PERAN FORUM PENGURANGAN RISIKO BENCANA (FPRB) DALAM LITERASI BENCANA ERUPSI MERAPI DI KECAMATAN DUKUN KABUPATEN MAGELANG

Rani Dwi Septiyani, Juhadi Juhadi, Dewi Liesnoor Setyowati, Ananto Aji

Abstract


Abstrak: Gunungapi Merapi merupakan salah satu gunungapi sangat aktif di Indonesia yang hampir setiap tahun mengalami erupsi. Namun disisi lain, tingkat kesadaran masyarakat terahadap bencana erupsi Gunungapi Merapi masih rendah. Salah satu upaya mitigasi bencana erupsi Gunungapi Merapi, yaitu melalui peningkatan pengetahuan literasi bencana pada masyarakat di Kawasan Rawan Bencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran lembaga sosial FPRB dan mengetahui upaya peningkatan literasi bencana erupsi gunungapi Merapi. Populasi penelitian terdiri atas kelompok  FPRB dan Kepala Keluarga dari masyarat lokal di Desa Ketunggeng, Dukun, Sengi. Sampel penelitian menggunakan teknik stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 52 anggota FPRB dan 98 masyarakat. Variabel penelitian terdiri dari peran FPRB dan tingkat literasi bencana masyarakat. Teknik pengumpulan data observasi, angket, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis distribusi frekuensi. Hasil penelitian: (a) Peran FPRB dilakukan dengan penyuluhan, simulasi, monitoring, penyediaan pasokan kebutuhan, akses informasi, penentuan titik kumpul dan lokasi evakuasi, (b) Tingkat literasi bencana relatif rata-rata cukup tinggi, yaitu 76% di Desa Dukun, 74% di Desa Sengi dan di Desa Ketunggeng 60%. Upaya FPRB dalam meningkatkan leterasi bencana pada masyarakat cukup berpengaruh dalam peningkatkan kesadaran dan menjadi sarana dalam pengurangan risiko bencana.

 

Abstract: Mount Merapi is one of the most active volcanoes in Indonesia which experiences eruptions almost every year. However, on the other hand, the level of public awareness of the Mount Merapi eruption disaster is still low. One of the efforts to mitigate is by increasing disaster literacy knowledge among communities in Disaster Prone Areas. This research aims to identify the role of the social institution FPRB and determine efforts to increase literacy in the Merapi volcanic eruption disaster. The research population consisted of the FPRB and heads of families in the villages of Ketunggeng, Dukun, Sengi. The research sample used a stratified random sampling technique with a total sample of 52 FPRB members and 98 members of the public. The research variables consist of the role of the FPRB and the level of community disaster literacy. Data collection techniques are observation, questionnaires, documentation and interviews. The data analysis technique uses frequency distribution analysis. Research results: (a) The role of FPRB is carried out through counseling, simulation, monitoring, providing needed supplies, access to information, determining gathering points and evacuation locations, (b) The disaster literacy level is relatively high on average, namely 76% in Dukun Village, 74% in Sengi Village and 60% in Ketunggeng Village. FPRB's efforts to increase disaster literacy in the community are quite influential in increasing awareness and becoming a means of reducing disaster risk.



Keywords


fprb; disaster literacy; risk reduction

Full Text:

PDF

References


Agustina, D. (2017). Kolaborasi Antara Aparatur Birokrasi Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta dan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) DIY dalam Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Dan Ilmu Administrasi, 9(1), 87–103.

Aji, A. (2015). Kesiapsiagaan Masyarakat dalam Menghadapi Bencana Banjir Bandang di Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara. Indonesian Journal of Conservation, 04, 1–8.

Akbar, N. H., Wiwik, S., & Utami, M. P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Diorama Guna Meningkatkan Minat Peserta Didik Dalam Materi Mitigasi Gelombang Pasang Dan Abrasi.

Aurita, R. P., & Purwantara Suhadi. (2017). Karakteristik Mataair Kaki Lereng Gunung Merapi dan Pemanfaatannya di Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang. Jurnal Geomedia, 15(1), 75–85.

Bournival, V., Oostlander, S. A., & O’Sullivan, T. L. (2022). ‘Lifestyle drift’ in Disaster Risk Reduction Practices Magnifies Inequities for High-Risk Populations. SSM - Qualitative Research in Health, 2. https://doi.org/10.1016/j.ssmqr.2022.100190

BPBD Kabupaten Magelang. (2017). Renkon Merapi Kabupaten Magelang (2017th–2020th ed.).

Juhadi, Hamid, N., Trihatmoko, E., Herlina, M., & Aroyandini, E. N. (2021). Developing a Model for Disaster Education to Improve Students’ Disaster Mitigation Literacy. Journal of Disaster Research, 16(8), 1243–1256. https://doi.org/10.20965/jdr.2021.p1243

Kristifolus, W. G. (2017). Analisis Implementasi Sister Village Sebagai Upaya Penanggulangan Bencana Erupsi Gunung Merapi dalam Status Aktif Normal (Pra Bencana) di Kabupaten Magelang. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 2–16.

Margono, M., Amin, M. K., & Astuti, R. T. (2019). Analisa Kesiapsiagaan Masyarakat dalam Penanggulangan Bencana Di Kawasan Resiko Bencana ( KRB III) Desa Dukun Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang. Wiraraja Medika, 9(2), 35–41. https://doi.org/10.24929/fik.v9i2.784

Mufidaturrahmah, M. (2020). Jurusan geografi fakultas ilmu sosial universitas negeri semarang 2020.

Muktaf, Z. M. (2017). Studi Literasi Bencana dalam Perspektif Ilmu Komunikasi. Apik Ptm, 1–12. http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/14605/Studi Literasi Bencana dalam Perspektif Komunikasi repository.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Nihayati, H. (2021). Peran Pemerintahan Gampong Pasir Terhadap Banjir Rob di Gampong Pasir Kecamatn Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat. UniversitasTeuku Umar.

Noviana, E., Syahza, A., Putra, Z. H., Hadriana, Yustina, Erlinda, S., Putri, D. R., Rusandi, M. A., & Biondi Situmorang, D. D. (2023). Why is didactic transposition in disaster education needed by prospective elementary school teachers? Heliyon, 9(4). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e15413

Pandu J. Sampurno, Y. A. S. dan A. D. W. (2015). Mengintegrasikan STEM (Sains, Teknologi, Teknik , Matematika ) dan Bencana ( STEM- D ) Pendidikan Penanggulangan Bencana Siswa Literasi. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2), 28–33. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.2384.9443

Pitri, U. E. (2022). Bencana Gempa Bumi dan Tsunami ( Studi Kasus SMAN 1 Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar ). Universitas Islam Negeri Yogyakarta.

Puji Rahayu, S. (2021). Pengaruh Karakteristik Individu dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Angkasa Pura di Bandar Udara Yogyakarta International Airport. Puji Rahayu, Sinta.

Rachmawati, L. (2018). Pengetahuan Penduduk Terhadap Peta Kawasan Rawan Bencana dan Mitigasi Bencana Merapi. Jurnal Kependudukan Indonesia, 13(2), 143–156.

Rahman, M. B., Nurhasanah, I. S., & Nugroho, S. P. (2016). Community Resilience: Learning from Mt Merapi Eruption 2010. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 227, 387–394. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.06.090

Ruslanjari, D., Safitri, E. W., Rahman, F. A., & Ramadhan, C. (2023). ICT for public awareness culture on hydrometeorological disaster. International Journal of Disaster Risk Reduction, 92. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2023.103690

Sharma, S., Kumar, V., & Saruchi. (2021). Community Approach Toward Disaster Resilience. In Cognitive Data Models for Sustainable Environment (pp. 125–161). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-824038-0.00003-1

Trisnani. (2017). Peran KIM Daerah Tertinggal dalam Memanage Informasi untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Masyarakat Sekitar The Role of Rural Areas KIM in Managing Information to Develop Local People Knowledge and Creativity. Jurnal Komunikasi Media Dan Informatika, 6(1), 29–40.

Tuswadi, & Hayashi, T. (2014). Disaster Prevention Education in Merapi Volcano Area Primary Schools: Focusing on Students’ Perception and Teachers’ Performance. Procedia Environmental Sciences, 20, 668–677. https://doi.org/10.1016/j.proenv.2014.03.080

Wilujeng, S. R., & Sukarni Suryaningsih. (2022). Literasi Bencana Bagi Masyarakat Kadisoka Purwomartani Kalasan Sleman. Jurnal Harmoni, Vol 6.




DOI: https://doi.org/10.31764/geography.v12i1.21000

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

GEOGRAPHY : Jurnal Kajian Penelitian & Pengembangan Pendidikan
Email: [email protected] | p-ISSN 2339-2835 | e-ISSN 2614-5529

 EDITORIAL OFFICE: