PROSPEK PENGEMBANGAN OBYEK WISATA PANTAI MAPAK INDAH DI KELURAHAN JEMPONG BARU KECAMATAN SEKARBELA KOTA MATARAM

Agung Pramunarti, Rio Putra

Abstract


Pantai Mapak Indah ini merupakan Pantai yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Berdasarkan survei awal yang dilakukan peneliti dilapangan objek wisata Pantai Mapak Indah  merupakan aset wisata yang seharusnya banyak menarik minat wisatawan karena Obyek wisata Pantai Mapak Indah adalah sebuah pantai berpasir hitam, ombak yang relatif aman dan pada sore hari bisa melihat matahari terbenam dengan jelas. Tetapi disamping kelebihan yang dimiliki masih banyak kekurangan nya, maka perlu adanya pengembangan yang dilakukan pemerintah setempat. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti mengangkat judul yaitu “Prospek Pengembangan obyek wisata Pantai Mapak Indah Kelurahan Jempong Baru Kecamatan Sekarbela Kota Mataram”. Rumusan masalah yang di angkat dalam penelitian ini adalah bagaimana kekuatan dan kelemahan juga peluang dan ancaman  yang ada di pantai Mapak Indah Kelurahan Jempong Baru Kecamatan Sekarbela Kota Mataram. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui kekuatan dan kelemahan juga peluang dan ancaman yang ada di Pantai Mapak Indah Kelurahan Jempong Baru Kecamatan Sekarbela Kota Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah  di Pantai Mapak Indah Kelurahan Jempong Baru Kecamatan Sekarbela Kota Mataram, cara menentukan informan dengan menggunakan informan kunci adalah pengelola pantai mapak indah, sedangkan yang menjadi informan biasa yaitu pengunjung yang mengunjungi Pantai Mapak Indah. Teknik pengumpulan data, yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: analisis SWOT dengan membandingkan antara faktor eksternal Peluang (opportunities) dan ancaman (threats) dengan faktor internal kekuatan (strenghts) dan kelemahan (weakness). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa obyek wisata Pantai Mapak Indah sangat layak dikembangkan karena menggunakan Strategi (SO) adalah strategi yang menggunakan kekuatan internal yang memanfaatkan peluang. Strategi (ST) adalah strategi dengan menggunakan seluruh kekuatan yang dimiliki untuk mengatasi ancaman. Strategi (WO) adalah strategi yang dibuat berdasarkan pemanfaatan peluang yang ada dengan cara meminimalkan kelemahan yang ada. Strategi (WT) adalah Strategi ini digunakan untuk meminimalkan kelemahan yang ada serta menghindari ancaman.


Keywords


Prospek Pengembangan, Obyek Wisata, Kunjungan Wisata

Full Text:

PDF

References


Soetarto, 2004. “Analisis Pengembangan Kawasan Pariwisata Pantai Cermin”. Universitas Islam Sunan Kalijaga, Diakses pada tanggal 1 juli 2016 dari http://jejaksiganteng.blogspot.com/2012/05/contoh-skripsi-pengembangan-pariwisata.html.

Afifudin, 2012. Metode penelitian kualitatif. Penerbit PT CV Pustaka Setia Bandung

Anonim, 2015. Buku Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa. Fakultas Keguruan Dan Ilmu pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram.

Dewa, P. 2011. definisi wisatawan. di akses tanggal 3 juni 2016 dari http://ilmukepariwisataan.blogspot. com/ 2011/09/definisi wisatawa.html.

Faizun, M. 2009. Dampak perkembangan Kawasan Wisata Pantai Kartini Terhadap Masyarakat Setempat Dikabupaten Jepara. Masters thesis, program pascasarjana Universitas Diponegoro. Diambial pada tanggal 4 juli 2016 dari http://eprints.undip.ac.id/18208/.

Gunawan, 2014. Metode penelitian kualitatif. Teori dan praktek. Penerbit Bumi Aksara Jakarta.

Iqbal, M. 2013.Pengertianwisatawan. diakses tanggal 14 juni 2016 dari http://trancepass.blogspot.com/2013/01/pengertian-wisatawan.html

Kodhyat, 2007. Pariwisata di Indonesia jakarta:PT. Rhineka Cipta.

Meleong, 2013. Metode penelitian kualitatif. Dan kuantitatif,Jakarta: rajawali

Meleong, 2014. Metode penelitian kualitatif. Dan kuantitatif,Jakarta: rajawali

Nurliana, F. 2008. Respon wisatawan domestik terhadap pengembangan obyek wisata pantai teluk penyu kabupaten cilacap (skripsi). Diambil tanggal 4 juni 2016 dari http://respository.upi.edu/skripsiview.php?.

Soetarto, 2004. “Analisis Pengembangan Kawasan Pariwisata Pantai Cermin”. Universitas Islam Sunan Kalijaga, Diakses pada tanggal 1 juli 2016 dari http://jejaksiganteng.blogspot.com/2012/05/contoh-skripsi-partisipasi-masyarakat.html.

Suwantoro, 2001 Destinasi Wisata Indonesia. Penerbit Jakarta: PT. Rhineka Cipta

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif Dan R&D. Bandung: alfabeta

Undang-undang republik indonesia no 10 tahun 2009 tentang keparawisataan.




DOI: https://doi.org/10.31764/geography.v7i2.1432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




GEOGRAPHY : Jurnal Kajian Penelitian & Pengembangan Pendidikan
Email: [email protected] | p-ISSN 2339-2835 | e-ISSN 2614-5529

 EDITORIAL OFFICE: