Urgensi Kemajuan Teknologi dalam Penerapan Kurikulum Merdeka: Pemanfaatan Aplikasi Wordwall sebagai Solusi Asesmen Pembelajaran yang Menyenangkan
Abstract
Abstract: One of the supporting factors for implementing an independent curriculum is using technology in the learning process. The role of technology today is very influential in learning. Current technology is also needed to implement assessments that are oriented toward student activity. Currently, inspections can be carried out online, one of which is using the wordwall application. This research aims to carry out assessments using technology, namely by developing learning reflections through the wordwall application. This research uses descriptive research using a qualitative approach with a literature study. The data collected in this research came from the Google Scholar database which was relevant to this research. Based on the research that has been carried out, the results show that implementing the learning process by applying technological advances in conducting assessments can help educators assess the level of understanding of students in participating in a fun learning process. Educators can also use the wordwall application to create innovations from the features on the wordwall so that they can support success in learning.
Abstrak: Faktor pendukung penerapan kurikulum merdeka salah satunya adalah penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran. Peran teknologi saat ini sangat berpengaruh dalam pembelajaran. Teknologi saat ini juga diperlukan dalam pelaksanaan asesmen yang berorientasi pada keaktifan peserta didik. Pelaksanaan asesmen pada saat ini dapat dilakukan dengan online, salah satunya menggunakan aplikasi wordwall. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan asesmen menggunakan teknologi yaitu dengan mengembangkan refleksi pembelajaran melalui aplikasi wordwall. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif dengan studi literatur. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berasal dari database Google Scholar yang relevan dengan penelitian ini. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan mendapatkan hasil bahwa pelaksanaan proses pembelajaran dengan menerapkan kemajuan teknologi dalam melakukan asesmen dapat membantu pendidik dalam melakukan penilaian tingkat pemahaman peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran yang menyenangkan. Pendidik juga dapat memanfaatkan aplikasi wordwall untuk menciptakan inovasi dari fitur-fitur yang ada pada wordwall sehingga dapat menunjang keberhasilan dalam pembelajaran.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Acep Ruswan et al. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, 8(1), 4007–4016. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13009
Adzkia, U., Jl, A., Paneh, T., Korong, N., Kuranji, K., & Padang, K. (2024). Asesmen dalam Pendidikan : Memahami Konsep , Fungsi dan Penerapannya Natasya Lady Munaroh mengumpulkan informasi guna membuat keputusan yang tepat terkait siswa , kurikulum ,. 3(3), 281–297.
Aliatunisa, N. (2024). Penggunaan Aplikasi Game Wordwall Pada Mata Pelajaran Akidah Materi Iman Kepada Para Malaikat. 2(5), 220–230.
Alimuddin, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar Implementation of Kurikulum Merdeka in Elementary Scholl. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02), 67–75.
Andina, F. N. A., Subayani, N. W., & Marzuki, I. (2023). Analisis Kesiapan Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Js (Jurnal Sekolah), 7(3), 392. https://doi.org/10.24114/js.v7i3.44647
Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.
Ariga, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 662–670. https://doi.org/10.56832/edu.v2i2.225
Aulia, A. F., Asbari, M., & Wulandari, S. A. (2024). Kurikukulum Merdeka: Problematik Guru dalam Implementasi Teknologi Informasi pada Proses Pembelajaran. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 65–70.
Cannavaro, J., Asbari, M., & Nurmayanti, R. (2024). Transformasi Pendidikan: Memperkuat Kecerdasan Sosial dan Emosional Anak di Era Disrupsi. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(3), 1–6.
Etika Sari, R., Fitria, L., & Tarisa, V. (2023). Studi Literatur Tentang Penggunaan Media Web Wordwall Sebagai Sarana Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 02(01), 37–49.
Faisal, R., Subandiah, H., & Fanani, Z. (2024). Implementasi Dan Permasalahan Asesmen Formatif Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Teks Ceramah Di Sma Muhammadiyah 10 Surabaya. Hasta Wiyata, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.21776/ub.hastawiyata.2024.007.01.01
Fernandez, A. J., Kaluge, A. H., Lakapu, M., Gracia, M., Gawa, M., & Paulus, A. Y. (2024). Peningkatan Pemahaman Konsep Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Smpn 1 Semau Selatan. Community Development Journal, 5(1), 2554–2560.
Fitriah Handayani et al. (2023). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Mendukung Efektivitas Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Di Perguruan Tinggi. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 1265–1271. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/20755/14904
Ghufron, M. . (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, Dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018, 1(1), 332–337.
Habsy, B. A., Rohida, A. I., Sudarsono, M., Firdaus, M., Anzhani, V. A., & Guru, P. P. (2024). Tantangan Pendidikan Abad Ke-21: Pemikiran Ki Hajar Dewantara dan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 5065–5077.
Herta, N., Nupus, B. C., Sanggarwati, R., & Setiawan, T. Y. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Game Wordwall dalam Pembelajaran untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Seminat Nasional Paedagoria, 3, 527–532. https://wordwall.net/
Hilda Wahyuni, M. (2021). Transformasi Pendidikan: Peran Teknologi Digital Dalam Mendukung Efektivitas Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Di Era Digitalisasi. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 27(2), 635–637.
Indriani, M., & Qiftiyah, M. (2021). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Instant Assessment terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(2). https://doi.org/10.24042/terampil.v7i2.6373
Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1).
Lestari, M. K., Restian, A., & Supradana, A. (2023). Implementasi Media Wordwall Gameshow untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika kelas 1 dalam Merdeka Belajar. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 6(2), 117–124. https://journal.ummat.ac.id/index.php/pendekar/article/view/15346
Marhaeni, N. H., Fitri, I. A., & Fariha, N. F. (2023). Pelatihan Pembuatan Game Edukasi WordWall Bagi Guru SMA Dharma Amiluhur Yogyakarta. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(4), 988–997. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i4.14772
Mujahidin, A. A., Salsabila, U. H., Hasanah, A. L., Andani, M., & Aprillia, W. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring (Quizizz, Sway, dan Wordwall) Kelas 5 di SD Muhammadiyah 2 Wonopeti. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 552–560. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3109
Mujiburrahman, M., Kartiani, B. S., & Parhanuddin, L. (2023). Asesmen Pembelajaran Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i1.5019
Nirmala, S. U., Agustina, A., Robiah, S., & Ningsi, A. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 182–187. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.746
Nur Budiono, A., & Hatip, M. (2023). Asesmen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Axioma : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 8(1), 109–123. https://doi.org/10.56013/axi.v8i1.2044
OECD. (2023). PISA 2022 Results Factsheets Indonesia. The Language of Science Education, 1, 1–9. https://oecdch.art/a40de1dbaf/C108.
Qiftiyah, M. (2023). Muatan HOTS pada Pembelajaran Tematik Materi IPA Kelas 5 Sekolah Dasar. 28–38.
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
Rosmana, P. S., Iskandar, S., Azizah H.A, A. N., & Widiya, N. (2023). Peranan Teknologi Pada Implementasi Kurikulum MerdekaDi SDN Kabupaten Purwakarta. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3 No 2, 3097–3110.
Saputra, H. (2016). Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global: Penguatan Mutu Pembelajaran dengan Penerapan HOTS (High Order Thinking Skills). SMILE’s Publishing, 1, 170–176.
Serani, G., & Hairida, H. (2024). Implementasi Asesmen Pembelajaran Kurikulum Merdeka: Kesulitan Dan Tantangan Guru Di Sekolah Dasar Kota Sintang. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 15(1), 79–90. https://doi.org/10.31932/ve.v15i1.3386
Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216
Triaswari, F. D., Sutrisno, S., Adiyaksa, W., & Ayu Rustiya, S. (2023). Aktualisasi Pendidikan Nilai Dan Moral Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Media Pembelajaran Berbasis Permainan Wordwall. Edupedia, 7(1), 38–56. https://doi.org/10.24269/ed.v7i1.1897
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: