PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBANTU WAYANG KREATIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS KEARIFAN LOKAL BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS SLB NEGERI REMBANG

Pradika Adi Wijayanto, Ferani Mulianingsih, Juhadi juhadi, Ni'maturrodhiyah Ni'maturrodhiyah, Andhika Rizqy Heristama, Aulia Syafira Fitri, Erin Dian Winarni

Abstract


Abstrak: Pembelajaran inklusif saat ini ditekankan guna mencapai tujuan pembelajaran serta pertumbuhan pribadi bagi siswa berkebutuhan khusus. Kemudian guna mencapai hal tersebut, strategi persiapan dan implementasi pembelajaran harus matang dengan mengintegrasikan nilai-nilai luhur dari pendidikan karakter dan profil pelajar Pancasila ke dalam materi pembelajaran, terutama terkait kearifan lokal. Media pembelajaran menjadi penunjang potensial dalam proses ini. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media video animasi berbantu wayang papercraft sebagai pembelajaran geografi berbasis kearifan lokal bagi siswa SLB Negeri Rembang. Metode penelitian menggunakan model Hannafin & Peck dengan purposive sampling pada siswa tunagrahita dan tunarungu yang mempelajari geografi kearifan lokal. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, angket validator, guru, dan siswa untuk menilai kelayakan dan kualitasnya, serta dokumentasi. Analisis data meliputi deskripsi kualitatif dengan reduksi, display data, kesimpulan, dan deskripsi persentase untuk data kuantitatif dari angket pada media video animasi. Hasil menunjukkan kualitas baik dari pengisian angket oleh validator pertama (100%), kedua (97,3%), guru (94,7%), serta respon mayoritas siswa yang menyatakan media tersebut menarik, praktis, dan memiliki kualitas baik dalam animasi, audio, dan tampilan. Dengan demikian, disimpulkan bahwa kualitas media video animasi berbantuan wayang kreatif yang dikembangkan layak digunakan tanpa revisi.


Abstract: Inclusive learning is currently emphasized to achieve learning goals and personal growth for students with special needs. To accomplish this, preparation and implementation strategies in education need to be mature by integrating noble values from character education and the Pancasila student profile into the learning materials, particularly related to local wisdom. Learning media serves as a potential support in this process. This research aims to develop animated video media assisted by wayang papercraft as geography learning based on local wisdom for students at the Rembang State Special Needs School. The research method utilizes the Hannafin & Peck model with purposive sampling of intellectually disabled and deaf students studying local wisdom in geography. Data collection techniques involve structured interviews, closed questionnaires filled out by validators, teachers, and students to assess feasibility and quality, along with documentation. Data analysis includes qualitative description, data reduction, data display, conclusions, and percentage descriptions for quantitative data from the questionnaires on the animated video media.Results indicate good quality based on questionnaire responses from the first validator (100%), second validator (97.3%), teachers (94.7%), and the majority of student responses stating the media is engaging, practical, and of good quality in terms of animation, audio, and visuals. Consequently, it is concluded that the quality of the creatively assisted wayang video animation media developed is suitable for use without revision.


Keywords


Animation Video; Creative Puppetry; Media; Special School; Geography

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Ariyani, F., Nurulsari, N., Maulina, H., & Sukamto, I. (2020). The prospective ethnopedagogy-integrated STEM learning approach: Science teacher perceptions and experiences. Journal of Physics: Conference Series, 1572(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1572/1/012082

Buchori, A., & Kholifah, S. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Materi Matematika Ekonomi Dengan Pendekatan Etnopedagogi Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 653–662. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.195

Fauziah, M. P., & Ninawati, M. (2022). Pengembangan Media Audio Visual (Video) Animasi Berbasis Doratoon Materi Hak dan Kewajiban Penggunaan Sumber Energi Mata Pelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6505–6513. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3257

Haifani, A., Utomo, C. B., & Sodiq, I. (2017). Pengembangan Media Ajar Wayang Karton Pada Materi Serangan Umum 1 Maret 1949 di SMA Negeri 1 Bukateja Purbalingga Tahun Ajaran 2016/2017. Indonesian Journal of History Education, 5(1), 16–24.

Klara, K., Baktiyar, O., Sandygul, K., Raikhan, U., & Gulzhiyan, J. (2015). Ethnic pedagogy as an integrative, developing branch of pedagogy. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(1S1), 612–619. https://doi.org/10.5901/mjss.2015.v6n1s1p612

Maulidiyah, F. N. (2020). Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Untuk Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan, 29(2), 93–100. https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.647

Mukhibat. (2015). Memutus Mata Rantai Radikalisme dan Terorisme Berbasis Studi Etnopedagogi di PTNU dalam Membentuk Keberagaman Inklusif dan Pluralis. ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman, 10(September), 222–247.

Oktavianti, I., & Ratnasari, Y. (2018). Etnopedagodi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar melalui Media Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Refleksi Edukatika, 8(2), 149–154. https://doi.org/10.33369/joall.v3i1.6538

Pradana, D., Abidin, Z., & Adi, E. P. (2020). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Subtema Pembentukan Karakter untuk Siswa SDLB Tunarungu. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 96–106. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p096

Rahmawati, Y., Ridwan, A., Cahyana, U., & Wuryaningsih, T. (2020). The integration of ethnopedagogy in science learning to improve student engagement and cultural awareness. Universal Journal of Educational Research, 8(2), 662–671. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080239

Shofiyyah, N. A., Nursobah, A., & Tarsono, T. (2020). Penggunaan Media Animasi Pada Pembelajaran Pai Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Tunagrahita. Psychosophia: Journal of Psychology, Religion, and Humanity, 1(2), 120–135. https://doi.org/10.32923/psc.v1i2.1157

Sukmawati, Affandi, L. H., & Setiawan, H. (2023). Pengembangan Media Wayang Kartun Berbasis Kearifan Lokal Suku Sasak Untuk Siswa Kelas IV SDN 2 Kayangan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 240–246. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1106

Suwasono, B. T., & Sugiharjanto, A. A. (2018). Pemanfaatan Gambar Wayang Beber Pada Produk Kreatif Guna Meningkatkan Kecintaan Masyarakat Terhadap Produk Dan Budaya …. Ornamen, 15(01), 12–21. https://jurnal.isi-ska.ac.id/index.php/ornamen/article/view/2470%0Ahttps://jurnal.isi-ska.ac.id/index.php/ornamen/article/download/2470/2265




DOI: https://doi.org/10.31764/geography.v12i1.20356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

GEOGRAPHY : Jurnal Kajian Penelitian & Pengembangan Pendidikan
Email: [email protected] | p-ISSN 2339-2835 | e-ISSN 2614-5529

 EDITORIAL OFFICE: