Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Menelaah Informasi dalam Bacaan Menggunakan Model Pembelajaran CIRC pada Peserta Didik Kelas V SDN 01 Pandean
Abstract
Abstract: The objective of this research is to improve Indonesian language learning outcomes regarding material of examining information in reading using the CIRC learning model for class V students at SDN 01 Pandean. This research uses Classroom Action Research (CAR). The subjects of this research were 27 class V students at SDN 01 Pandean. This research design uses the Kemmis and Mc Taggart model. This model contains several stages in each cycle, namely, planning stage, action stage, observation stage, and reflection stage. Techniques for collecting data are obtained from observation, tests and documentation. The obtained data was analyzed through three stages: data reduction, data presentation, and drawing conclusions based on Miles and Huberman's data analysis. The validity of the data in this research uses triangulation techniques. The indicator of the success of this research is the increase in Indonesian language learning outcomes regarding material of examining information in reading using the CIRC learning model with KKM score of 75 with 80% success. The results of the Classroom Action Research on improving in Indonesian language learning outcomes regarding material of examining information in reading using the CIRC learning model can be concluded as successful, this is shown by the success results reaching 85.16%.
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi menelaah informasi dalam bacaan menggunakan model pembelajaran CIRC pada peserta didik kelas V SDN 01 Pandean. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 01 Pandean yang berjumlah 27 orang. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Model ini memuat bebrapa tahap pada setiap siklus yaitu, tahap perencanaan, tahap Tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Teknik dalam pengambilan data diperoleh dari observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisi melalui tiga tahap yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan berdasarkan analisis data Miles dan Huberman. Validitas data pada penelitian ini menggunakan triangulasi Teknik. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia materi menelaah informasi dalam bacaan menggunakan model pembelajaran CIRC dengan nilai KKM 75 dengan keberhasilan 80%. Hasil Penelitian Tindakan Kelas pada peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia materi menelaah informasi dalam bacaan dengan menggunakan model pembelajaran CIRC dapat disimpulkan berhasil, hal ini ditunjukkan dengan hasil keberhasilan mencapai 85,16%.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Riyanti, A. (2021). Keterampilan membaca. Penerbit K-Media.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Harsanti, & Gemilang, A. (2017). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sastra. Jember: Universitas Press.
Adawiyah, Heni., Gading, I. K., & Bayu, G. W. (2020). Model pembelajaran cooperatif Integrated reading composition (circ) meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 233-247.
Hadiwinarto & Novianti. (2015). The Effect of Using CIRC Model on the Englis Learning Skills among Junior High School Student. Journal of Education and Learning. Vol.9 (2), 117-124
Niliawati, L., Hermawan, R., & Riyadi, A. R. (2018). Penerapan metode CIRC (cooperative integrated reading and composition) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 23-34.
Rahmi, Y., & Marnola, I. (2020). Peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa melalui model pembelajaran cooperative integrated reading and compotion (circ). Jurnal basicedu, 4(3), 662-672.
Syahtiyani& Trisnawati (2021). Analisis Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa di Masa Pndemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol.2 (1), 90-101.
Sugiarti, U. (2012). Pentingnya pembinaan kegiatan membaca sebagai implikasi pembelajaran bahasa indonesia. Basastra, 1(1), 54467.
Taufik, T., Erwin, E., & Khatimah, H. (2020). Model Pembelajaran CIRC pada Mata Kuliah Apresiasi Sastra “Mantra Mbojo” untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 1(2), 62-70.
Yunus, A. (2016). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. In Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter (p. 24).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: