pedagogik Guru SMA dalam Menerapkan Pembelajaran Multiliterasi sebagai Wujud Merdeka Belajar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3020
Qoidah, R. F. (2018). Efektifitas Penggunaan Media Digital Storytelling dalam Pembelajaran Menulis Teks Narrative: Studi Kasus di SMP Negeri 1 Widodaren Ngawi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI. https://doi.org/10.30998/prossnp.v1i0.18
Rahma, B. A., Kustiono, K., & Setiawan, D. (2023). Penerapan Merdeka Belajar dengan Media Berbahan Loose Part pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4926
Rahman, B. (2014). Refleksi Diri dan Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. … Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru ….
Rahmania, T., Zakiyyah, N., & Sekarani, F. (2023). DAN KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia.
Rahyuni. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemandirian Belajar Matematis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Di SMP NEGERI 1 Nisam. In JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial.
Resti Nursiah. (2021). ANALISIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Skripsi UNIVERSITAS PASUNDAN.
Ritonga, M., Nazir, A., & Wahyuni, S. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Kota Padang. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban. https://doi.org/10.15408/a.v3i1.2879
ROSADI, A., Marwiji, M. H., & Mariah, E. Y. (2021). Strategi Kepala Sekolah Dalam Pembinaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). JURNAL JENDELA PENDIDIKAN. https://doi.org/10.57008/jjp.v1i03.17
Sahara, S., Azwar, S. A., & Andini, R. A. (2023). Pelatihan Fasilitator Pembelajaran Digital sebagai Upaya Pembelajaran Era Revolusi 4.0 di SMK Yapinuh, Provinsi Jawa Barat. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia. https://doi.org/10.54082/jamsi.629
Sediyono, E., Hasibuan, Z. A., Setyawan, I., Purnama Harahap, E., & Darmawan, A. (2022). Analisa Sistematis Manajemen Pengetahuan Digital Aplikasi Berbasis Kecerdasan Buatan di Universitas. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal. https://doi.org/10.34306/abdi.v3i2.790
Shatri, Z. G., & Zabeli, N. (2022). Implementation of verbal and written feedback classroom practices by teachers. South African Journal of Education. https://doi.org/10.15700/saje.v42ns1a2262
Sipayung, R., Sihotang, D. O., & Lumban Batu, J. S. (2021). PERSEPSI GURU TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Ilmiah Aquinas. https://doi.org/10.54367/aquinas.v4i2.1307
SIS ARIYANTIN, S. P. (2020). Peningkatan Kemampuan Guru Di Sdn Karangbendo 01 Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Melalui Praktek Dan Sistem Umpan Balik. Jurnal Merdeka Mengajar.
Sulaiman Kurdi, M. (2021). Realitas Virtual Dan Penelitian Pendidikan Dasar: Tren Saat Ini dan Arah Masa Depan. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan. https://doi.org/10.55606/cendikia.v1i4.1317
Suryana, D., Sari, N. E., Winarti, Lina, Mayar, F., & Satria, S. (2021). English Learning Interactive Media for Early Childhood Through the Total Physical Response Method. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini. https://doi.org/10.21009/jpud.151.04
Susanti, E. P., Yantoro, Y., & Kurniawan, A. R. (2020). Strategi Guru dalam Pembelajaran Berhitung Pembagian di Sekolah Dasar. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v10i1.3691
Sutrisno, A. B., & Syukur, S. W. (2023). Tantangan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19: Analisis Esai Mahasiswa Pendidikan Seni Pertunjukan. Jurnal Dieksis Id. https://doi.org/10.54065/dieksis.3.2.2023.345
Syafrizal, T. (2023). Analisis implementasi kurikulum merdeka dalam perspektif teori belajar humanistik di MTSN 3 dan MTSN 19 Jakarta tesis. Repository.Uinjkt.Ac.Id.
Warmansyah, J., Yuningsih, R., Selva Nirwana, E., Ravidah, Putri, R., Amalina, & Masril. (2023). The Effect of Mathematics Learning Approaches and Self-Regulation to Recognize the Concept of Early Numbers Ability. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini. https://doi.org/10.21009/jpud.171.05
Weni, R. (2017). Model Cooperative Learning Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia). https://doi.org/10.29210/02017108
Yong, T. H., & Sokumaran, N. (2023). Exploring self-regulated learning through differentiated feedback. Cogent Education. https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2212113
Yuliani, D. (2021). Pengaruh Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.
Zubair, M., Sawaludin, S., Alqadri, B., & Kurniawansyah, E. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Canva Untuk Guru MANW Unwanul Falah Paok Lombok. Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia. https://doi.org/10.29303/jpimi.v2i2.3289
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: