META ANALISIS : MODEL PEMBELAJARAN GEOGRAFI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL PESERTA DIDIK DI INDONESIA
Abstract
Abstrak : Kemampuan berpikir spasial dapat membantu peserta didik dalam membuat keputusan dari hal yang sederhana sampai dengan hal yang kompleks. Pemilihan model pembelajaran oleh guru berperan penting terhadap peningkatan kemampuan berpikir spasial peserta didik. Penelitian yang membahas model pembelajaran untuk peningkatan kemampuan berpikir spasial telah banyak dilakukan. Akan tetapi, sintesis penelitian-penelitian tersebut belum banyak dilakukan. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah mensintesis artikel penelitian tentang model pembelajaran untuk diketahui keefektifan model tersebut dalam meningkatkan kemampuan berpikir spasial. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan melalui langkah-langkah literature review meta analisis. Jumlah populasi sebanyak 86 artikel, tetapi setelah disesuaikan dengan kriteria inklusi, jumlah artikel yang dijadikan sampel penelitian ini sebanyak 13 artikel. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistika deskriptif berupa perhitungan selisih nilai mean post test kelas eksperimen dengan nilai mean post test kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran yang paling efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir spasial adalah model pembelajaran berbasis proyek berbantuan Google Earth dengan selisih sebesar 22 (nilai mean post tes kelas eksperimen 83, sedangkan nilai mean post tes kelas kontrol 61).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggreni, D. P., & Sumarmi, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Geoliteracy (GIGL) Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Pada Pelajaran Geografi. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 8(2), 114–125. https://doi.org/10.18860/jpips.v8i2.12259
Dewi, Y. K. S., Handoyo, B., & Purwanto, P. (2021). Model Problem Based Learning dengan geospatial information: Implementasi dalam pembelajaran Geografi dengan untuk kemampuan spatial thinking. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(3), 388–398. https://doi.org/10.17977/um063v1i3p388-398
Fitra Arief Syaviar, Purwanto, Y. A. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Earthcomm Berbantuan. Jurnal Warbhumi Vol 5, No.2, Agustus 2020, 5(2), 10–17.
Fitria, D., Lestari, M., Aisyah, S., Renita, R., Dasmini, D., & Safrudin, S. (2021). Meta-Analisis Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Jurnal Simki Economic, 4(2), 192–199. https://doi.org/10.29407/jse.v4i2.65
Gardner H 2011 Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences(New York: Basic Books).
Hidayanti, I. H., Sumarmi, S., & Utomo, D. H. (2019). Pengaruh Model Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(9), 1222. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i9.12730
Lidiawati, B., Nurwahidin, M., & Widodo, S. (2022). Strategi ilmu geografi untuk meningkatkan minat belajar peserta didik berbantu media pembelajaran berbasis digital. 1(10).
Manek, A. H., Utomo, D. H., & Handoyo, B. (2019). Pengaruh Model Spasial Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(4), 440. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i4.12245
Medani, Z. P., Suharto, Y., Taryana, D., & Sumarmi. (2022). Pengaruh model guided discovery learning berbantuan google my maps terhadap kemampuan berpikir spasial siswa SMAN 1 Singosari. Junal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S) , 2(6), 534–547. https://doi.org/10.17977/um063v2i62022p534-547
Mulyadi, A., & Yani, A. (2019). Learning Materials to Increase Spatial Ability of Senior High School Students. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 286(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/286/1/012008
Nisa, K., Soekamto, H., Wagistina, S., & Suharto, Y. (2021). Model Pembelajaran EarthComm pada Mata Pelajaran Geografi: Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 500–510. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.40031
Nurcahyo, A. D., & Winanti, E. T. (2021). Pengaruh model Problem Based Learning terintegrasi pendekatan induktif terhadap kemampuan berpikir spasial dan pengetahuan siswa pada materi mitigasi bencana. Jurnal Pendidikan Geografi, 26(1), 41–47. https://doi.org/10.17977/um017v26i12021p041
Nurwijaya, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Augmented Reality Terhadap Kemampuan Spasial Siswa. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 107–116. https://doi.org/10.46918/equals.v5i2.1563
Oktavianto, D. A. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Google Earth Terhadap Keterampilan Berpikir Spasial. Jurnal Teknodik, 1, 059. https://doi.org/10.32550/teknodik.v21i1.227
Philip J. Gersmehl & Carol A. Gersmehl (2007) Spatial Thinking by Young Children: Neurologic Evidence for Early Development and “Educability”, Journal of Geography, 106:5, 181-191, DOI: 10.1080/00221340701809108
Putri, Ramayana Dwi. (2020). The Influence of Project Based Learning (PJBL) Learning Model on Spatial Thinking Ability in Class X Geography Learning Eyes in SMA PGRI 2 Palembang. Journal of Geography Science and Education Vol. 2, No. 1 (April 2020), pp : 11-16
Wijayanto, B., Sutriani, W., & Luthfi, F. (2020). Kemampuan Berfikir Spasial dalam Pembelajaran Abad 21. Jurnal Samudra Geografi, 3(2), 42–50. https://doi.org/10.33059/jsg.v3i2.2495
Zakiy, W. W., Handoyo, B., & Hartono, R. (2022). Pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir spasial peserta didik XII MAN 1 Trenggalek. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 2(3), 250–258. https://doi.org/10.17977/um063v2i32022p250-258
DOI: https://doi.org/10.31764/geography.v11i2.15710
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
GEOGRAPHY : Jurnal Kajian Penelitian & Pengembangan Pendidikan
Email: [email protected] | p-ISSN 2339-2835 | e-ISSN 2614-5529
EDITORIAL OFFICE: