IMPLEMENTASI DESAIN SISTEM PEMBELAJARAN MODEL ASSURE PADA MATA KULIAH STUDI FENOMENA GEOSFER (SFG) 1 MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI BERBASIS ONLINE
Abstract
Abstrak: Studi Fenomena Geosfer (SFG) atau kuliah kerja lapangan adalah mata kuliah jurusan geografi yang memadukan pembelajaran berbasis indoor dan outdoor study. Pandemi Corona menjadi tantangan dalam pelaksanaan perkuliahan sehingga diperlukan model desain sistem pembelajaran efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model sistem pembelajaran dan mengimplementasikan dengan prosedur enam langkah model ASSURE. Penelitian ini menggunakan purposive sample, diambil 1 rombel semester 2 mahasiswa program studi pendidikan geografi Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang mata kuliah studi fenomena geosfer 1 tahun 2020/2021 sejumlah 41 orang. Teknik pengambilan data ini menggunakan angket tertutup dan Angket terbuka. Analisis data kuantitatif menggunakan rumus deskripsi persentase. Hasil penelitian menunjukkan pada ketercapaian tujuan pembelajaran, ketepatan penggunaan metode, media dan strategi pembelajaran, proses keterlibatan aktif mahasiswa dalam pembelajaran menunjukkan dominasi pada persepsi setuju, begitu pula dalam hasil evaluasi dari hal tersebut sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam implementasinya efektif.
Abstract : Geosphere Phenomenon Studies (SFG) or field work courses are geography majors that combine indoor and outdoor study-based learning. The Corona pandemic is a challenge in the implementation of lectures so that an effective and efficient learning system design model is needed. The purpose of this research is to develop a learning system model and implement the ASSURE model with a six-step procedure. This study used a purposive sample, taken 1 semester 2 group of students from the geography education study program, Faculty of Social Sciences, Semarang State University for the subject of study of geosphere phenomena 1 year 2020/2021, a total of 41 people. This data collection technique uses a closed questionnaire and an open questionnaire. Quantitative data analysis uses a percentage description formula. The results of the study show the achievement of learning objectives, the accuracy of using methods, media and learning strategies, the process of active involvement of students in learning shows dominance in perceptions of agreement, as well as in the evaluation results of this so that it can be concluded that the implementation is effective.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Devi, P. C., Hudiyono, Y. and Mulawarman, W. G. (2018) ‘Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur Kompleks Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Audio Visual (Video) Di Kelas XI SMA Negeri 1 Samarinda’, Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(2), pp. 101–114. doi: 10.30872/DIGLOSIA.V1I2.13.
Febliza, A., Oktariani, O. and Afdal, Z. (2021) ‘Kebutuhan Mahasiswa Terhadap Video Kontekstual sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi COVID-19’, Jurnal Basicedu, 5(3), pp. 1130–1138. doi: 10.31004/BASICEDU.V5I3.883.
Havizul, H. (2022) ‘DESAIN PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS GOOGLE CLASSROOM UNTUK MATA PELAJARAN IPS SMP/MTS MENGGUNAKAN MODEL ASSURE’, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 9(1), pp. 106–117. doi: 10.31571/SOSIAL.V9I1.3677.
Hollingsworth, P. and Lewis, G. (2008) Pembelajaran Aktif Meningkatkan Keasyikan Kegiatan di Kelas. Jakarta: PT Macanan Jaya Cemerlang.
Ismail, S. (2008) Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Semarang: Rasail Media Group.
Krismadinata, K. et al. (2021) ‘Increasing Critical Thinking Through the Blended Socratic Method of Teaching Model’, JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(2), pp. 297–305. doi: 10.23887/JPI-UNDIKSHA.V10I2.24377.
Mardapi, D. (2008) Teknik Penyusunan Instrumen Instrumen dan Non Instrumen. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.
Mutia, R., Adlim, A. and Halim, A. (2017) ‘PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN’, Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), pp. 108–114. doi: 10.24815/JPSI.V5I2.9825.
Pribadi, B. A. (2010) Model desain sistem pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Rahmi, W. N. (2022) ‘Penerapan Model Pembelajaran Assure Berbasis Daring/E-Learning pada Mata Kuliah Bahasa Inggris di Sekolah Tinggi Teknologi Sinar Husni’, Jurnal Pembelajaran Inovatif, 5(1), pp. 01–07. doi: 10.21009/JPI.051.01.
Sahamid, H. (2016) ‘Developing critical thinking through Socratic Questioning: An Action Research Study’, International Journal of Education and Literacy Studies, 4(3), pp. 62–72. Available at: http://www.journals.aiac.org.au/index.php/IJELS/article/view/2683 (Accessed: 13 September 2022).
Satwika, Y. W., Laksmiwati, H. and Khoirunnisa, R. N. (2018) ‘Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa’, JP (Jurnal Pendidikan) : Teori dan Praktik, 3(1), pp. 7–12. doi: 10.26740/JP.V3N1.P7-12.
Sharon E. Smaldino, James D. Russel, Robert Heinich, M. M. (2005) Instructional Technology And Media For Learning. New Jersey: Pearson Merrill Prentice Hall. Inc.
Susiani, K. and Suranata, K. (2017) ‘Implementasi Metode Sokratik Melalui Lesson Study Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa’, Indonesian Journal of Educational Counseling, 1(1), pp. 27–40. doi: 10.30653/001.201711.4.
Taqiya, Tsausand, B. et al. (2019) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Connected Berbantu Media Video Animasi’, MIMBAR PGSD Undiksha, 7(3). doi: 10.23887/JJPGSD.V7I3.19492.
Wandhiro, M. F. (2020) GURU BERBAGI | Pembuatan Video Pembelajaran yang Efektif. Available at: https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/pembuatan-video-pembelajaran-yang-efektif/ (Accessed: 13 September 2022).
Wijayanto, P. A. et al. (2018) ‘Pentingnya Pengembangan Geography Virtual Laboratory (Geo V-Lab) sebagai Media Pembelajaran Litosfer’, JP (Jurnal Pendidikan) : Teori dan Praktik, 3(2), pp. 119–125. doi: 10.26740/JP.V3N2.P119-125.
Wijayanto, P. A., Nafi’ah, K. and Pratomo, V. (2021) ‘Persepsi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Online Mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Negeri Semarang Menjelang Pandemi Covid-19’, J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 7(2), pp. 116–131. doi: 10.18860/JPIPS.V7I2.12084.
Wijayanto, P. A., Utaya, S. and Amirudin, A. (2017) ‘EFEKTIVITAS METODE DEBAT AKTIF DAN STRATEGI PENERAPANNYA DALAM MENGOPTIMALKAN PEMBELAJARAN GEOGRAFI’, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2(1), pp. 99–116. doi: 10.24832/JPNK.V2I1.586.
Woolfitt, Z. (2015) The effective use of video in higher education. Lectoraat Teaching, Learning and Technology Inholland University of Applied Sciences.
DOI: https://doi.org/10.31764/geography.v11i1.12044
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
GEOGRAPHY : Jurnal Kajian Penelitian & Pengembangan Pendidikan
Email: [email protected] | p-ISSN 2339-2835 | e-ISSN 2614-5529
EDITORIAL OFFICE: