STUDI ANALISIS POTENSI DAN MANFAAT LIVEWORKSHEETS DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN HYBRID

Yuliana FH, Dewi Pratita, Firmansyah Firmansyah, Erza Nurjannah

Abstract


Abstrak: Sistem pembelajaran ini memiliki manfaat dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, namun juga terdapat kendala yang ditemui, sehingga perlu dilakukan berbagai persiapan yang matang pada berbagai komponen pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan merupakan bagian studi pendahuluan dari pengembangan media interaktif liveworksheets untuk mendukung pembelajaran hybrid. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan respons mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya terkait pelaksanaan pembelajaran hybrid; 2) untuk melakukan studi literatur terkait potensi dan manfaat penggunaan liveworksheets dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif yang dapat mendukung pembelajaran hybrid. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi literatur dan kuesioner yang diberikan kepada mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNSRI Angkatan 2022 berjumlah 57 orang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa mahasiswa belum menunjukkan kesiapan diri yang baik dalam mengikuti pembelajaran hybrid, dan masih bergantung pada sumber ajar yang diberikan dosen. Selain itu, kendala teknis seperti jaringan membuat mereka sulit memahami secara utuh terkait materi yang disampaikan, sehingga penggunaan media pembelajaran interaktif diperlukan untuk mengatasi kendala tersebut. Salah satunya dengan memanfaatkan liveworksheets yang memiliki potensi dan manfaat dalam meningkatkan minat, motivasi, keaktifan dan hasil belajar melalui penyajian media pembelajaran yang menarik dan interaktif.


Abstract:  This learning system has benefits in improving the quality of learning, but there are also obstacles encountered, so it is necessary to make careful preparations for various learning components. This research is using descriptive quantitative method and part of a preliminary study of the development of liveworksheets interactive media to support hybrid learning. The aims of this study were 1) to describe the responses of students of the Economics Education Study Program, FKIP, Sriwijaya University regarding the implementation of hybrid learning; 2) to conduct a literature study related to the potential and benefits of use liveworksheets in developing interactive learning media that can support hybrid learning. The data collection technique used was a literature study and a questionnaire given to 57 students of Economics Education FKIP UNSRI Batch 2022. Based on the research that has been done, the results show that students need to show better self-readiness in participating in hybrid learning, and still depend on the teaching resources provided by the lecturer. In addition, technical constraints such as networking make it difficult for them to fully understand the material presented, so the use of interactive learning media is needed to overcome these obstacles. One of them is by using liveworksheets which have the potential and benefits of increasing interest, motivation, activity, and learning outcomes through the presentation of exciting and interactive learning media.

Keywords


Liveworksheets; Interactive media; Hybrid learning

Full Text:

PDF

References


Alwi, A. (2017). Problematika guru dalam pengembangan media pembelajaran. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 8(2), 145–167.

Arisandi, S. N. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Liveworksheets Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pada Materi Konsep Mol. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 2(3), 306–316. https://doi.org/10.51878/secondary.v2i3.1361

Astuti, P., & Febrian, F. (2019). Blended Learning Syarah: Bagaimana Penerapan dan Persepsi Mahasiswa. Jurnal Gantang, 4(2), 111–119. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1560

Atmojo, I. R. W., Matsuri, M., Adi, F. P., Ardiansyah, R., & Saputri, D. Y. (2022). Pemanfaatan LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Muatan IPA Peserta Didik Kelas V di SD Negeri Jajar Kota Surakarta. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 3(2), 241. https://doi.org/10.33394/jpu.v3i2.5514

Fatmasari, E. D., & Cholily, Y. M. (2023). Pemanfaatan Live Worksheet Education Sebagai Media Peningkatan Partisipasi Keaktifan Dan Kreativitas Siswa. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(01), 1182–1198.

Febnesia, H., Nurtanto, M., Ikhsanudin, & Abdillah, H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning Dengan Metode Tutor Sebaya Terhadap Hasil Pengelasan Pada Siswa SMKS Yabhinka. Research and Development Journal of Education, 7(2), 532–543.

Galus, S. S., Arifin, & Sulkifly. (2021). Kesiapan Sekolah Dalam Pengelolaan Model Pembelajaran Hybrid Learning di SMA Kota Gorontalo. Student Journal of Educational Management, 1(1), 41–56.

Ganovia, P., Sherly, S., & Herman, H. (2022). Efektivitas Hybrid Learning dalam Proses Pembelajaran untuk Siswa Kelas XI SMA Kalam Kudus Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1478–1481.

Harun, A., Asyiah, N., Wijaya Kuswanto, C., Iqbal, A. H., & Diadara, N. (2021). Model Pembelajaran Hybrid Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 349–359.

Hasan, M, et all. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Group.

Hidayat, K., Sapriya, Hasan, S. H., & Wiyanarti, E. (2022). Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Pembelajaran Hybrid Karyadi. Jurnal Basicedu, 6(2), 1517–1528.

Irsyad, T., Wuryandini, E., Yunus, M., & Hadi, D. P. (2020). Analisis Keaktifan Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran Statistika Mulitvariat. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(1), 89–96. https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i1.24294

Jannah, F., Fadly, W., & Aristiawan. (2021). Analisis Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa Pada Tema Struktur dan Fungsi Tumbuhan. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i1.63

Khikmiyah, F. (2020). Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran. 6, 1–12.

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat. Prenada Media.

Lathifah, M. F., Hidayati, B. N., & Zulandri. (2021). Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1), 25–30.

Loe, A. P., Nenohai, J. A., P, B. T. T., Lolita, A. M. P., & Manu, R. E. H. R. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Liveworksheet Pada Materi Prakarya Dan Kewirausahaan Pada Sub Pokok Wirausaha Pengolahan Makanan Khas Daerah yang Dimodifikasi Untuk Peserta Didik Kelas XII SMA. Prosiding Pendidikan Ekonomi, 1(1), 90–97.

Makhin, M. (2022). Hybrid Learning : Model Pembelajaran Pada Masa Pandemi di SD Negeri Bungurasih Waru Sidoarjo. MUDIR (Jurnal Manajemen Pendidikan), 3(2), 95–103.

Morena, Rahmadani, R., & Rifa’i, M. N. (2022). Pengembangan media lkpd berbasis software liveworksheet pada mata pelajaran ekonomi materi kerjasama ekonomi internasional kelas xi di man 1 oku timur. JECO: Journal of Economic Education and Eco-Technopreneurship, 1(2), 46–54.

Mulyani, D. (2013). Hubungan Kesiapan Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar. KONSELOR: Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1), 27–31. https://doi.org/10.1088/1742-6596/943/1/012017

Murtalib, M., Gunawan, G., & Syarifuddin, S. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Elektronik (E-LKM) Interaktif Berbantuan Live Worksheet pada Perkuliahan Daring. Supermat (Jurnal Pendidikan Matematika), 6(2), 130–145. https://doi.org/10.33627/sm.v6i2.918

Napitupulu, R. M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 23–33. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32771

Netriwati, M. S. L., & Lena, M. S. (2018). Media Pembelajaran Matematika. Permata Net.

Nirmayani, L. H. (2022). Kegunaan Aplikasi Liveworksheet Sebagai LKPD Interaktif Bagi Guru- Guru SD di Masa Pembelajaran Daring Pandemi Covid 19. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 9–16.

Nurafriani, R. R., & Mulyawati, Y. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Liveworksheet pada Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(01), 404–414.

Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. UMSIDA Press.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171–187.

Purba, R., Taufik, M., & Jamaludin, U. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Liveworksheets Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 336–348.

Purwaningrum, W., & Leksono, I. P. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Digital Sebagai Inovasi Pembelajaran Daring. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 7(1), 129–137. https://doi.org/10.29100/jipi.v7i1.2489

Putri, A. S., Putri, G. S., & Priyandita, N. (2021). Penggunaan Media Liveworksheet Untuk Peningkatan Partisipasi Aktif Dalam Pembelajaran Tematik di SD Kelas Tinggi. Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 6(1), 21–32.

Rachmawati, N., M.S., Z., Edwita, & Arita. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Hybrid pada Keterampilan Literasi Digital di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 203–216.

Ramdhani, T., Suharta, I. G. P., & Sudiarta, I. G. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning Berbantuan Schoology Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMAN 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 11(2), 62–68.

Rosmana, P. S., Iskandar, S., Rosafina, M., & Ningrum, N. C. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Digital Liveworksheets dan Wordwall Terhadap Peningkatan Pembelajaran IPS pada Siswa SD Kelas VI UPTD SD N 02 Ciseureuh. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 2731–2740.

Salsabila, N. L., Patras, Y. E., & Lathifah, S. S. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Liveworksheet pada Tema 7 Perkembangan Teknologi Produksi Pangan. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(02), 1653–1663.

Subhan, & Kurniadi, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(1).

Sudarman, Wicaksono Sudarman, S., & Vahlia, I. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Berbantu Liveworksheet Pada Mata Kuliah Metode Numerik. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro, 7(1), 75.

Sugiyarto, U. S., Wulandari, Y., Casworo, A., Tengah, J., Larangan, K., & Brebes, K. (2020). Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. CERDAS Proklamator, 8(2), 118–123.

Syaifullah, A., Taufan Asfar, A. M. I., Akbar Asfar, A. M. I., Handayani, E., & Ekawati, V. E. (2021). Diseminasi Elong Ugi sebagai media pembelajaran penguatan karakter siswa pada masa pandemi Covid-19. Unri Conference Series: Community Engagement, 3, 47–52. https://doi.org/10.31258/unricsce.3.47-52

Triyono, M. G., & Dermawan, D. A. (2021). Analisis Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Hybrid Learning di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal IT_EDU, 5(2), 646–656.




DOI: https://doi.org/10.31764/geography.v11i2.15922

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

GEOGRAPHY : Jurnal Kajian Penelitian & Pengembangan Pendidikan
Email: [email protected] | p-ISSN 2339-2835 | e-ISSN 2614-5529

 EDITORIAL OFFICE: