Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Teaching at the Right Level
Abstract
Abstract: The purpose of this research is to improve the problem solving abilities of class IV-A students at SD Negeri 01 Pandean through the application of the problem Based Learning model with Teaching at the Right Level approach. This type of research were 28 students in IV-A of SD Negeri 01 Pandean. Data collection techniques include observation, test, interview, and field note. The research results showed that in cycle 1 percentage learning completeness problem solving abilities was 79%. In cycle 2 percentage learning completeness problem solving abilities was 85%. So it can be concluded that the application of the Problem Solving Learning with Teaching at the Right Level approach can improve students abilities in problem solving.
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas IV-A SD Negeri 01 Pandean melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Teaching at the Right Level. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas dengan subjek penelitian 28 peserta didik kelas IV-A SD Negeri 01 Pandean. Teknik pengumpulan data yakni observasi, tes, wawancara, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus 1 kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan persentasi ketuntasan belajar sebesar 79%. Pada siklus 2 kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Teaching at the Right Level dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pemecahan masalah.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Asfar, A. M. I. T., Sumiati, Asfar, A. M. I. A., & Nurannisa, A. (2022). Analysis of Students’ Mathematical Connection Ability Through Learning Strategies Based on Local Wisdom. Jurnal Didaktik Matematika, 9(1), 170–185. https://doi.org/10.24815/jdm.v9i1.22435
Ahyar, A., Nurhidayah, N., & Saputra, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5241–5246. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1242
Barata, A., Mampouw, H. L., & Mulyani, S. (2023). Peningkatan Epistemic Curiosity dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas 7 berbantuan Video Etnomatematika. Circle: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(01), 95–113.
Hayati, R., Armanto, D., & Zuraini, Z. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Interaktif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1549. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6534
Hidayah, Y. B. N., & Putra, L. V. (2023). Perbedaan Model Pembelajaran Problem Solving dan Problem Based Learning Berbantuan Papan Diagram terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar. 06(01), 1390–1396. https://doi.org/jonedu.org/index.php/joe
Liza, T. D., Lestari, R., & Zahari, C. L. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Gender Di Smk Negeri 1 Perbaungan Pada Materi Program Linear. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran), 6(2), 192–200. https://doi.org/10.31604/ptk.v6i2.192-200
Mubarokah, S. (2022). Tantangan Implementasi Pendekatan TaRL ( Teaching at the Right Level ) dalam Literasi Dasar yang Inklusif di Madrasah Ibtida ’ iyah Lombok Timur. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 165–179. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.582
Ningrum, M. C., Juwono, B., & Sucahyo, I. (2023). Implementasi Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 7(1), 94–99. https://doi.org/10.33369/pendipa.7.2.94-99
Ningsih, F., Sudia, M., & Jafar, J. (2020). Profil Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika (Journal of Mathematics Thinking Learning), 5(1), 13. https://doi.org/10.33772/jpbm.v5i1.12878
Panggabean, C. P., & Sinambela, P. N. J. M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Berbantuan Media Quizizz untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Swasta R . A Kartini Tebing Tinggi. Journal on Education, 05(04), 13899–13906. https://doi.org/jonedu.org/index.php/joe
Pauweni, K. A. Y., & Iskandar, M. E. B. (2021). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem-Based Learning Pada Materi Bilangan Pecahan. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 8(1), 23–28. https://doi.org/10.34312/euler.v8i1.10372
Sopia, N., Setiawan, B., Andri, Rismawati, M., & Nasari, J. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Minat Belajar Siswa SMP. J-PiMat, 5(1). Subekti, F. E., & Jazuli, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 13. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2687
Sulastri, & Rochmiyati, S. (2023). Peningkatan Kreativitas Dan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis LKPD. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 6(1), 104–112. https://doi.org/journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu
Wijaya, A. P., & Yusup, M. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Tertulis Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi SPLDV. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 61–72.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: