PENGEMBANGAN DIGITAL SCRAPBOOK BERBANTUAN APLIKASI CANVA UNTUK PEMBELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak: Penggunaan media pembelajaran yang belum bervariasi yang membuat proses pembelajaran kurang aktif dan kurang menarik perhatian peserta didik terutama pembelajaran IPS. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan digital scrapbook berbantuan aplikasi canva untuk pembelajaran IPS kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan digital scrapbook berbantuan aplikasi canva untuk pembelajaran IPS kelas V sekolah dasar yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Hannafin and Peck dengan 3 tahapan, yaitu 1) tahap analisis kebutuhan, 2) tahap desain, 3) tahap pengembangan dan implementasi. Kevalidan digital scrapbook berbantuan aplikasi canva dinilai oleh tiga ahli pada tahap expert review yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Hasil analisis dari penilaian para ahli yaitu rata-rata 91,0% dengan kriteria sangat valid berdasarkan data angket. Untuk kepraktisan diperoleh dari respon peserta didik pada tahap one-to-one memperoleh nilai rata-rata 90,2% dengan kategori sangat praktis, dan pada tahap small group memperoleh nilai rata-rata 92,0% dengan kategori sangat praktis berdasarkan data angket. Jadi, dapat disimpulkan bahwa digital scrapbook berbantuan Canva termasuk ke dalam kategori sangat valid dan sangat praktis. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam Pendidikan khususnya sekolah dan guru dan juga peneliti dapat menjadi rujukan dan penelitian lanjutan, yakni efektivitas dari produk tersebut.
Abstract: The use of learning media has not varied which makes the learning process less active and less attractive to students, especially in social studies learning. Therefore, the researchers developed a digital scrapbook assisted by Canva applications for social studies learning for grade V. This study aims to produce a digital scrapbook assisted by Canva applications for social studies learning for grade V elementary schools that is valid and practical. This study uses the Hannafin and Peck development model with 3 stages, namely 1) the needs analysis stage, 2) the design stage, and 3) the development and implementation stages. The validity of the digital scrapbook assisted by the Canva application was assessed by three experts at the expert review stage, namely media experts, materials experts, and linguists. The results of the analysis of the assessment of the experts, namely an average of 91.0% with very valid criteria based on questionnaire data. For practicality, it was obtained from the responses of students in the one-to-one stage that an average score of 90.2% was obtained in the very practical category, and in the small group stage, an average score of 92.0% was obtained in the very practical category based on questionnaire data. So, it can be concluded that Canva-assisted digital scrapbooks fall into the very valid and very practical category. The results of this study are expected to contribute to education, especially schools and teachers and also researchers can be a reference and further research, namely regarding the effectiveness of these products.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 1(1), 79-89.
Aini, N. N., & Wicaksono, V. D. (2021). Pengembangan Media Digital Scrapbook Berbasis Android Materi Hubungan Gambar Lambang Negara Dengan Pancasila Kelas II SD. Jurnal JPGSD, 9(9), 3299-2208.
Amalina, A. F. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK DENGAN PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal SyntaxAdmiration, 1 (5), 468478.
Anjarwati, N., Lubis, P. H., & Sugiarti. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Discovery Learning Berbantuan Softwere Tracker untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas X Materi Gerak Lurus. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika), 9 (2), 226-238.
Cahyani, F. S., Mujamil, J., & Sukaryawan, M. (2021). Pengembangan E-Modul Pemisahan Kimia Materi Ekstraksi Pelarut Terintegrasi Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing pada Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Sriwijaya. Seminar Nasional Pendidikan IPA 2021, 1 (1).
Faisal, A. H., Zuriyati, n., & Leiliyanti, E. (2020). Media Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Aplikasi Android untuk Siswa SMA. KWANGSAN: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8 (1), 1-17.
Hamzah, A. (2019). METODE PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN (RESEARCH & DEVELOPMENT). Malang: Literasi Nusantara.
Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Oprasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 22-34.
Kartina, Akrom, & Farhurohman, O. (2021). Pengembangan Media Scrapbook Berbasis Budaya Lokal pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Keilmuan dan Pendidikan Dasar, 13 (2), 119130.
Monoarfa, M., & Haling, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Canva dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. SEMINAR NASIONAL HASIL PENGABDIAN 2021, 1085-1092.
Murjainah. (2016, Desember 28). Pengembangan digital scrapbook Pembelajaran Geografi dengan Kompetensi Dasar Menganalisis Kecenderungan Perubahan Litosfer di Muka Bumi Kelas X Sekolah Menengah Atas. Prosiding Seminar Pendidikan Nasional, hal. 928-946.
Pelangi, G. (2020). PEMANFAATAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA JENJANG SMA/MA. Jurnal Sasindo Umpam, 8 (2), 79-96.
Ramadhanty, M. F., Akhsan, H., & Marlina, L. (2021). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Multi Representasi Bagi Siswa SMA yang Valid dan Praktis. Seminar Nasional Pendidikan IPA, 1 (1), 43-51.
Rosihah, I., & Pamungkas, A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis Konteks Budaya Banten Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. JURNAL MADRASAH IBTIDAIYAH, 4, 35-49.
Sartono, E. K., & Wulandari, A. (2020). Pengembangan Media Kereta Budaya Untuk Menanamkan Karakter Cinta Tanah Air Siswa Kelas IV SD. KWANGSAN: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 62-82.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan Researchbanf Development. Bandung: ALFABETA.
Sulistyowati, P., Fathanah, D., & Setiawan, D. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook In Box Berbasis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5, 29-36.
Susanti, D., Chotimah, U., & Alfiandra, A. (2021). Pengembangan Media Digital Scrapbook Pada Maya Pelajaran PPKN di Sekolah Menengah Pertama. Sriwijaya University.
Susanto, A. (2014). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR. Jakarta: Prenada Media.
Sutanto, T., Ningsih, N., & Rahmawati, E. (2018). Perancangan Desain User Interface Papan Tulis Digital berbasis Tablet PC Android. Jurnal Sistem Informasi Indonesia, 3 (2), 1-5.
Tanjung, R. E., & Delsina, F. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronik. VOTEKNIKA : Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika, 7 (1), 79-85.
Wusqo, U., & dkk. (2021). The development and validation of science digital scrapbook in a universal design for learning environment. Journal of Physics : Conference Series, 1-5.
Yoto, Zulkardi, & Wiyono, K. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Teori Kinetik Gas Berbantu Lectora Inspire Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2 (2), 211-219.
DOI: https://doi.org/10.31764/geography.v10i2.10060
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
GEOGRAPHY : Jurnal Kajian Penelitian & Pengembangan Pendidikan
Email: [email protected] | p-ISSN 2339-2835 | e-ISSN 2614-5529
EDITORIAL OFFICE: