Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Statistika SMP

Indah Dwi Permata

Abstract


Abstract: The purpose of this research is to find out students' errors in solving math problems in statistics material and to find out the factors of student errors in solving math problems in statistics material. This research is classified as a qualitative descriptive research. The data of this research are in the form of written answers obtained from written tests. The subjects of this study were students of class VIII Latersia Kec. Tapung Kab. Kampar which consists of 10 students who are able to provide information related to errors in solving math problems. The test instrument is a written test containing five questions. Based on the results of the research, it can be concluded that the types of errors that are often made are Reading Errors (errors in reading questions), Reading Comprehension (errors in understanding questions) on the indicators that students do not write down what is known and asked, Transformation Errors (transformation errors of questions), Process Skills ( Process Skill errors (process skill errors), and Coding Errors (answer writing errors) in which students do not write conclusions, and the factors that often cause errors are external factors, namely the lack of habituation of students in working on questions carefully and completely

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui kesalahan- kesalahan siswa terhadap penyelesaian soal matematika pada materi statistika dan untuk mengetahui faktor kesalahan siswa terhadap penyelesaian soal matematika pada materi statistika. Penelitian ini tergolong dalam penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa jawaban tertulis yang diperoleh dari tes tertulis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII Latersia Kec. Tapung Kab. Kampar yang terdiri dari 10 siswa yang mampu memberikan informasi terkait dengan kesalahan dalam penyelesaian soal matematika. Instrumen tes berupa tes tertulis yang memuat lima butir soal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Jenis kesalahan yang sering dilakukan adalah Reading Error (kesalahan membaca soal), Reading Comprehension (kesalahan memahami soal) pada indikator siswa tidak menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanya, Transform Error (kesalahan transformasi soal), Process Skill (kesalahan Process Skill (kesalahan keterampilan proses), dan Encoding Error (kesalahan penulisan jawaban) pada indikator siswa tidak menuliskan kesimpulan. Dan faktor penyebab sering terjadinya kesalahan adalah faktor eksternal yakni kurangnya pembiasaan siswa dalam mengerjakan soal secara cermat dan lengkap.


Full Text:

PDF

References


Achmad, A. (2018). Penguasaan Konsep Matematika Ditinjau Dari Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar. : Jurnal Pendidikan MIPA, 1 (1).

Arif, F., Yuli, F. W., Susanto. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaffolding Yang Diberikan. Jurnal Kadikma, 8 (1).

Aris, A.W., Masriyah. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2 (1).

Cindy, A.C., Sutriyono. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar Bagi Siswa Kelas VII SMP Kristen 2 Salatiga. jurnal JTAM Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 2 (1).

Dewi, S. I. K. (2014). Analisis Kesalahan Siswa kelas VIII dalam Menyelesaikan soal pada materi Faktorisasi Bentuk Aljabar SMP Negeri 1 Kamal gasal Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3 (2).

Iyam, M., Nanang, P. (2017). Analisis Kesulitan Dalam Materi Statistika Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Statistis. Jurnal PRISMA Universitas Suryakancana, 6 (2).

Jamal., Fakhrul. (2014). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pelajaran Matematika pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1).

Listia, R., Ana, Rahmawati. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linier Satu Variabel (Analysis Of Student’s Errors In Solving Word Problems Of Linear Equations In One Variable) Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1 (2).

Manibuy, R. (2014). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Berdasarkan Taksonomi Solopada Kelas X SMA Negeri 1 Plus di Kabupaten Nabire – Papua. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2 (9).

Muhamad, R. L., Muhammad, S. K. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN), 3 (2).

Ni Ketut, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Make A Match Pada Siswa Kelas Ii Sd Negeri 2 Padangkerta Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017. ELEMENTARY : Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3 (1).

Novia, F. U., Afrilianto. (2021). Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMP pada Materi Relasi dan Fungsi dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2 (4)

Ratih., Sunardi., Dafik. (2013). Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Penguasaan Materi dalam Ujian Nasional Matematika SMA Program IPA Tahun Ajaran 2009/2010 di Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pancaran, 1 (2).

Shofia, H. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016, 1 (1).

Titis, N. F. (2013). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bernahasa Inggris Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel, MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2 (1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: