EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING DAN METODE DISKUSI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII MTS

Mas’ad Mas’ad, Kusmila Kusmila

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Efektivitas penerapan metode pembelajaran guided note taking dan metode diskusi terbimbing terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VIII MTs. Nurul Jannah NW Ampenan tahun Pelajaran 2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs. Nurul Jannah NW Ampenan sebanyak 3 kelas dengan jumlah siswa 97 orang. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil pre-test dan post-test pada materi pokok permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya. Nilai rata-rata hasil pre-test yang diperoleh pada kelas eksperimen 41,70 dan kelas kontrol 38,33. Sedangkan nilai rata-rata hasil post-test yang diperoleh pada kelas eksperimen 72,18  dan kelas kontrol 63,48. Berarti    sehingga hipotesis Ho ditolak dan Ha yang berbunyi penerapan metode pembelajaran guided note taking dan metode diskusi terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VIII MTs. Nurul Jannah NW Ampenan diterima. Berdasarkan uji hipotesis, diperoleh nilai thitung = 2,90 lebih besar dari nilai ttabel = 1,98 (2,90 > 1,98). Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran guided note taking dan metode diskusi terbimbing berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII MTs

Keywords


Metode Pembelajaran, Guided Note Taking, Metode Diskusi Terbimbing, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamid, Sholeh. 2011. Metode Edutainment. Yogyakarta: DIVA Press.

Prasetio, Endro, dkk. 2013. Penggunaan Metode Guided Note Taking Dalam Peningkatan Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas V SDN 2 Kalirejo Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal PGSD. Universitas Sebelas Maret.

Riduwan. 2009. Dasar-dasar Statistika. Bandung Alfabeta.

Silberman, Mel. 2009. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Madani.

Sulistiani, Asih. 2010. Aplikasi Metode Diskusi Terbimbing Dalam Meningkatkan Kompetensi Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SDN 1 Kenteng Nongosari Boyolali Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Surakarta. Universitas Sebelas Maret.

Sulistyaningrum. 2012. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking (GNT) Dengan Mengoptimalkan Penggunaan Tarsi Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri Kebak Keramat Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Surakarta. Universitas Sebelas Maret.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2012. Cooprative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Zaini H., Aryani S., dan Munthe B. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.




DOI: https://doi.org/10.31764/geography.v7i1.1425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




GEOGRAPHY : Jurnal Kajian Penelitian & Pengembangan Pendidikan
Email: [email protected] | p-ISSN 2339-2835 | e-ISSN 2614-5529

 EDITORIAL OFFICE: