Mengintegrasikan Teknologi untuk Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Anak-anak di Daerah Terpencil

Anisah Ramadanti, Muhammad Nizaar, Sukron Fujiaturrahman, Linda Ayu Darmurtika, Inang Irma Rezkillah, Ayu Sadana Prihatin Ningsih

Abstract


Abstrak: Integrasi teknologi mengacu pada proses menggabungkan atau menggabungkan berbagai teknologi yang berbeda untuk menciptakan sistem atau solusi yang lebih efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan bagi anak-anak yang tinggal di daerah yang sulit dijangkau. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) untuk mengevaluasi efektivitas integrasi teknologi dalam pembelajaran bahasa Indonesia bagi anak-anak di daerah terpencil. Sumber literatur yang dianalisis diambil dari database terindeks seperti Google Scholar, DOAJ, dan Scopus, yang mencakup publikasi dari tahun 2018 hingga 2024. Temuan penelitian menunjukkan bahwa meskipun integrasi teknologi memiliki potensi yang signifikan untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis dan memotivasi anak-anak dalam belajar bahasa Indonesia, ada berbagai tantangan signifikan yang dihadapi. Berdasarkan temuan penelitian, disarankan untuk meningkatkan infrastruktur teknologi di daerah terpencil, memberikan pelatihan bagi guru tentang integrasi teknologi dalam pendidikan, dan mengembangkan konten pembelajaran digital yang disesuaikan dengan kebutuhan dan konteks lokal. Selain itu, kebijakan dan dukungan pemerintah yang kuat sangat penting untuk memastikan keberhasilan integrasi teknologi dalam pendidikan di daerah terpencil.

Abstrak: Integrasi teknologi mengacu pada proses menggabungkan atau mengombinasikan berbagai teknologi yang berbeda untuk menciptakan suatu sistem atau solusi yang lebih efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan bagi anak-anak yang tinggal di wilayah-wilayah yang sulit dijangkau. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) untuk mengevaluasi efektivitas integrasi teknologi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia bagi anak-anak di daerah terpencil. Sumber literatur yang dianalisis diambil dari database terindeks seperti Google Scholar, DOAJ, dan Scopus dengan publikasi terbitan tahun 2014-2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun integrasi teknologi memiliki potensi besar untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis serta memotivasi anak-anak dalam belajar Bahasa Indonesia, terdapat berbagai hambatan signifikan yang dihadapi. Berdasarkan temuan penelitian, disarankan untuk meningkatkan infrastruktur teknologi di daerah terpencil, memberikan pelatihan bagi guru tentang integrasi teknologi dalam pendidikan, dan mengembangkan konten pembelajaran digital yang disesuaikan dengan kebutuhan dan konteks lokal. Selain itu, diperlukan kebijakan dan dukungan pemerintah yang kuat untuk memastikan keberhasilan integrasi teknologi dalam pendidikan di daerah terpencil.


Keywords


Technology Integration, Infrastruktur, Digital Learning.

Full Text:

DOWNLOAD[PDF]

References


Amam, A., & Rusdiana, S. (2022). Peranan Kelembagaan Peternakan, Sebuah Eksistensi Bukan Hanya Mimpi: Ulasan dengan Metode Systematic Literature Review (SLR). Jurnal Peternakan, 19(1). https://doi.org/10.24014/jupet.v19i1.14244

Anita, A., & Astuti, S. I. (2022). Digitalisasi dan ketimpangan pendidikan: studi kasus terhadap guru sekolah dasar di kecamatan baraka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1). https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2509

Asriati, M. D. (2020). Pengembangan M-Learning Mata Kuliah Pengantar Teknologi Pendidikan Bagi Mahasiswa Program Studi S1 Teknologi Pendidikan. … Mahasiswa Teknologi Pendidikan.

Dwi Yulianti, dan Sugeng Widodo, W. D. (2022). Pengembangan Modul Tematik Berbasis Problem Based Learninguntuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V. Jurnal Basicedu, Vol. 6(No. 6).

Farida, I., Sunandar, S., Aryanto, A., Tiarso, R. C., & Wulandari, W. (2021). Ibm Pelatihan Membuat Laporan Penjualan dengan Menggunakan Spreadsheet pada Guru Muhammadiyah Adiwerna Kabupaten Tegal. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Batam, 3(1). https://doi.org/10.30871/abdimaspolibatam.v3i1.2717

Fauzan, N. (2024). Bagaimana aopsi media sosial meningkatkan kinerja usaha kecil dan menengah: analisis bibliometrik 2013-2023. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Performa, 20(2). https://doi.org/10.29313/performa.v20i2.3072

Fidiyah, E., Prihastuti, L., Rosianaldy, A., Salsabila, M., Eka Wardani, A., & Styaningrum, F. (2022). Pendampingan Adaptasi Teknologi Untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Daring Pada Sekolah Dasar. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2). https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v7i2.2828

Fikriyyah, H. F., Nurwati, R. N., & Santoso, M. B. (2022). Dampak pola asuh otoriter terhadap perkembangan psikososial anak usia prasekolah. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 3(1). https://doi.org/10.24198/jppm.v3i1.39660

Fricticarani, A., Hayati, A., R, R., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). Strategi pendidikan untuk sukses di era teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (jipti), 4(1). https://doi.org/10.52060/pti.v4i1.1173

Hermanto, H., Marsudi, M., Subali, E., & Hendrajati, E. (2018). Efektivitas tik untuk meningkatkan proses belajar mengajar di paud, tk dan madrasah diniyah mamba'ul hisan dusun sekargadung, desa balejero ii, kecamatan panggungrejo, kabupaten blitar. Iptek Journal of Proceedings Series, 0(5). https://doi.org/10.12962/j23546026.y2018i5.4425

Hulukati, E., Achmad, N., & Bau, M. A. (2021). Deskripsi Penggunaan Media E-Learning dalam Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(1). https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i1.10061

Huriani, Y., Dulwahab, E., & Annibras, N. (2021). Strategi penguatan ekonomi perempuan berbasis keluarga. In Bandung: Lekkas.

Husni, N. L., Handayani, A. S., Prihatini, E., Anisah, M., Sriwijaya, P. N., & Sriwijaya, P. N. (2019). Peningkatan minat anak di bidang robotika. Snaptekmas, 1(1).

Isma, A., Isma, A., Isma, A., & Isma, A. (2023). Peta Permasalahan Pendidikan Abad 21 di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terapan. https://doi.org/10.61255/jupiter.v1i3.153

Jaka Warsihna, J. W. (2014). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (tik) untuk pendidikan daerah terpencil, tertinggal, dan terdepan (3T). Jurnal Teknodik. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.82

Jasrial, J., & Rusli, R. (2019). Pelatihan Pembelajaran Era Pendidikan 4.0 Bagi Guru SMP Swasta Kota Padang. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 20(1). https://doi.org/10.24036/sb.0420

Juhro, S. M., & Ridwan, M. H. (2021). Beberapa Perspektif Pembangunan Ekonomi Inklusif di Era New Normal Solikin. University Library of Munich, 115855.

Koesnandar, A. (2013). Pengembangan model pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi (tik) untuk pendidikan di daerah terpencil, tertinggal dan terdepan. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n2.p122--142

Komara, E., Apip, M., Sukamto, & Marup. (2023). Aktualisasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Berbasis Pendidikan Islam dalam Peningkatan Kualitas Mutu Sekolah. Adabuna : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 3(1). https://doi.org/10.38073/adabuna.v3i1.1261

Kristiyanti, M. (2016). Internet Sebagai Media Pembelajaran Yang Efektif. Majalah Ilmiah Informatika, 1(1).

Magistra, T. F. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Konsumen E-commerce B2c di Jakarta Selatan. Jurnal Ilmiah Universitas Bakrie, 3(03).

Maisarah, M., Lestari, T. A., & Sakulpimolrat, S. (2022). Urgensi Pengembangan Media berbasis Digital Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(1). https://doi.org/10.30821/eunoia.v2i1.1348

Maskur, M. (2023). Dampak pergantian kurikulum pendidikan terhadap peserta didik sekolah dasar. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(3). https://doi.org/10.61116/jkip.v1i3.172

Mutia, I. K., Wosal, Y. N., & Monigir, N. N. (2023). Kesiapan Guru dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan di Bidang Iptek. Jurnal Basicedu, 7(6). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6378

Najjar, S., Oktasari, H., Sains, F., & Terapan, T. (2023). Embracing Mobile Learning In Education. 1st Proceedings of Unimbone, 74–83.

Nasir, M., Mahmudinata, A. A., Ulya, M., & Firdaus, F. A. (2023). Strategi Pemberdayaan Sekolah sebagai Upaya Peningkatan Manajemen Pendidikan. Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(2).

Nugraheny, A. R. (2020). Peran teknologi, guru dan orang tua dalam pembelajaran daring di masa pandemi. Peran Teknologi, Guru Dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi, 7.

Nur, M., & Ardiansyah, N. (2024). Menggali Potensi Road-Map Reformasi Birokrasi di Kabupaten Bima Pasca-PermenPAN-RB Nomor 3 Tahun 2023. Public Service and Governance …, 5(2). https://jurnal2.untagsmg.ac.id/index.php/psgj/article/view/1505%0Ahttps://jurnal2.untagsmg.ac.id/index.php/psgj/article/download/1505/1314

Pasaribu, J. (2021). Peran Indsutri 4.0 di Masa Pandemi Covid-19 dalam Dunia Pendidikan Tinggi. Prosiding Penelitian Pendidikan Dan Pengabdian 2021.

Pertiwi, R., & Sutama, S. (2020). Membudayakan Kelas Digital Untuk Membimbing Siswa dalam Pembelajaran di Tengah Pandemi Covid-19. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4). https://doi.org/10.17977/um038v3i42020p350

Purba, A., & Saragih, A. (2023). Peran Teknologi dalam Transformasi Pendidikan Bahasa Indonesia di Era Digital. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 3(3). https://doi.org/10.58939/afosj-las.v3i3.619

Putra, J. E., Sobandi, A., & Aisah, A. (2024). The urgency of digital technology in education : a systematic literature review. 10(1), 224–234.

Rivalina, R. (2015). Kompetensi teknologi informasi dan komunikasi guru dalam peningkatan kualitas pebelajaran. Jurnal Teknodik. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.121

Rohmah, A. W. El, & Santinah, S. (2024). Pengaruh Metode Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Huruf Hijaiyyah pada Siswa SMP. Journal of Advanced Learning Media Development, 1(1), 32–38. https://doi.org/10.37396/jalmd.v1i1.5

Rozali, Y. A., Tiarti, S., & Widiastuti, N. (2021). Pengaruh Konseling Teman Sebaya terhadap Peningkatan Regulasi Diri pada Mahasiswa Skripsi. … Kemampuan Regulasi Diri.

Sembiring, K. B., Malau, Y. T. C., & Harahap, S. H. (2024). Inovasi Pemikiran: Meningkatkan Kemampuan Berbicara dan Menulis di Era Digital. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(1). https://doi.org/10.57235/ijedr.v2i1.1800

Siahaan, S. (2018). Perintisan model pembelajaran terintegrasi tik di daerah terdepan, terluar, tertinggal dan perbatasan. Jurnal Teknodik. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.459

Sisco, R. (2023). Peningkatan literasi digital di kalangan pelajar: pengenalan dan praktik penggunaan teknologi pendidikan Abstrak. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4).

Sri Mulatsih, L., Kakaly, S., Rais, R., & Husnita, L. (2023). Pemberdayaan masyarakat dalam mewujudkan desa edukasi digital di era teknologi. Communnity Development Journal, 4.

Subroto, D. E., Supriandi, Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07). https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.542

Syach, A., Sugandi, D., & Dwiahna Heka Putra, F. (2020). Upaya meningkatkan kemampuan berbicara siswa dengan metode student facilitatot and explaining pada pembelajaran bahasa indonesia. Jurnal Tahsinia, 1(2). https://doi.org/10.57171/jt.v1i2.191

Wibowo, H. S. (2023). Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran: Merancang Pengalaman Pembelajaran yang Inovatif dan Efektif. In Pengembagan Teknologi Media Pembelajaran.

Widiawati, A., Salsabila, K., Permatasari, D., Ulhaq, M. N., & Sumarsono, S. (2023). Pengaruh Transformasi Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Kualitas Sekolah di SMP Muhammmadiyah 1 Godean. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(02). https://doi.org/10.52593/pdg.04.2.03

Wijoyo Hadion. dkk. (2020). Blended learning : suatu panduan - Google Books. Insan Cendekia Mandiri .

Winaya, I. M. A. (2020). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pademi Covid-19 Dengan Berbantu Lembar Keja Siswa Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: