PENGARUH KOMUNIKASI KELUARGA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI SEMESTER II UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Siti Marhamah, Nurin Rochyati

Abstract


Keluarga sangat besar peranannya dalam mengajarkan, membimbing, menentukan perilaku, dan membentuk cara pandang anak terhadap nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat. Keluarga layaknya memberikan penanaman nilai-nilai yang dibutuhkan anak melalui suatu pola komunikasi yang sesuai sehingga komunikasi berjalan dengan baik, tercipta hubungan yang harmonis, serta pesan dan nilai-nilai yang ingin disampaikan dapat diterima dan diamalkan dengan baik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah 33 mahasiswa, karena jumlah populasi dalam penelitian ini kurang dari 100 maka penelitian ini menjadi penelitian populasi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data statistic korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini dengan menggunakan rumus Product moment, maka diperoleh hasil nilai rxyhitung lebih besar dari nilai rxytabel atau  0,813>  0,344 , sehingga hasil penelitian ini “Signifikan”. Dengan demikian kesimpulan analisis dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: “ Ada pengaruh yang signifikan antara komunikasi keluarga terhadap kecerdasan emosional mahasiswa program studi pendidikan geografi semester II Universitas Muhammadiyah Mataram Tahun 2016”


Keywords


Komunikasi Keluarga, Kecerdasan Emosional

Full Text:

PDF

References


Anindhita,Y. 2010. "Perbedaan kecerdasan emosional berdasarkan status Keikutsertaan da/am organisasi ekstrakurikuler Pada mahasiswa d IV kebidanan" Karya Tulis Umiah tidak diterbitkan. Program studi d IV kebidanan fakultas kedokteran. Universitas sebelas maret surakarta

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, edisi revisi VI.Jakarta: Rineka Cipta.

Baiq.M.2013.,'Pengaruh Kecerdasan Emosi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Menganalisis Biosfer Dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Di Muka Bumi Siswa Kelas X MA Darul Amin NW Aik Mual Tahun Pelajaran 2012/2013". Skripsi tidak diterbitkan. Program Studi Pendidikan Geografi. Universitas Muhammadiyah Mataram.

Diah,S.2011 "Kecerdasan Emosi Mahasiswa Ditinjau Dari Keaktifan Berorganisasr Skripsi tidak diterbitkan. Program Studi Psikologi. Fakultas ilmu pendidikan. Universitas negeri semarang.

Goleman, Daniel. 2001. Emotional Intelligence, Kecerdasan Emosional; Mengapa EI Lebih Penting dan pada IQ. Jakarta : Gramedia.

Makmun, 2006. Kecerdasan dan Kesehatan Emosi Anak. Jakarta : Pustaka Al-Kautsar.

Sugiyono.2014. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Bandung : Alfabeta. Sundara, 2012. Metode penelitian pendidikan, FK1P: UM Mataram.

Sundara,2012. Metode penelitian pendidikan, FKIP: UM Mataram.

Https: digilib. uns. ac.id/....Perbedaan Kecerdasan Emosional berdasarkan status.kti.Kebidanan. (09 01 2016)

Forum Kajian Budaya dan Agama. 1999. Kecerdasan emosi dan Quantum learning

Changara, Hafied. (2005). Pengantar Ilmu Komunikasi. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta

Nurmawan, Sri. (2005). "Pengaruh Pendidikan Keluarga Terhadap Introvert dan Exstrovert Siswa SMP Muhammadiyah Mataram Tahun Pelajaran 2004/2005". Skripsi. Tidk diterbitkan, IKIP Mataram.

Winarno, Dwi. (2006). "pengaruh intensitas komunikasi keluarga terhadap kreativitas belajar siswa SMA Negeri I Sigaluh Banjarnegara Tahun Pelajaran 2005 / 2006". Skripsi. tidak ditebitkan. UNNES Fakultas llmu Sosial Jurusan Ekonomi




DOI: https://doi.org/10.31764/geography.v6i2.1419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




GEOGRAPHY : Jurnal Kajian Penelitian & Pengembangan Pendidikan
Email: [email protected] | p-ISSN 2339-2835 | e-ISSN 2614-5529

 EDITORIAL OFFICE: